13 Manfaat Celemek Bagi Koki

Celemek atau biasa juga disebut dengan apron pada bahasa Inggris ini merupakan kata serapan yang di ambil dari bahasa Perancis yaitu naperon dengan arti serbet yang berfungsi untuk melindungi tubuh dari noda pada kehidupan sehari hari.

Celemek ini umumnya digunakan para ibu atau koki pada saat memasak di dapur dan menjadi salah satu aksesoris dapur penting serta memiliki banyak kegunaan. Untuk material membuat celemek umumnya disesuaikan dengan fungsi, seperti celemek dapur yang terbuat dari PVC dan kain tahan minyak, air dan juga berbagai noda. Selain itu, bentuk celemek juga bervariasi seperti di ikat pada bagian pinggang, di ikat pada leher atau menutupi hampir seluruh tubuh. (Baca Juga: Manfaat Sampah Plastik , Manfaat Pasta Gigi )

Penggunaan celemek sendiri tidak hanya untuk area dapur saja, namun juga bisa digunakan berkebun, kegiatan paramedis, bayi dan masih banyak lagi. Pada kesempatan kali ini, kami akan mengulas manfaat celemek untuk proteksi berbagai aktivitas yang bisa anda simak selengkapnya berikut ini. (baca juga: Manfaat Boraks , Manfaat Buah Bintaro)

1. Menghindari resiko terluka

Pada saat proses memasak di dapur, resiko yang sering menghampiri adalah bagian tubuh anda yang bisa saja terluka seperti contohnya jari tangan yang tersiram air panas. (Baca Juga: manfaat mandi air panas)

Untuk itulah dengan menggunakan celemek, maka bisa dijadikan sebagai alat untuk memindahkan berbagai peralatan dapur panas sehingga tidak akan melukai kulit anda.

Selain itu, celemek juga bisa digunakan untuk memegang bahan masakan yang agak licin sehingga akan lebih mudah di potong menggunakan pisau sekaligus menghindari resiko jari teriris pisau. (Baca Juga: Manfaat Rumah Panggung , Manfaat Kekayaan Alam Tidak Langsung)

Celemek sendiri tidak hanya bisa digunakan untuk aktivitas dapur, namun juga berbagai aktivitas lain seperti mencuci baju, bekerja di pandai besi dan beberapa kegiatan lainnya.

2. Untuk membawa makanan

Pada saat proses memasak, bahan makanan biasanya di bawa dengan menggunakan kantung plastik atau keranjang belanja atau mengeluarkan bahan makanan dari lemari es ke meja dapur. Agar bahan-bahan tersebut bisa lebih mudah untuk di bawa, maka anda bisa menggunakan celemek tersebut supaya tidak mudah terjatuh. Tidak hanya lebih praktis, namun memakai celemek untuk membawa bahan makanan akan lebih menghemat waktu dan juga tenaga anda dalam memindahkan bahan makanan. (Baca Juga: Manfaat Mengunyah Makanan 33 Kali , Manfaat Kulit Sapi)

3. Menghilangkan noda

Proses memasak juga berkaitan dengan noda minyak, saus, air dan lain sebagainya sehingga bisa membuat area dapur menjadi kotor serta resiko anda tergelincir karena lantai yang licin tersebut.

Apabila letak kain lap atau tisu cukup jauh, maka anda bisa menggunakan celemek untuk membersihkan noda sebagai alat pembersih cepat. (baca juga: Manfaat Sabun JF Sulfur , Manfaat Sabun Fruitamin )

4. Membawa peralatan memasak

Pada celemek umumnya sudah dilengkapi dengan beberapa kantung di bagian pinggang atau dada, ini bisa anda gunakan untuk membawa beberapa peralatan kecil seperti sendok, timer, tempat bumbu kecil, sutil dan lainnya sehingga akan memudahkan acara memasak anda. (Baca Juga: Manfaat Baking Soda untuk Kulit)

5. Melindungi dari noda sabun

Pada saat anda mencuci piring, noda dari sabun cuci piring bisa meninggalkan noda putih pada baju yang mengganggu dan cukup sulit dihilangkan jika dibiarkan dalam waktu yang cukup lama.

