8 Manfaat Boraks untuk Keperluan Rumah Tangga

Boraks adalah zat pengawet yang berfungsi untuk mengawetkan sesuatu agar lebih tahan lama. Namun, di Indonesia boraks lebih dikenal sebagai zat berbahaya yang dicampurkan kedalam makanan oleh para pedagang nakal yang ingin mendapatkan keuntungan lebih. Sebenarnya boraks memiliki banyak manfaat jika digunakan dengan benar seperti untuk pembersih alat dapur, pengawet kayu, pengontrol kecoa, bahan solder, antiseptik kayu, hingga membuat benda padat menjadi lunak.

Berikut ini adalah manfaat dari boraks yang sebenarnya :

1. Membersihkan toilet

Tidak sedikit ibu rumah tangga mengeluh dalam membersihkan toilet karena kotoran membandel yang sulit sekali di hilangkan. Dengan boraks, membersihkan toilet menjadi lebih mudah dan dapat menyingkat waktu dengan cara tuangkan boraks kedalam toilet dan diamkan beberapa saat, kemudian sikat toilet hingga bersih dan siram. Sudah banyak juga orang yang mencoba hal tersebut dan memang sangat menyingkat waktu dan tenaga.

Pembersih toilet lainnya bisa menggunakan :

2. Pembasmi hama

Seperti yang sudah disebut diatas, boraks berfungsi sebagai pengontrol kecoa. Boraks dapat membasmi serangga-serangga seperti kecoa, kutu, semut, bahkan tungau yang menempel pada karpet maupun kasur anda dapat dibasmi dengan menggunakan boraks. Caranya campurkan boraks dengan gula kemudian tabor disekeliling area yang terdapat serangga yang ingin anda basmi. Boraks juga bermanfaat untuk menghilangkan kutu pada peliharaan anda, namun gunakan boraks dalam dosis yang sedikit saja agar tidak berbahaya bagi peliharaan anda.

3. Membersihkan alat pengering

Sangat sulit membersihkan alat pengering yang tersumbat dan jika salah langkah akan berakibat alat tersebut rentan rusak dan harus di service yang mengeluarkan banyak biaya. Sekarang ada cara alternatif yang tidak repot dan murah, dengan boraks alat pengering yang tersumbat dapat dibersihkan hanya dalam waktu 15 menit. Tuangkan boraks kedalam tabung pengering kemudian tuangkan air mendidih sekitar dua gelas lalu diamkan selama 15 menit dan bilas pengering dengan air biasa.

4. Pencuci piring

Boraks dapat digunakan sebagai pengganti sabun pencuci piring agar piring-piring yang anda bersihkan menjadi lebih mengkilap. Caranya, campurkan dua sendok teh boraks dengan baking soda kemudian beri sedikit air dan gosokkan pada piring-piring yang dicuci. Kemudian bilas hingga bersih agar boraks tidak menempel pada permukaan piring. Selain itu, hal ini juga dapat digunakan untuk membersihkan sisa-sisa makanan yang menempel dipiring dan susah untuk dibersihkan.

Bahan pencuci piring lainnya juga bisa menggunakan :

5. Menghilangkan perekat

Perekat yang menempel pada tembok maupun benda lain memang menjadi hal yang sulit untuk dibersihkan, namun dengan boraks perekat yang menempel akan mudah dibersihkan. caranya boraks ditambahkan dengan air dan kemudian gosok campuran boraks ke area bekas perekat tersebut hingga bersih. Untuk mendapat hasil yang cepat, gunakan boraks dan air dalam perbandingan 2:1.

6. Noda sabun

Sabun batang yang biasa dipakai oleh anak-anak biasanya suka tergelincir dari tangan dan jatuh kelantai yang menyebabkan noda sabun tersebut merekat dilantai. Selain itu, juga tempat sabun batang juga akan meninggalkan bekas sabun yang sudah mengering dan keras sehingga susah sekali untuk dibersihkan, dengan menyiram air saja. Boraks juga dapat membersihkan bekas-bekas sabun yang tertinggal di kamar mandi dengan menggunakan spons yang sudah di taburi sedikit boraks dan gosokkan pada bekas-bekas sabun yang menempel hingga bersih.

7. Pembuatan kaca

Dalam dunia industry, boraks ini digunakan untuk pembuatan benda-benda yang terbuat dari kaca. Contohnya, gelas kaca, TV LCD, dan lain-lain. Dalam hal ini boraks berfungsi untuk memperkuat kaca agar tahan terhadap panas. Biasanya kaca-kaca tersebut akan dibuat lebih tebal agar tahan dengan suhu panas dan lebih padat.

Bahan pembuatan kaca lainnya juga menggunakan :

8. Pembersih lemak

Lemak-lemak yang menempel di dapur memang sangat membuat risih terutama bagi ibu-ibu yang hobi memasak. Pastilah tidak menginginkan dapur yang kotor atupun berminyak begitu juga dengan perabotan dapur yang digunakan seperti panci dan sebagainya. Gunakan boraks untuk membersihkan perabotan yang berminyak dengan cara, campurkan setengah gelas boraks dengan satu gelas air lalu rendam perabotan masak anda atau gunakan spons untuk membersihkannya.

Bahaya Boraks sebagai Campuran Makanan

Mungkin banyak yang tidak tahu bahwa boraks sebenarnya boleh dijadikan bahan untuk mencampur makanan. Namun, sebenarnya makanan dapat dicampurkan dengan boraks asal dalam jumlah takaran yang aman. Jika penggunaan boraks pada makanan berlebihan atau tidak sesuai dengan takarannya maka akan bersifat berbahaya dan dapat merusak tubuh konsumen. Berikut ini adalah makanan yang biasanya dicampur dengan boraks :

  • Karak : kompenen untuk pembuatan adonan calon kerupuk
  • Mi : membuat adonan mi menjadi kenyal dan tahan lama
  • Lontong : membuat adonan lontong menjadi kenyal
  • Ketupat : membuat adonan ketupat menjadi lebih kenyal
  • Bakso : membuat adonan bakso menjadi kenyal dan tahan lama
  • Kecap : membuat kecap menjadi tahan lama
  • Cenil : membuat adonan cenil menjadi lebih kenyal

Para konsumen bisa lebih waspada dengan bahan makanan yang dicurigai menggunakan boraks seperti diatas, meskipun memang penggunaan boraks ada yang sesuai takaran yang tepat. Namun, jika dikonsumsi secara terus menerus maka akan tetap berbahaya bagi kesehatan.

Demikian manfaat-manfaat dari boraks dalam rumah tangga dan industri. Untuk menghindari infeksi kulit dan sebagainya, di himbau untuk menggunakan sarung tangan ataupun alas kaki saat menggunakan boraks sebagai alat pembersih rumah dan hindari dari jangkauan anak-anak agar keluarga anda aman.

, ,
Oleh :
Kategori : Sosial