6 Manfaat Roti Tawar dan Cara Mengolahnya

Roti tawar merupakan roti putih yang banyak dijual di pasar dan minimarket. Pembeli dari roti tawar ini sangatlah banyak sekali karena roti ini ternyata lebih praktis di sajikan di bandingkan kue lainnya. Roti tawar biasanya di konsumsi pada pagi hari sebagai sarapan. Karena memiliki kandungan karbohidrat yang tinggi roti tawar ini bisa menganjal perut hingga kenyang saat siang hari. Roti tawar memiliki rasa yang tawar sehingga kadang untuk melezatkan di makan roti tawar di beri selai sesuai selera. Berbagai macam selai di tawarkan mulai dari rasa sari kaya nanas, anggur dan coklat. ( Baca juga : Manfaat roti gandum)

Kandungan roti tawar

Didalam satu lapis roti tawar memiliki banyak kandungan seperti :

  • Karbohidrat yang berfungsi sebagai penambah energi dengan total sekitar 3 persen. (Baca juga : Manfaat karbohidrat)
  • Lemak di dalam roti tawar juga ada sekitar 0.2 persen. (Baca juga : Manfaat lemak)
  • Protein 7 gram di dalam roti tawar. (Baca juga : Manfaat protein)

Itulah beberapa kandungan roti tawar, dan sebagian roti tawar juga mengandung vitamin yang dapat menutrisi tubuh dari dalam.

Manfaat Roti Tawar

Roti tawar yang sejatinya banyak di jumpai di sekitar kita dan tak jarang sudah menjadi agenda wajib sebagai sarapan ternyata juga memiliki manfaat. Berikut ini manfaat dari roti tawar di berbagai aspek antara lain adalah :

1.Sebagai penambah energi

Roti tawar mengandung karbohidrat didalamnya sehingga baik untuk menambah energi. Dengan konsumsi roti tawar saat sarapan dapat membuat perut terasa kenyang sapai pada siang hari. Energi yang di peroleh oleh tubuh dengan konsumsi roti tawar tergantung dari berapa jumlah lapis roti tawar yang di konsumsi pada saat itu. Jadi alangkah baiknya jika konsumsi empat lapis roti tawar untuk mencegah tiba – tiba rasa lapar yang Anda rasakan. Pertambahan energi dengan konsumsi roti tawar ini bisa juga digunakan karena lebih praktis. Apalagi pada pagi hari merupakan waktu yang mepet karena harus menyiapkan berbagai macam kebutuhan mulai dari diri sendiri, anak dan suami tercinta.

Artikel terkait :

2. Mengandung serat

Ternyata roti tawar juga memiliki serat didalamnya. Serat berfungsi untuk melancarkan sistem pencernaan sehingga sistem pencernaan menjadi sehat. Makanan yang mengandung serat selai dari roti tawar adalah buah dan sayuran. Jadi mengonsumsi roti tawar tidak hanya sebagai penambah energi namun juga mencukupi kebutuhan sistem pencernaan akan serat harian. Untuk tidak salah dalam memilih roti tawar yang mengandung serat baiknya Anda perhatikan dengan seksama komposisi dari roti tawar tersebut. Karena sebagian roti tawar ada juga yang tidak memiliki kandungan serat di dalamnya. Untuk kesehatan pilihlah roti yang kaya akan kandungan gizi untuk mencukupi kebutuhan tubuh akan gizi yang di perlukan.

Artikel terkait :

3. Baik untuk tulang

Selanjutnya manfaat roti tawar berikutnya adalah untuk menjaga kesehatan dan kepadatan tulang. Tulang berfungsi sebagai penopang tubuh sehingga rangka manusia bisa tegak dengan baik. Namun di sisi lain tulang juga bisa mengalami keropos jika tidak mendapatkan nutrisi yang cukup. Tulang membutuhkan nutrisi seperti kalsium yang terbukti baik untuk menjaga kepadatan tulang. Itu sebabnyak makanan yang mengandung kalsium banyak di cari. Semakin awal menyadari ini maka tingkat osteoporosis pada masa tua bisa ditekan dan menurun. Jadi pintar – pintarlah dalam memilih roti pastika roti tawat yang di pilih mengandung kalsium di dalamnya.

Artikel terkait :

4. Diet

Diet merupakan salah satu langkah dalam melakukan penurunan berat badan agar menjadi ideal. Yang mana pelaku diet adalah orang yang memiliki kelebihan berat badan. Berat badan yang berlebih merupakan langkah awal munculnya berbagai macam penyakit pada tubuh. Sehingga kesadaran untuk menurunkan berat badan harus dilakukan dengan baik. Karena dampa positifnya sangat besar sekali bagi kesehatan. Salah satu program diet adalah dengan membatasi kalori yang masuk dan membakar habis kalori secara keseluruhan. Yang mana lemak yang tadinya terdapat di perut bisa diubah menjadi energi dalam menjalankan aktifitas sehari – hari. Salah satu sarapan yang baik untuk diet adalah dengan mengosumsi roti tawar.Roti tawar memiliki kandungan kalori yang tidak banyak dan cukup untuk membuat Anda merasa kenyang hingga tiba waktu makan siang. Jadi tidak sedikit pelaku diet yang mengganti sarapan mereka dengan konsumsi roti tawar.