Dengan memakai celemek saat mencuci piring, maka baju yang sedang anda kenakan akan aman terlindungi dari noda sabun yang sulit dihilangkan tersebut. (Baca Juga: manfaat mencuci tangan dengan air bersih  dan sabun)

6. Melindungi dari noda lumpur

Jika anda memiliki hobi berkebun, lumpur dan juga tanah pasti sering melekat pada pakaian anda, seperti yang kita ketahui jika noda lumpur serta tanah akan sangat sulit dihilangkan. (Baca Juga: manfaat tanah)

Untuk mengatasinya, anda bisa menggunakan celemek khusus untuk berkebun yang biasanya terbuat dari karet sehingga akan sangat mudah saat dibersihkan. Selain itu, celemek berkebun juga dilengkapi dengan beberapa buah kantung yang bisa anda pakai untuk menyimpan beberapa peralatan berkebun anda.(Baca Juga: manfaat apotek hidup bagi kesehatan)

7. Melindungi dari percikan api

Celemek atau apron juga bisa digunakan untuk anda yang bekerja sebagai pandai besi atau peleburan. Untuk celemek ini biasanya terbuat dari material yang tebal dan bukan seperti celemek dapur yang terbuat dari bahan PVC atau katun. (baca Juga: Manfaat Azoo Carbon Plus , Manfaat Lapisan Atmosfer)

8. Menjaga kebersihan dan higienis

Manfaat dari celemek selanjutnya adalah untuk menjaga kebersihan supaya bisa lebih higienis dan bisa digunakan untuk pekerjaan seperti pelayan restoran, pembantu rumah tangga atau perawat.
Sebagai penyemangat memasak.

Rasa jenuh bisa saja muncul karena kegiatan memasak yang dilakukan setiap hari, dengan menggunakan celemek cantik yang kini bisa anda dapatkan dengan berbagai corak, bentuk serta warna yang beragam, maka bisa menjadi penambah semangat saat anda memasak di dapur. (Baca Juga: Manfaat Lembayung , Manfaat Salad Sayur)

9. Melindungi dari cairan berbahaya

Celemek juga digunakan paramedis pada rumah sakit, klinik atau laboratorium yang di pakai suster, dokter dan juga paramedis lainnya. Fungsi utama dari celemek ini yaitu agar baju terlindungi dari berbagai cairan berbahaya, obat dan beberapa cairan lainnya pada saat beraktivitas. (Baca Juga: Manfaat Bunga Arum Dalu , Manfaat Olahraga Panahan)

10. Melindungi bayi saat makan

Celemek juga bisa digunakan untuk anak bayi pada saat makan dan biasanya bentuknya kecil menyesuaikan dengan ukuran dari bayi. Celemek ini berguna agar noda makanan yang sedang dimakan atau diminum bayi tidak menodai baju atau kursi makan bayi.

Artikel terkait:

11. Membersihkan wajah bayi

Celemek juga bisa digunakan sebagai pengganti saputangan atau lap untuk membersihkan wajah bayi saat makan, selain itu dengan memakai celemek maka anda juga akan menghemat penggunaan tisu. Celemek untuk membersihkan wajah bayi ini biasanya terbuat dari bahan yang sangat lembut dan memiliki daya serap baik sehingga bisa membersihkan wajah bayi dengan cepat namun tidak akan membuat kulit bayi terluka. (Baca Juga: Manfaat Minyak Lavender , Manfaat Young Living Oil)

12. Membuat bayi semangat untuk makan

Celemek bayi umumnya sangat menarik dari segi warna, corak dan juga bentuk sehingga bisa membuat bayi lebih bersemangat untuk belajar makan sendiri sekaligus membuatnya lebih lahap saat menyantap makanan.

Artikel terkait: manfaat alpukat untuk bayi

13. Sebagai penutup saat menyusui

Saat ini celemek juga hadir untuk para ibu yang sedang menyusui dan sangat berguna saat anda berada di tempat umum. Celemek ini bisa digunakan sebagai alat penutup saat para ibu ingin menyusui buah hati tanpa perlu berada di ruang khusus ibu menyusui.

Artikel terkait:

Celemek ini tidak di pasang dengan ketat dan terdapat celah pada bagian atas sehingga ibu bisa melihat bayi yang sedang menyusui tersebut dan juga tidak akan membuat bayi sulit bernafas.

Ternyata, kegunaan dari celemek ini cukup banyak dan tidak hanya terbatas untuk area dapur saja, namun bisa digunakan dalam beberapa kegiatan lainnya.

Semoga artikel kali ini bisa menambah pengetahuan anda seputar manfaat dari celemek dalam kehidupan sehari-hari, terima kasih.

, ,
Oleh :
Kategori : Kebiasaan