18 Manfaat Microwave Bagi Manusia

Mungkin anda berpikir jika microwave hanya bisa digunakan untuk menghangatkan makanan saja, namun perlu anda ketahui jika microwave juga memiliki banyak manfaat lainnya yang bisa membantu proses memasak anda menjadi lebih singkat dan cepat lebih dari hanya menghangatkan makanan saja. Microwave yang dijual saat ini memiliki bentuk bervariasi dan teknologi yang dipakai juga semakin canggih.

Agar anda tidak mengeluarkan banyak biaya untuk membeli berbagai peralatan elektronik di dapur, ada baiknya anda mengetahui manfaat secara menyeluruh dari microwave sehingga penggunaannya bisa maksimal dan tidak menumpuk banyak barang di dalam dapur yang hanya akan mempersempit ruang gerak anda saat beraktivitas.

  1. Mengembalikan Tekstur Renyah

Manfaat microwave pertama yang bisa anda gunakan adalah menjaga kesegaran serta tekstur renyah dari keripik singkong, kerupuk kulit atau makanan renyah lainnya. Dengan menggunakan microwave selama 30 detik saja, maka anda bisa mendapatkan tekstur renyah pada makanan yang sudah alot sehingga bisa anda konsumsi kembali dengan nikmat.

Artikel terkait:

  1. Melembutkan Makanan

Microwave juga bisa anda gunakan untuk membuat roti yang sudah kering dan tidak nikmat lagi untuk di konsumsi menjadi segar dan lembut kembali. Caranya adalah dengan membungkus roti dengan selembar kain yang sudah basah kemudian panaskan roti yang sudah di bungkus tersebut dalam microwave selama 10 sampai 15 detik.

Artikel terkait:

  1. Merebus Makanan

Untuk anda yang ingin merebus makanan seperti kentang dengan cepat, maka anda juga bisa memanfaatkan microwave ini dengan cara meletakkan kentang di dalam plastik yang bisa di segel lalu tambahkan sedikit air ke dalam plastik dan tutup segelnya dan masukkan ke dalam microwave selama 5 sampai 6 menit.

Artikel terkait:

  1. Memudahkan Mengiris Bawang

Anda pasti sering mengalami masalah saat mengiris bawang yaitu mengeluarkan air mata karena zat yang terkandung pada bawang tersebut. Untuk mengatasinya, buang bagian atas dan bawah bawang kemudian masukkan dalam microwave selama 30 detik dan tidak perlu takut, sebab ini tidak akan mengurangi tekstur dari bawang tersebut.

Artikel terkait:

  1. Mengupas Bawang Putih Dengan Mudah

Untuk memudahkan bawang putih saat hendak di kupas, anda bisa memasukkan bawang putih ke dalam microwave selama beberapa detik sehingga anda tidak perlu repot lagi saat akan mengupas bawang putih.

Artikel terkait:

  1. Memanggang Kacang Dengan Cepat

Memanggang kacang dengan microwave juga akan menghemat waktu anda menjadi lebih singkat. Caranya adalah dengan meletakkan kacang pada piring lalu masak dalam oven menggunakan kekuatan yang maksimal selama 1 menit saja dan aduk sebentar dan ulangi langkah ini selama 4 sampai 5 menit dan kacang akan matang dengan rata.

Artikel terkait:

  1. Mencairkan Selai dan Madu

Selai dan madu seringkali menggumpal dan berubah menjadi kristal jika lama tidak digunakan. Untuk mengatasinya adalah dengan membuka tutup stoples madu atau selai dan panaskan di dalam microwave selama 2 menit.

Artikel terkait:

  1. Membuat Rempah Kering

Anda yang ingin memasak dengan menggunakan berbagai rempah kering atau membuat ramuan herbal juga bisa memanfaatkan microwave dengan cara membungkus rempah atau tanaman herbal dengan tisu dan panaskan di dalam microwave selama 2 sampai 3 menit.

  1. Air Lemon Lebih Banyak

Jika anda ingin mendapatkan sari lemon yang lebih banyak saat di peras, caranya adalah dengan memanaskan buah lemon terlebih dulu dalam microwave selama 20 detik dan saat lemon akan di peras, maka air sari lemon yang keluar bisa semakin banyak.

  1. Melelehkan Coklat

Anda tidak perlu repot memakai double boiler pada saat ingin mencairkan atau melelehkan coklat batangan. Anda bisa dengan mudah meletakkan coklat yang sudah dimasukkan dalam wadah tahan panas ke dalam microwave. Ini juga berlaku pada beberapa bahan lainnya seperti keju, butter dan lain sebagainya.

Artikel terkait:

  1. Melepas Perangko

Saat anda ingin mengirim sebuah surat dan salah menulis nama atau alamat pada amplop, maka anda harus melepas perangko tersebut dan memindahkannya dan ini cukup sulit untuk dilakukan. Teteskan sedikit air pada perangko lalu masukkan amplop tersebut ke dalam microwave selama beberapa menit dan hasilnya perangko akan dengan mudah terlepas dari amplopnya.

  1. Mematangkan Jagung

Untuk mematangkan jagung, anda tidak perlu susah merebusnya di panci yang membutuhkan waktu lumayan lama. Anda hanya perlu membungkus jagung dengan kertas lalu masukkan ke dalam oven selama beberapa menit saja maka jagung sudah siap untuk disantap.

Artikel terkait:

  1. Membersihkan Lemak Talenan

Saat anda memotong daging pada talenan, maka lemak yang tersisa pada talenan tersebut akan cukup sulit untuk dibersihkan. Namun anda bisa membersihkan talenan dengan mudah yakni mencuci talenan dengan sabun terlebih dulu dan masukkan ke dalam microwave kemudian bilas sehingga talenan anda bisa bersih sekaligus steril kembali.

  1. Memasak Fillet Ikan

Untuk memasak ikan menggunakan microwave, caranya adalah dengan memberi bumbu pada fillet ikan lalu bungkus dengan plastik microwave safe dan masak selama 2 menit dalam microwave sehingga fillet ikan bisa matang sempurna dan tidak gosong.

Artikel terkait:

  1. Mengukus dan Memasak Aneka Sayur

Supaya nutrisi yang terkandung di dalam sayur tidak hilang karena suhu tinggi dan proses memasak yang lama, maka gunakan microwave untuk mengukus dan memasak sayuran sehingga prosesnya bisa semakin cepat dan nutrisi bisa tetap terjaga.

  1. Melembutkan Gula Merah

Untuk melembutkan gula merah yang berbentuk blok keras memang membutuhkan waktu yang lumayan lama, namun anda bisa menggunakan microwave untuk melembutkan gula merah dengan cepat yaitu meletakkan gula merah pada mangkuk dan letakkan paper towel pada bagian atas mangkuk kemudian masukkan ke dalam microwave selama 30 detik saja.

Artikel terkait:

  1. Memasak Beef Bacon

Anda tidak harus repot lagi memasak beef bacon dengan cara di goreng supaya mendapatkan beef bacon dengan tekstur renyah. Yang perlu anda lakukan adalah menyusun beef bacon pada piring microwave safe yang sudah dialasi dengan paper towel dan masak dalam microwave selama 2 menit saja.

Artikel terkait:

  1. Mengembangkan Adonan

Supaya adonan roti bisa mengembang dengan sempurna, anda bisa memanaskan 1 cangkir air di dalam microwave sampai keluar uap dan matikan kemudian masukkan adonan ke dalam microwave kemudian tutup pintu microwave sehingga kelembaban yang ada dalam microwave beruap tersebut akan membuat adonan cepat mengembang.