11 Manfaat Umbi Gadung Bagi Kesehatan dan Bahayanya

Gadung merupakan salah satu jenis umbi – umbian yang memiliki dua jenis. Jenisnya adalah beracun dan juga tidak beracun. Kedua jenis gadung ini dapat dikonsumsi oleh manusia, namun demikian diperlukan pengolahan yang baik dan juga benar, agar racunyya dapat hilang dan aman dikonsumsi. Racun pada gadung ini dapat menyebabkan rasa pusing dan juga muntah – muntah, apabila tidak diolah dengan tepat.

Apa saja manfaat umbi gadung?

umbi gadungGadung sendiri memilki banyak sekali manfaat. Apa saja manfaat dari gadung? berikut ini adalah beberapa manfaat dari gadung :

  1. Sebagai bahan makanan pokok

Manfaat pertama dari gadung adalah sebagai salah satu sumber utama dari makanan pokok, dan juga dapat dijadikan sebagai salah satu pengganti nasi. Meskipun memiliki racun, namun demikian, racun dari umbi gadung dapat di netralisir apabila diolah dengan baik. Maka, gadung dapat dibuat menjadi salah satu sumber makanan pokok pengganti nasi yang nikmat, gurih, dan juga lezat.

  1. Sebagai tambahan energi dan kalori

Dengan mengkonsumsi gadung, anda akan memperoleh energy yang besar. Hal ini disebabkan karena, sebagai salah satu jenis umbi – umbian, gadung memilik ikandungan kalori yang tinggi. Kandungan kalori yang tinggi inilah yang dapat memberikan energy lebih bagi tubuh kita dalam melakukan aktivitas kita sehari – hari. Selain itu, kandungan kalori pada gadung juga hampir mirip dengan kandungan kalori pada umbi – umbian lainnya, seperti singkong, talas dan juga kentang.

  1. Sebagai camilan (olahan keripik)

Bagi anda yang senang dengan aneka camilan, terutama untuk menemani santai anda di sore hari dan juga hari libur, anda dapat mencoba gadung sebagai camilan. Saat ini, gadung sudah banyak diolah dalam bentuk keripik, sama seperti talas, singkong, kentang dan jenis umbi – umbian lainnya. Biasanya, olahan keripik dari umbi jenis gadung dan semacamnya memiliki rasa yang asin dan juga gurih, sehingga sangat nikmat untuk disantap.

  1. Sebagai pestisida dan insektisida

Merupakan salah satu manfaat dari tanaman gadung yang saat ini sering digunakan dalam pertanian. Ya, sifat alami dari gadung yang memang memiliki racun, membuat tanaman umbi – umbuan ini menjadi salah satu bahan baku dari pembuatan pestisida dan juga insektisida, terutama pada perkebunan. Dengan menggunakan tanaman gadung sebagai bahan baku, maka para hama yang ada di kebun, terutama tikus, dapat dibasmi dengan mudah, sehingga tanaman perkebunan akan aman dari gangguan hama.

  1. Dapat menyembuhkan Reumatik

Ternyata, meskipun beracun, tanaman gadung memiliki manfaat yan gbaik untuk menyebuhkan reumatik. Ya, reumatik merupakan salah satu jenis penyakit generative, yang muncul seiring dengan bertambahnya usia. Dengan mengkonsumsi gadung, maka gejala – gejala dari penyakit reumatik yang sering muncul dapat dicegah dan juga dapat sembuh sehingga anda tidak akan repot lagi berurusan dengan reumatik.

  1. Dapat menyembuhkan kejang pada perut

Gadung juga memiliki manfaat yang sangat baik bagi kesehtan lambung kita. Disinyalir bahwa, gadung dapat membantu mencegah dan menyembuhkan gejala kejang – kejang otot pada bagian perut. Kejang – kejang pada otot bagian perut ini sangatlah mengganggu, karena akan menyebabkan bagian perut menjadi sangat sakit dan juga menyiksa, serta dapat mengganggu kelancaran dari proses pencernaan di dalam tubuh.

