14 Manfaat Jongkok Jinjit untuk Otot Kaki Lebih Kuat

Ada banyak sekali pilihan untuk berolahraga. Beberapa memilih untuk berolahraga di pusat kebugaran dengan seorang instruktur terlatih tapi kebanyakan justru memilih olahraga yang simpel dan mudah dilakukan sendiri di rumah. Tahukan Anda bahwa gerakan sederhana seperti berjongkok dan berjinjit juga sudah memberikan banyak manfaat bagi kesehatan.

Manfaat Jongkok Jinjit

Squat jump merupakan salah satu gerakan atletik yang dilakukan dengan cara berjongkok kemudian berdiri, dilakukan dalam hitungan tertentu. Ternyata jika squat jump digabungkan dengan posisi berjinjit yaitu posisi kaki hanya bertumpu pada ujung-ujung jari justru akan memberikan manfaat lebih.

  1. Baik untuk Kesehatan Sendi

Sudah bukan rahasia lagi bahwa gerakan sejenis squat jump yang diselingi dengan gerakan berjinjit dapat menjaga kesehatan sendi. Jadi tidak heran jika para athlete biasanya memiliki waktu khusus untuk melakukan gerak ini karena sendi sangat rentan cidera dan untuk meminimalisirnya melakukan gerakan jongkok jinjit sangat direkomendasikan.

  1. Menguatkan Panggul

Bagi wanita memiliki panggul yang kuat sangatlah penting karena siapa bilang hanya laki-laki yang membutuhkan tenaga untuk kerja fisik. Melakukan gerakan squat yang diselingi dengan gerakan jinjit ternyata mampu memperkuat otot-otot panggul sehingga mengurangi cidera ketika bekerja atau berolahraga.

  1. Membantu Mengencangkan Betis

Ingin memiliki betis yang kuat dan kokoh tidak perlu melakukan latihan yang intensif karena ternyata dengan melakukan gerakan jongkok dan jinjit sudah dapat membantu mengencengkan otot-otot betis Anda.

  1. Membentuk Kaki Terlihat Lebih Indah

Ketika otot-otot betis Anda terlihat kencang dan kuat maka keinginan Anda untuk memiliki kaki yang indah dan terlihat jenjang bukan impian lagi. Bahkan jika Anda memiliki tinggi yang pas-pasan tapi ketika otot-otot kaki Anda terlihat kuat maka akan memberikan efek jenjang sehingga terlihat lebih indah dan cantik.

  1. Membantu Menjaga Keseimbangan Tubuh

Memiliki otot-otot kaki dan betis yang kuat tak hanya baik untuk penampilan tapi juga performa Anda. Beberapa penelitian mengatakan bahwa otot kaki dan betis yang kuat akan sangat membantu untuk menjaga keseimbangan tubuh. Jika Anda suka menari maka memiliki otot kaki yang kuat adalah keharusan.

  1. Membentuk Bokong yang Seksi

Tak hanya membuat kaki terlihat jenjang dan indah, gerakan sesederhana jongkok dan jinjit juga dapat membentuk bokong menjadi terlihat lebih seksi dan berisi. Tentunya hal ini akan memberikan nilai lebih tak hanya dari segi kesehatan tapi juga dari segi penampilan.

  1. Baik untuk Kesehatan Tulang Belakang

Posisi berjongkok sambil berjingkit akan memberikan tekanan lebih pada bagian tulang belakang, pinggang dan panggul. Itu artinya gerakan ini jika dilakukan secara teratur akan baik sekali untuk kesehatan tulang belakang.

  1. Meningkatkan Vitalitas Seks

Banyak orang yang tidak tahu bahwa ternyata gerakan sederhana seperti berjongkok, berjinjit kemudian berdiri juga bisa meningkatkan vitalitas seks. Hal ini karena gerakan tersebut dapat membantu memperkuat otot-otot di sekitar organ vital atau organ reproduksi sehingga vitalitas seks meningkat.

  1. Membantu Meredakan Keram Pada Kaki

Ada banyak faktor yang dapat menyebabkan keram kaki namun penyebab utamanya adalah ketika perederan darah ke kaki tidak lancar. Untuk mengatasinya bisa dengan melakukan gerakan jongkok jinjit karena gerakan ini akan menstimulasi otot-otot kaki untuk lebih relaks.

  1. Baik Juga Dilakukan oleh Para Ibu Hamil

Ketika seorang ibu hamil sudah memasuki trimester akhir, memastikan bahwa kepala bayi sudah masuk ke jalan lahir sangatlah penting. Gerakan jongkok dan jinjit dapat menstimulasi bayi di dalam perut menemukan jalan lahir dan meminimalisir bayi lahir dalam kondis sungsang.

  1. Mengatasi Sakit Pinggang

Jika Anda sakit pinggang, jangan dulu mengkonsumsi obat penghilang rasa sakit. Coba lakukan gerakan jongkok dan jinjit dan buktikan sendiri hasilnya, sakit pinggang akan berkurang secara alami.

  1. Menjaga Berat Badan secara Alami

Ada banyak cara sederhana untuk menjaga berat badan Anda dari bahaya kegemukan. Olahraga teratur adalah salah satunya. Pilihan olahraga pun tidak harus yang rumit apalagi yang menyita waktu karena gerakan jongkok dan jinjit saja sudah cukup untuk mengoptimalkan sistem metabolisme tubuh dan mencegah kegemukan.

  1. Menurunkan Risiko Varises

Ketika perederan darah di kaki lancar maka masalah seperti varises dapat diatasi dengan mudah dan seperti disebutkan di beberapa poin di atas, gerakan jongkok dan jinjit tak hanya baik untuk otot-otot kaki tapi juga baik untuk perederan darah di kaki.

  1. Melancarkan Sistem Saluran Kencing

Kondisi seperti ISK memang disebabkan oleh bakteri namun tahukan Anda ketika proses urinasi tidak tuntaslah yang menyebabkan bakteri bisa menginfeksi saluran kencing. Jongkok dan jinjit dapat melancarkan sistem saluran kencing sehingga ketika proses urinasi seluruh urine bisa dikeluarkan secara optimal untuk mencegah ISK.

Beberapa dari Anda yang belum terbiasa melakukan gerakan jongkok sambil berjinjit yang kemudian diikuti dengan posisi berdiri, sebaiknya bisa menggunakan kursi untuk berpegangan. Sementara jika Anda yang sudah cukup ahli melakukannya bisa mengkombinasikannya dengan sambil mengangkat barbell kecil untuk manfaat yang lebih lagi yaitu dapat membentuk otot lengan dan memperkuatnya.

,
Oleh :
Kategori : Kebiasaan