12 Manfaat Jalan Kaki 30 Menit Pagi Hari Secara Teratur

Apa yang biasanya Anda lakukan jika memiliki waktu selama 30 menit di pagi hari? Menonton TV? Lanjut tidur-tiduran atau justru bersantai-santai saja tanpa melakukan hal yang berarti? Well, sebaliknya apa yang bisa Anda dapatkan jika Anda memanfaatkan waktu 30 menit di pagi hari untuk sekedar jalan kaki? Jawabannya sangat banyak sekali dibandingkan hanya sekedar tidur-tiduran atau menonton TV.

Manfaat Jalan Kaki 30 Menit di Pagi Hari

Pagi hari memang merupakan waktu yang paling direkomendasikan untuk berolahraga karena selain tubuh masih dalam kondisi fresh atau segar, hormon tubuh juga masih dalam keadaan stabil sehingga segala kebaikan dan manfaat jalan kaki bisa dapat langsung dirasakan oleh tubuh.

  1. Menurunkan Risiko penyakit Jantung

Fakta bahwa manfaat jalan kaki di pagi hari selama 30 menit dapat menurunkan risiko penyakit jantung sudah dibuktikan secara medis. Penelitian lanjutan juga mereka yang rutin melakukan jalan pagi memiliki risiko lebih rendah menderita diabetes.

  1. Memperbaiki Suasana Hati

Ketika bangun di pagi hari biasanya Anda sudah diingatkan akan aktifitas padat yang menanti di tempat Anda bekerja. Sebelum itu cobalah sisihkan sedikit waktu di pagi hari untuk berjalan-jalan dan hal ini terbukti dapat memperbaiki suasana hati sehingga hari Anda akan menjadi lebih produktif.

  1. Mengurangi Risiko Varises

Kebiasaan yang suka berdiri terus menerus memang meningkatkan risiko varises hal ini dikarenakan otot kaki yang tidak dilemaskan terlebih dahulu. Berjalan selama 30 menit di pagi hari ternyata tak hanya baik untuk kesehatan jantung tapi penelitian lain juga menunjukkan bahwa hal tersebut dapat mengurangi risiko varises.

  1. Membuat Anda Selalu Berfikir Positif

Berolah raga pada umumnya dapat membuat Anda selalu berfikir positif karena toxin yang ada dalam tubuh akan dikeluarkan bersama keringat. Hal yang sama bisa Anda dapatkan hanya dengan berjalan kaki selama 30 menit di pagi hari sehingga Anda dapat menjalani hari dengan lebih positif dan dengan lebih kreatif.

  1. Solusi Menurunkan Berat Badan

Bingung mencari solusi diet yang tepat? Well, tidak perlu bingung karena ternyata berjalan kaki di pagi hari selama 30 menit juga dapat membantu menurunkan berat badan tanpa harus melakukan latihan berat, diikuti dengan kebiasaan sarapan sehat tentunya.

  1. Membantu Melancarkan Sistem Pencernaan

Manfaat olahraga secara teratur adalah agar dapat menjaga kesehatan secara optimal. Salah satu manfaat lain yang erat kaitannya dengan menurunkan berat badan adalah karena jalan kaki juga dapat membantu melancarkan sistem pencernaan. Ketika sistem pencernaan sehat maka sistem metabolisme juga lancar sehingga proses penyerapan nutrisi menjadi optimal.

  1. Baik untuk Otot Paha dan Kaki

Ingin memiliki kaki yang jenjang dan indah, sering-seringlah melakukan jalan pagi, tidak perlu lama-lama cukup 30 menit setiap harinya. Coba juga manfaat jalan kaki tanpa alas kaki untuk melatih saraf-saraf pada bagian telapak kaki.

  1. Melindungi Kesehatan Sendi

Tak hanya baik untuk otot paha dan kaki sehingga kaki terlihat jenjang dan kuat tapi ternyata jalan pagi selama 30 menit juga sangat baik untuk kesehatan sendi. Tidak perlu pergi ke gym dengan biaya member yang mahal karena cukup lakukan di sekitar lingkungan rumah Anda saja sudah cukup.

  1. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Seperti yang disebutkan di atas, ketika sistem metabolisme baik maka seluruh bagian tubuh akan berfungi secara optimal salah satunya adalah sistem kekebalan tubuh yang membuat Anda selalu terlihat bugar dan tidak gampang sakit.

  1. Baik untuk Sistem Pernafasan

Penting memang untuk melakukan olah raga seperti jalan pagi selama 30 menit di pagi hari dan bukannya di waktu yang lain karena pada pagi hari biasanya udara masih sangat segar belum terkontaminasi oleh polusi dan hal ini sangat baik untuk sistem pernafasan terutama bagi Anda yang memiliki masalah pernafasan.

  1. Menekan Tingkat Stress

Ingin selalu Bahagia? Itu artinya Anda harus menekan tingkat stress Anda, salah satu manfaat olahraga ringan di pagi hari seperti berjalan kaki selama 30 menit sudah cukup membantu membuat Anda bahagia karena dapat membuat Anda selalu berfikir positif.

  1. Solusi Olahraga Tanpa Biaya

Tidak perlu ikut tren anak muda saat ini yang lebih memilih berolah raga di tempat keramaian saat car free day, cukup lakukan setiap hari selama 30 menit di sekitaran rumah Anda sambil menyapa tetangga sudah cukup.

Ada banyak sekali manfaat berjalan kaki bagi kesehatan. Tiga puluh menit bukanlah waktu yang lama tapi ternyata jika dimanfaatkan untuk melakukan hal-hal yang bermanfaat seperti jalan kaki ini ternyata dapat memberikan dampak yang luar biasa. Tak hanya bagi kesehatan ternyata dengan berjalan kaki selama 30 menit itu artinya Anda tidak perlu jauh-jauh cukup disekitaran lingkungan rumah Anda saja, dengan kata lain Anda juga memiliki kesempatan untuk menyapa tetangga sekitar Anda dan bersilahturahmi. Tak hanya baik untuk kesehatan tapi juga baik untuk menjaga silahturahmi karena pagi hari adalah saat dimana kebanyakan orang masih berada di rumah dan belum disibukkan dengan rutinitas harian lainnya.