Artikel terkait :

5. Mencukupi vitamin dalam tubuh

Beberapa roti tawar yang beredar di pasaran juga memiliki kandungan vitamin didalamnya. Sehingga konsumsi roti tawar juga berdampak baik untuk mencukupi kebutuhan vitamin dalam tubuh. Asalkan konsumsi roti tawar dalam batas yang cukup dan tidak berlebihan maka roti tawar aman untuk di konsumsi. Beberapa vitamin yang terdapat di dalam roti tawar adalah vitamin B. Vitamin B ini baik untuk mengatasi penyakit beri – beri.

Artikel terkait :

6. Mengawetkan kue

Pernahkan Anda konsumsi kue ulang tahun ? Namun tidak semuanya habis pada saat itu juga. Maka langkah yang sebaiknya Anda lakukan adalah menyimpan kue dengan menutup lembaran yang telah di potong menggunakan potongan roti tawar. Ini bertujuan untuk menjaga agar roti tetap lembap dan padat teksturnya. Sehingga saat akan di makan kembali maka rasa dari roti masih sama seperti saat masih baru. Anda tidak perlu telalu sulit untuk menyimpannya di dalam kulkas. Jadi ini berlaku untuk Anda yang tida mempunyai kulkas di rumah. Sehingga kue bolu tadi tetap awet baik dari segi bentuk dan rasanya.

(Baca juga : Manfaat baking soda)

Cara Mengolah Roti Tawar

Roti tawar memang lezat dan bisa diolah sesuai dengan selera. Namun untuk roti tawar sendiri memang roti yang tidak memiliki rasa sama seperti namanya. Jadi agar saat konsumsi roti ini menjadi lebih lezat dan nikmat. Berikut ini beberapa cara untuk mengolah roti tawar agar terasa lezat dan nikmat antara lain adalah sebagai berikut :

1.Roti tawar dengan selai

Memakan roti tawar sekaligus mengoleskan selai diatasnya dapat dilakukan dengan berbagai cara. Selai yang dioleskan bisa berasa coklat,nanas ataupn sari kaya. Cara penyajiannya :

  • Ambil satu helai roti tawar kemudian oleskan menggunakan pisau selai yang ingin dipakai.
  • Balurkan selai secara merata pada permukaan roti.
  • Setelah itu tempelkan lapisan roti lainnya diatasnya.

Sesudah itu roti tawar bisa langsung di makan. ( Baca juga : Manfaat kacang tanah)

2. Sandwich

Sandwich di adaptasi dari makanan barat yang diolah dari roti tawar kemudian di panggang menggunakan margarin. Sandwich juga terbuat dari daging atau telur dadar yang di masak terlebih dahulu. Berikut ini langkah – langkah untuk membuat sandwich :

  • Jika lapisan roti tawar adalah telur dadar maka terlebih dahulu Anda kocok telur dadar dan masak.
  • Ambil lapisan roti lalu letakkan mentimun dan sayur diatasnya.
  • Baru di lapisan kedua letakkan telur dadar.
  • Lalu lapisi lagi dengan mentimun dan sayuran dan tambahkan dengan saus secukupnya.
  • Dan setelahnya baru di tutupi lagi dengan lembaran roti tawar.
  • Panaskan kompor dan letakkan margarin diatasnya dan masak roti diatasnya hingga sedikit gosong.

Pembuatan sandwich ini bisa di makan pada siang hari sambil sebagai pengganti cemilan siang hari Anda. Terlebih makan sandwich ini bisa membuat Anda merasa kenyang lebih lama.

3. Roti tawar Goreng

Membuat roti tawar goreng ini hampir sama dengan cara membuat roti tawar selai. Hanya yang membedakan roti tawar selai adalah roti yang langsung di makan, sedangkan roti tawar goreng adalah roti yang di goreng terlebih dahulu. Cara membuatnya ambil satu lapis roti tawar kemudian berikan selai di atasnya. Sesudah itu lapisi lagi dengan satu lembar roti tawar. Panaskan kuali dan berikan margarin di atasnya.Sesudah itu goreng roti tawar yang telah di ber selai tadi di atasnya dengan api sedang. Selanjutnya dapat diangkat dan di makan lansung.

Itulah beberapa resep untuk membuat roti tawar di rumah dan dapat Anda coba sendiri

, , ,
Post Date: Saturday 14th, January 2017 / 06:46 Oleh :
Kategori : Makanan