5 Manfaat Ikan Dendeng yang Lezat dan Gurih untuk Kesehatan

Siapa yang tidak kenal dengan dendeng? Makanan berupa lembaran tipis daging yang diberi bumbu dan dikeringkan sehingga ketika dimakan terasa garing dan renyah. Meskipun ada pula jenis dendeng semi basah dan dendeng basah yang tidak kalah lezat. Umumnya jenis daging yang digunakan untuk membuat dendeng adalah daging sapi karena selain enak ada banyak manfaat daging sapi bagi tubuh. Selain daging sapi jenis daging lainnya yang juga dapat diolah menjadi dendeng dan rasanya juga tidak kalah lezat adalah daging ikan.

Ikan dendeng

Berbagai jenis ikan dapat diolah menjadi ikan dendeng, baik ikan air tawar maupun ikan air asin. Keduanya sama-sama baik dan memiliki manfaat bagi kesehatan. Ada banyak manfaat ikan laut dan manfaat ikan air tawar bagi kesehatan. Mulai dari ikan gabus, ikan cuek, ikan pari, ikan tongkol, ikan layang, hingga ikan tenggiri dapat diolah menjadi dendeng ikan. Untuk membuat ikan dendeng sebaiknya pilih ikan yang dagingnya tebal. Cara mengolahnya tidak sulit dan kurang lebih sama dengan cara pengolahan dendeng daging. Mulai dari membersihkan ikan, memotong daging ikan tipis-tipis atau bisa juga dalam bentuk utuh, perendaman dengan air garam, diberi bumbu dan didiamkan, dijemur atau dikeringkan, hingga digoreng.

Mengonsumsi ikan dendeng sangat baik karena ada begitu banyak manfaat makan ikan bagi kesehatan. Hampir semua jenis ikan sangat baik dan bermanfaat untuk dikonsumsi. Diantaranya ada 16 manfaat ikan bagi kesehatan manusia. Lantas apa saja manfaat mengonsumsi ikan dendeng? Berikut manfaat ikan dendeng untuk kesehatan dan kehidupan manusia:

1. Dapat dijadikan lauk sekaligus camilan

Selain sebagai lauk yang menemani nasi di piring makan anda ikan dendeng juga dapat dikonsumsi sebagai cemilan. Teksturnya yang tipis dan kering serta kerenyahannya menjadikan ikan dendeng sangat cocok dikonsumsi sebagai manfaat cemilan sehat saat menikmati waktu santai.

2. Mencegah penyakit jantung

Sebagai organ vital pada tubuh manusia kesehatan jantung mesti dijaga. Salah satu caranya dengan mengonsumsi makanan sehat seperti manfaat kacang tanah untuk jantung, manfaat nanas untuk jantung, serta tentu saja ikan dendeng. Dengan rajin mengonsumsi ikan dendeng secara teratur dapat mencegah timbulnya penyakit jantung seperti stroke dan jantung koroner.

3. Baik untuk kesehatan tulang dan gigi

Manfaat ikan dendeng lainnya adalah untuk kesehatan tulang dan gigi. Umumnya ikan mengandung kalsium dan manfaat fosfor yang dikenal sangat baik untuk kesehatan tulang dan gigi. Oleh karena itu anak-anak sangat dianjurkan untuk mengonsumsi ikan agar tulang dan giginya dapat tumbuh dan berkembang dengan baik.

4. Mempercepat penyembuhan luka

Selain kalsium dan fosfor umumnya ikan juga mengandung zat besi yang dikenal dapat membantu mempercepat proses penyembuhan luka. Dengan rajin mengonsumsi ikan dendeng dapat membuat luka pada bagian tubuh lebih cepat sehat. Penyembuhan luka secara lebih cepat juga bisa didapatkan dengan manfaat minyak tawon dan manfaat klorofil bagi tubuh.

5. Mencegah anemia

Kandungn zat besi pada ikan dendeng juga sangat baik untuk mencegah penyakit anemia atau kekurangan sel darah merah. Asupan zat besi yang cukup dengan mengonsumsi ikan dendeng menjadikan kebutuhan zat besi tubuh tercukupi dengan baik sehingga proses produksi sel darah merah berjalan lancar. Selain itu anemia juga dapat dicegah dengan manfaat buat bit untuk anemia dan manfaat jambu biji untuk anemia.

Ternyata ada beragam manfaat ikan dendeng bagi kesehatan. Hal ini menjadikan olahan ikan ini patut dikonsumsi secara rutin sesuai kebutuhan tubuh. Untuk mencegah kebosanan dan mendapatkan beragam manfaatnya anda dapat memvariasikan jenis ikan yang akan diolah menjadi dendeng karena antara satu ikan dengan ikan lainnya tentu memiliki kandungan gizi yang tidak persis sama.

, , ,
Post Date: Tuesday 14th, November 2017 / 20:49 Oleh :
Kategori : Makanan