10 Manfaat Olahraga Secara Teratur Untuk Fisik dan Psikologi

Seperti yang kita ketahui, olahraga bisa memberikan banyak manfaat untuk fisik seperti mencegah obesitas, osteoporosis, mencegah penyakit jantung dan banyak penyakit lainnya. Olahraga tidak hanya baik dilakukan oleh orang dewasa, namun juga penting untuk anak yang bahkan bisa membantu kesehatan jiwa dan psikologis anak. Olahraga juga bisa memberikan banyak hal seperti kesenangan, interaksi sosial dan juga kerja sama. Selain itu, olahraga yang bisa dilakukan juga tidak selalu harus pergi ke pusat kebugaran, namun juga ada beberapa jenis olahraga menyenangkan yang bisa dilakukan di luar ruangan seperti lari, jalan santai, bersepeda, berenang dan masih banyak lagi. Untuk mengetahui penjelasan singkat tentang manfaat olahraga secara teratur selain meningkatkan sistem kekebalan tubuh, silahkan simak ulasan yang akan kami berikan berikut ini.

  1. Menurunkan Risiko Penyakit Jantung

Dalam penelitian tahun 2013 yang melakukan 305 percobaan dibuktikan jika berolahraga dengan teratur sangat efektif untuk menurunkan risiko penyakit jantung dan stroke dibandingkan dengan terapi obat.

  1. Meningkatkan Kualitas Tidur

Apabila anda sering tidak bisa tidur di malam hari atau insomnia, maka anda bisa mulai melakukan olahraga dengan teratur karena dengan memperkuat ritme sirkadian, anda nantinya bisa lebih bertenaga ketika beraktivitas di siang hari dan bisa tidur lelap di malam hari sekaligus meningkatkan kualitas tidur lebih baik seperti manfaat lari 12 menit.

  1. Meningkatkan Energi

Untuk mengatasi lelah, maka hal yang paling banyak dilakukan adalah menghindari aktivitas fisik seperti salah satunya berolahraga. Namun sebenarnya, melakukan olahraga intensitas rendah secara teratur seperti berjalan santai bisa menurunkan tingkat kelelahan sekaligus meningkatkan energi hingga mencapai 20%. Selain itu, melakukan olahraga dengan rutin ternyata juga bisa meningkatkan sumber energi secara berkala sehingga tubuh akan lebih kuat dari waktu ke waktu.

  1. Meningkatkan Kekuatan dan Fleksibilitas

Menggabungkan aktivitas olahraga seperti latihan kekuatan, manfaat acroyoga dan peregangan sangat baik untuk melatih ketahanan sekaligus membangun otot serta meningkatkan massa otot terutama dengan semakin bertambahnya usia. Selain itu, olahraga juga sangat baik bagi tulang sehingga bisa mencegah osteoporosis.

  1. Meningkatkan Daya Ingat

Dalam studi tahun 2014 menemukan jika latihan aerobik seperti berenang atau berlari bisa meningkatkan ukuran hippocampus yakni bagian otak yang bertanggung jawab terhadap pembelajaran dan memori selain ada manfaat olahraga untuk awet muda. Selain itu, bagian otak ini juga bertugas untuk mencari makanan yang penting dalam meningkatkan kemampuan ingatan dan mental yang salah satunya bisa didapatkan dengan berolahraga.

  1. Mencegah Penuaan Dini

Melakukan olahraga dengan teratur juga dikatakan bisa membantu dalam proses regenerasi sel dalam tubuh. Selain itu, olahraga juga dijadikan solusi kecantikan kulit sebab bisa mencegah timbulnya keriput, kerutan sekaligus membuat kulit terlihat lebih kencang.

  1. Meningkatkan Gairah Seksual

Sesudah melakukan aktivitas selama satu hari penuh, maka tubuh akan terasa letih sehingga juga berdampak pada penurunan kualitas hubungan seksual pasangan suami istri. Dengan berolahraga secara teratur seperti manfaat lari di tempat, maka gairah seksual bisa dicegah sekaligus terhindar dari disfungsi ereksi para pria.

  1. Meningkatkan Rasa Percaya Diri

Olahraga juga bisa meningkatkan rasa percaya diri anak serta orang dewasa. Findlay et al menemukan jika olahraga dengan teratur bisa membantu anak yang memiliki sifat pemalu agar lebih percaya diri. Dalam penelitian tersebut dibuktikan jika melakukan olahraga dengan teratur secara perlahan akan mengurangi rasa khawatir dan juga malu pada anak anak.


  1. Melepaskan Energi Berlebih

Tingkat kenakalan remaja juga ternyata bisa diturunkan dengan cara berolahraga selain banyak juga manfaat olahraga bagi tulang. Ada banyak teori yang mendasari pernyataan ini seperti salah satunya olahraga bisa melepaskan energi berlebih pada anak sehingga mengurangi tingkat kenakalan pada anak. Sedangkan teori lainnya mengatakan jika olahraga bisa membuat anak merasa lelah sehingga mengurangi perbuatan nakal mereka.

  1. Menurunkan Berat Badan

Beberapa penelitian membuktikan jika kurangnya aktivitas menjadi penyebab utama dari peningkatan berat badan dan obesitas seperti manfaat teh hijau untuk diet. Melakukan olahraga dengan teratur sangat penting untuk mendukung metabolisme cepat sekaligus membakar lebih banyak kalori per hari sekaligus mempertahankan massa otot dan juga menurunkan berat badan dalam waktu bersamaan.

Manfaat olahraga secara teratur tidak hanya penting untuk fisik dan pencegahan penyakit, namun juga bisa memberikan manfaat psikologi khususnya dalam tumbuh kembang anak sehingga sangat baik dilakukan orang dewasa dan juga anak anak.

, , ,
Oleh :
Kategori : Olahraga
Doctors Talks

Gigi berlubang bagian atas bisa menyebabkan Penyakit meningitis, Gigi berlubang bagian bawah bisa menyebabkan penyakit yang menyebabkan kematian mendadak, apa itu ? Simak penjelasan Drg. Albertus Andika berikut ini.