13 Manfaat Senam Aerobik Bagi Kesuburan Wanita dan Kesehatan

Tahukan Anda bahwa berolahraga secara teratur tak hanya baik untuk menjaga stamina tubuh tapi juga baik untuk kesuburan terutama wanita. Secara umum hal ini erat kaitannya dengan index massa tubuh (BMI) manusia dimana semakin berat BMI seseorang maka semakin rendah kesempatannya untuk memiliki keturunan. Salah satu jenis olahraga yang direkomendasikan untuk meningkatkan vitalitas dan kesuburan wanita adalah senam aerobik.

Manfaat Senam Aerobik Bagi Kesuburan Wanita

Ada banyak sekali manfaat senam aerobik bagi kesehatan wanita dan salah satunya adalah untuk menjaga vitalitas dan kesuburan. Jika saat ini Anda dan suami sedang berusaha untuk memiliki keturunan cobalah untuk melakukan senam aerobik secara rutin dan berikut adalah alasan mengapa aerobik sangat direkomendasikan.

  1. Aerobik Merupakan Jenis Olahraga yang Paling Umum

Jika masalah kesuburan menjadi momok bagi seorang wanita, pemilihan jenis olahraga juga harus sangat diperhatikan. Namun aerobik selain merupakan jenis olahraga yang paling umum juga termasuk pada jenis olahraga yang termasuk aman untuk dilakukan oleh setiap wanita selama durasinya tidak berlebihan.

  1. Membantu Menyeimbangkan Hormon

Melakukan senam aerobik secara teratur tapi tidak berlebihan ternyata dapat membantu menyimbangkan produksi hormon kesuburan bagi wanita. Selain itu latihan fisik yang cukup juga dapat mengoptimalkan proses ovulasi sehingga kesempatan untuk hamil akan meningkat.

  1. Solusi Alami Menjaga Berat Badan

Tidak banyak orang yang tahu atau beberapa orang mungkin justru sudah mengalami bahwa ternyata masalah kegemukan juga bisa menjadi penghambat kesuburan seorang wanita. Melakukan aerobik secara rutin merupakan salah satu solusi alami untuk menjaga berat badan.

  1. Meningkatkan Gairah Seks

Ketika seseorang berolahraga secara teratur maka sistem peredaran darah akan lancer dan produksi hormon juga meningkat. Ternyata kondisi ini juga dapat membantu meningkatkan gairah seks. Seks yang menyenangkan akan berdampak sangat baik bagi kondisi kesuburan seorang wanita.

  1. Membuat Siklus Haid Menjadi Teratur

Ada banyak faktor yang dapat membuat siklus haid Anda menjadi tidak teratur seperti kekurangan nutrisi, stress berlebih dan kurang berolahraga. Jika Anda mengalami siklus haid yang tidak teratur cobalah sisakan waktu untuk setidaknya satu sampai dua jam seminggu untuk melakukan senam aerobik secara teratur maka Anda akan segera merasakan manfaatnya.

  1. Membantu Melancarkan Peredaran Darah

Salah satu manfaat olahraga secara teratur adalah dapat membantu melancarkan peredaran darah. Ketika sistem peredaran darah lancar baik distribusi nutrisi dan oksigen juga akan lancar. Itu artinya dapat berpengaruh secara positif pada sistem kesuburan wanita.

  1. Solusi Olahraga Paling Menyenangkan

Ada banyak pilihan jenis olahraga namun jika Anda mengalami masalah kesuburan sebaiknya pilih jenis olahraga yang menyenangkan untuk Anda dan bukannya jenis olahraga yang justru membuat Anda stress. Ada banyak pilihan jenis senam aerobik yang bisa Anda sesuaikan dengan mood Anda.

  1. Memperkuat Sistem Imun

Salah satu manfaat dari melakukan olahraga secara teratur adalah dapat membantu memperkuat sistem imun. Dengan memiliki sistem imun yang baik juga dapat berpengaruh baik pada kesuburan.

  1. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Jantung yang sehat akan berdampat sangat baik untuk kesehatan secara keseluruhan, tidak terkecuali berpengaruh juga terhadap kesuburan wanita. Ketika jantung Anda sehat maka sistem peredaran dan distribusi nutrisi serta oksigen dapat berjalan secara optimal.

  1. Meningkatkan Kualitas Tidur

Tidak banyak orang yang menyadari bahwa ketika seseorang kekurangan tidur maka kemampuannya menangani situasi stress akan berkurang. Semakin stress seorang akan berpengaruh buruk bagi kesehatan tubuh. Berolahraga ternyata sudah terbukti mampu dapat meningkatkan kualitas tidur seseorang.

  1. Membantu Meningkatkan Stamina

Dalam aktifitas seks dibutuhkan stamina yang baik. Salah satu penyebab seseorang susah mendapatkan keturunan karena ketika melakukan aktifitas seks mereka tidak menikmatinya karena cepat lelah. Olahraga teratur ternyata dapat membantu meningkatkan stamina tubuh secara optimal.

  1. Mempengaruhi Kesehatan Mental

Tak hanya kesehatan secara fisik yang harus dijaga jika Anda ingin memiliki keturunan tapi juga kesehatan mental. Terlalu stress, terlalu banyak tekanan, kurang gerak, makan tidak teratur dapat berpengaruh pada kesehatan mental seseorang dan akhirnya juga dapat berpengaruh buruk bagi kesehatan lainnya.

  1. Memperbaiki Sistem Metabolisme

Jika Anda ingin hidup sehat pastikan sistem metabolisme tubuh Anda juga sehat. Makan-makanan yang sehat, tidur cukup dan olahraga secara teratur dapat membantu memperbaiki sistem metabolisme. Ketika sistem metabolisme Anda berkerja secara optimal maka sistem tubuh lain juga secara otomatis mengikuti tidak terkecuali sistem reproduksi Anda.

Di atas merupakan beberapa manfaat senam aerobik bagi kesuburan wanita namun secara umum terdapat banyak sekali pilihan latihan aerobik seperti renang, lari, bersepeda, berjalan bahkan menari termasuk dalam jenis latihan aerobik. Tapi jika Anda sedang dalam proses terapi kesuburan sebaiknya batasi jadwal aerobik Anda karena terlalu banyak aktifitas fisik juga dapat mengganggu kesuburan begitu juga bagi Anda yang hampir tidak pernah melakukan aktifitas fisik.

,
Oleh :
Kategori : Olahraga