  1. Menyembuhkan luka bernanah

Gadung juga dapat membantu untuk menyembuhkan luka bernanah. Cara yang paling mudah adalah anda cukup menempelkan umbi gadung pada bagian luka yang bernanah. Hal ini dapat membantu mempercepat penyembuhan pada luka yang bernanah.

  1. Menurunkan kadar kolestrol

Yap, bagi anda yang memilki gejala penyakit kolestrol, yaitu kadar kolestrol jahat yang tinggi, tanamn umbi gadung dapat membantu anda. gadung memiliki sifat alami yang mampu mengontrol dan juga menurunkan kadar kolestrol jahat di dalam tubuh anda, sehingga aman untuk dionsumsi oleh anda yang memiliki gangguan pada kadar olestrol di dalam tubuh.

  1. Sebagai arak (hasil fermentasi

Gadung juga sering dimanfaatkan untuk pembuatan arak melali proses fermentasi.

  1. Penyembuhan penyakit kusta

Salah satu jenis penyakit kulit yan gmungkin mengerikan adalah penyakit kusta. Namun demikian, tidak perlu takut, karena gejala penyakit kusta ini dapat disembuhkan, atau paling tidak diminimalisir gejalanya dengan menggunakan umbi gadung.

  1. Sebagai racun pada mata kail

Manfaat gadung yang terakhir adalah sebagai salah satu racun pada mata kail. Hal ini memanfaatkan sifat racun yang dimiliki oleh gadung, sehingga sering dimanfaatkan untuk memancing. Selain memancing, racun pada gadung ini juga sering dioleskan pada mata panah, yang ditujukan untuk perburuan bintang liar di hutan. Dengan menggunakan mata pancing dan juga mata panah yang sudah diberi racun dari gadung, maka hewan – hewan akan lebih mudah untuk dilumpuhkan.

Mengolah gadung

Untuk mengolah gadung agar racunnya hilang dan tidak menimbulkan efek buruk bagi kesehatan, ada beberapa cara yang dapat dilakukan. Berikut ini adalah beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menghilangkan racun dari umbi gadung :

  1. Menggunakan Abu Gosok

Cara pertama adalah dengan menggunakan abu gosok. Gadung dikupas dan diiris, lalu dicampurkan dengan menggunakan abu gosok. Setelah gadung dilumuri dan dicampur dengan abu gosok, maka gadung harus dipendam di dalam tanah selama 3 – 4 hari. Setelah 3 – 4 hari, kemudian gadung diambil, lalu dicuci hingga bersih dengan menggunakan air tawar sambil diremas – remas, hingga air cucian dari gadung tidak berwarna putih.

  1. Dengan menggunakan air garam

Selain dengan cara dipendam di dalam tanag, campuran gadung dan abu gosok dapat dibilas dengan menggunakan air garam atau air laut. Setelah direndam dengan air garam, bilas dengan menggunakan air tawar hingga air cuciannya tidak putih laig.

Untuk memastikan, apakah gadung tersebut sudah tidak beracun, biasanya dapat dicoba atau di tes pada ayam. Apabila ayam yang diberikan gadung tidak mabuk, maka gadung sudah bebas dari racun.

Nah, itu adalah 11 manfaat dari tanaman umbi gadung yang harus anda ketahui. Semoga artikel mengenai manfaat dari tanamn umbi gadung ini bermanfaat dan dapat menambah wawasan anda mengenai keberagaman tanaman bermanfaat yang ada di nusantara. Terima kasih.

, ,
Oleh :
Kategori : Makanan
Doctors Talks

Gigi berlubang bagian atas bisa menyebabkan Penyakit meningitis, Gigi berlubang bagian bawah bisa menyebabkan penyakit yang menyebabkan kematian mendadak, apa itu ? Simak penjelasan Drg. Albertus Andika berikut ini.