20 Manfaat Minum Minyak Kelapa Murni Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

Salah satu bahan makanan pokok wajib terutama di kalangan masyarakat Indonesia adalah minyak goreng. Bagaimana tidak? Minyak goreng hampir setiap hari digunakan untuk mengolah beragam makanan, tanpa minyak goreng kita tidak bisa menikmati berbagai olahan makanan yang lezat. Oleh karena itu minyak goreng termasuk sembilan bahan makanan pokok yang menjadi kebutuhan masyarakat. Salah satu jenis minyak goreng yang popular digunakan adalah minyak kelapa baik yang dibuat sendiri, curah, atau yang diolah di pabrik. Selain digunakan untuk memasak atau dicampurkan pada makanan minyak kelapa ternyata juga dapat diminum secara langsung. Namun jangan salah karena jenis minyak kelapa yang baik diminum adalah jenis minyak kelapa murni atau yang disebut juga VCO (Virgin Coconut Oil), bukan minyak kelapa olahan seperti minyak goreng atau minyak sayur.

Meskipun memiliki kandungan lemak jenuh yang tinggi namun minyak kelapa murni baik dikonsumsi karena jenis lemak jenuhnya dapat dicerna dan diserap dengan mudah oleh tubuh. Selain itu kandungan lemak jenuhnya juga tidak akan diubah menjadi lemak atau kolesterol yang membahayakan kesehatan namun akan langsung diolah menjadi energi yang berguna untuk tubuh. Energi ini nantinya dapat digunakan untuk meningkatkan fungsi jaringan dan organ tubuh termasuk fungsi kelenjar endoktrin sehingga sangat bermanfaat untuk kesehatan. Untuk lebih jelasnya berikut manfaat minum minyak kelapa untuk mendukung kesehatan dan kecantikan:

1. Meningkatkan kekebalan tubuh

Konsumsi minyak kelapa murni dengan cara diminum dapat meningkatkan kekebalan tubuh terhadap virus dan bakteri penyebab penyakit. Pertahanan tubuh anda menjadi lebih baik dan anda tidak mudah jatuh sakit. Selain minyak kelapa ada banyak bahan makanan alami lainnya yang baik dikonsumsi untuk meningkatkan kekebalan tubuh mulai dari buah-buahan seperti manfaat buah cupuacu hingga beragam jenis ikan seperti manfaat ikan juaro.

2. Mengontrol kadar gula darah

Rutin minum minyak kelapa murni juga baik untuk menjaga kadar gula darah agar selalu stabil. Kandungan pada minyak kelapa murni akan meningkatkan penggunaan insulin dalam tubuh sehingga kadar gula darah bisa dikontrol. Disamping itu ada beberapa pilihan bahan alami lainnya yang juga memiliki manfaat serupa diantaranya manfaat jus frambos dan manfaat teh murbei.

3. Antioksidan

Minyak kelapa juga memiliki kandungan senyawa phenolic yang berperan sebagai antioksidan dalam tubuh. Dengan proses pengolahannya yang tidak melibatkan proses pemanasan dengan suhu tinggi diharapkan senyawa phenolic yang dikandungnya tidak rusak sehingga konsumsi minyak kelapa murni berpotensi sebagai antioksidan dalam tubuh. Seperti diketahui antioksidan sangat bermanfaat untuk menghambat perkembangan radikal bebas yang akan menyerang sel-sel tubuh.


4. Baik untuk kesehatan jantung

Minyak kelapa murni juga memiliki kandungan polifenol sehingga baik untuk mendukung kesehatan jantung. Seperti diketahui polifenol dapat mencegah terjadinya aterosklerosis dimana dinding pembuluh darah mengalami pengerasan akibat tumpukan lemak. Dengan menghindari aterosklerosis otomatis dapat menghindari risiko penyakit jantung. Meskipun demikian penderita penyakit jantung tidak serta-merta dapat mengonsumsi minyak kelapa murni secara rutin, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu. Selain minyak kelapa ternyata ada banyak pilihan makanan sehat lainnya diantaranya manfaat nanas untuk jantung dan manfaat alpukat untuk jantung.

5. Menurunkan berat badan

Minyak kelapa murni juga dapat dimasukkan ke dalam menu diet dalam rangka menurunkan berat badan karena konsumsi minyak ini diketahui dapat menstimulasi metabolisme. Oleh karena itu akan membuat anda merasa kenyang lebih lama sehingga anda dapat menjaga pola makan. Selain itu kandungan lemak pada minyak kelapa murni akan lebih cepat diubah menjadi energi daripada menjadi lemak tubuh sehingga sangat baik untuk menurunkan berat badan. Meskipun demikian program diet yang benar juga harus didukung dengan konsumsi makanan sehat serta manfaat olahraga secara rutin.

6. Menurunkan kadar kolesterol

Manfaat minum minyak kelapa murni diketahui juga dapat membantu menurunkan total kadar kolesterol dalam darah sekaligus meningkatkan kadar kolesterol baik atau HDL. Dengan terkontrolnya kadar kolesterol dalam darah tentu sangat berpengaruh pada kesehatan jantung dan pembuluh darah. Bahan alami lainnya yang juga baik dikonsumsi diantaranya manfaat daun kersen untuk kolesterol, manfaat buncis untuk kolesterol dan manfaat pare untuk kolesterol.

7. Meminimalisir risiko alzheimer

Manfaat minum minyak kelapa murni disinyalir juga dapat meminimalisir risiko terkena penyakit alzheimer. Hal ini didukung oleh kandungan zat keton yang terdapat pada minyak kelapa. Zat ini diketahui sangat baik untuk kesehatan otak dan membantu meningkatkan memori sehingga baik untuk penderita Alzheimer. Selain itu ada beberapa bahan alami lainnya yang diketahui baik dikonsumsi oleh penderita alzheimer atau untuk pencegahannya diantaranya manfaat sari kunyit dan manfaat biji buah mahoni.

8. Meningkatkan energi

Minyak kelapa juga baik dikonsumsi untuk membantu meningkatkan energi secara cepat sehingga tubuh dapat melakukan beragam aktivitas dengan  baik. Hal ini didukung oleh kandungan kalorinya yang cukup tinggi. Meskipun demikian tentu saja tidak cukup dengan konsumsi minyak kelapa saja. Anda tetap harus mengonsumsi makanan sehat lainnya baik sayur maupun buah untuk meningkatkan energi diantaranya manfaat ubi jalar, manfaat sayur katuk, dan manfaat sari kurma.

9. Mencegah dan mengatasi batu ginjal

Salah satu penyakit yang sering terjadi pada organ ginjal adalah batu ginjal dimana zat-zat limbah hasil penyaringan darah oleh ginjal menumpuk dan mengeras sehingga menjadi batu ginjal. Dalam ukuran kecil  batu ginjal ini bisa keluar bersama urin namun ketika ukurannya cukup besar maka ia tidak bisa keluar sendiri dan menimbulkan iritasi dan luka akibat bergesekan dengan dinding ureter. Salah satu obat alami yang bisa digunakan adalah minyak kelapa murni yang bermanfaat untuk pencegahan dan pengobatan jika batu ginjal sudah terbentuk. Konsumsi minyak kelapa diketahui dapat membantu menghancurkan batu ginjal tersebut sehingga bisa dikeluarkan dari dalam tubuh.


10. Baik untuk kesehatan gigi

Minyak kelapa ternyata juga mengandung kalsium sehingga sangat baik dikonsumsi untuk mendukung kesehatan gigi. Gigi menjadi sehat dan kuat serta terhindar dari berbagai penyakit. Selain itu dianjurkan juga konsumsi buah-buahan seperti manfaat anggur untuk gigi, manfaat lemon untuk gigi, dan manfaat bengkoang untuk gigi.

Selain manfaat-manfaat di atas masih ada banyak lagi manfaat minum minyak kelapa bagi kesehatan dan kecantikan yaitu:


Manfaat Minum Minyak Kelapa Lainnya

11. Mengatasi jerawat

12. Melembabkan kulit

13. Mengatasi penyakit kulit seperti eksim dan psoriasis

14. Meningkatkan metabolisme

15. Mencegah penyakit hati

16. Menguatkan tulang

17. Baik untuk kesehatan pencernaan

18. Mengobati Pankreatitis

19. Meningkatkan penyerapan mineral dalam tubuh

20. Mengencangkan kulit


Sangat bermanfaat bukan? Meskipun demikian konsumsi minyak kelapa secara berlebihan juga tidak dianjurkan karena kandungan asam lemak jenuh yang terlalu tinggi dalam tubuh juga tidak baik untuk kesehatan. Untuk itu sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter apalagi jika anda memiliki riwayat penyakit tertentu seperti penyakit jantung. Jangan sampai justru dapat memperburuk kondisi kesehatan anda. Selain itu jangan lupa pula untuk konsumsi makanan sehat dan bergizi lainnya serta rutin berolahraga sehingga tubuh sehat dan kuat menjadi milik anda.

, , ,
Oleh :
Kategori : Kesehatan