6 Manfaat Kerupuk Kulit Bagi Kesehatan

Kerupuk sepertinya merupakan salah satu jenis camilan yang sudah tidak asing lagi di telinga masyarakat Indonesia. Bahkan sepertinya, sebagian besar masyarakat Indonesia tidak nikmat makan tanpa ada kerupuk sebagai teman makan. Maka dari itu, penjualan kerupuk pun sangat laris di Indonesia dan saat ini banyak sekali produsen-produsen kerupuk yang sukses dan berhasil menyuplai kebutuhan kerupuk.

manfaat kerupuk kulitSalah satu jenis kerupuk yang merupakan primadona dan juga menjadi favorit dari kebanyakan masyarakat Indonesia adalah kerupuk kulit. Sesuai dengan namanya, kerupuk kulit ini berbeda dengan jenis kerupuk lainnya. Kerupuk kulit diolah dengan bahan dasar dari kulit hewan. Biasanyanya, kulit hewan yang digunakan adalah kulit sapi, kulit kerbau dan kulit babi.

Kerupuk kulit memiliki tekstur yang renyah dan garing, dengan bentuk yang biasanya kotak dengan rongga-rongga. Biasanya kerupuk ini diolah dengan cara digoreng, dan dapat dimakan langsung, karena memiliki rasa yang gurih dan lezat. Selain itu, harga jual dari kerupuk kulit ini juga relative murah, sehingga makin banyak disukai oleh masyarakat.

Manfaat dari Kerupuk Kulit :

Kerupuk kulit sendiri ternyata memiliki manfaat bagi kita. Apa saja manfaat dari kerupuk kulit? Berikut ini adalah beberapa manfaat dari kerupuk kulit :

1. Menyembuhkan maag

Salah satu manfaat paling penting dari kerupuk kulit adalah dapat menyembuhkan gejala mual dan perih pada perut akibat gangguan maag. Jadi, apabila anda sering mengalami gejala maag, maka cobalah untuk mengkonsumsi kerupuk kulit setiap gejala tersebut muncul. Hal ini terbukti, dengan mengkonsumsi kerupuk kulit, maka rasa sakit dan juga perih pada lambung akibat dari serangan maag dapat hilang dan teratasi tanpa perlu mengkonsumsi obat.

2. Sebagai camilan dan teman makan

Inilah salah satu manfaat dari kerupuk kulit yang paling cocok dengan masyarakat Indonesia. Ya, Kerupuk kulit seringkali dimanfaatkan sebagai camilan dan juga teman makan. Rasa yang gurih dan juga renyah dapat meningkatkan selera makan dan juga dapat membuat segala jenis makanan menjadi lebih nikmat untuk disantap.

Selain itu beberapa produsen kerupuk kulit juga menambah bumbu tertentu pada kerupuk kulit dan mengemasnya ke dalam kemasan tertentu untuk dijual sebagai camilan. Camilan kerupuk kulit ini sangat diminati oleh anak-anak yang senang dengan jajanan semacam itu.

3. Mengobati rasa pedas

Apabila anda sedang makan sesuatu yang pedas dan anda kepedasan dan tidak kuat menahannya, daripada meminum air hingga merasa kembung, ada baiknya anda coba untuk mengkonsumsi kerupuk kulit ini. Kerupuk kulit memiliki kandungan minyak yang sangat tinggi.

Selain karena prosesnya yang digoreng dengan minyak, kerupuk kulit juga memiliki pori-pori yang besar, yang menyimpan minyak dalam jumlah banyak. Minyak merupakan salah satu zat yang dapat menetralisir rasa pedas yang dihasilkan oleh capcaisin pada cabai.

4. Bahan campuran makanan

Anda pernah makan sambal goreng krecek. yap, apa yang anda kenal dengan istilah krecek itu adalah kerupuk kulit. Ini merupakan salah satu pemanfaatan dari kerupuk kulit, yaitu sebagai bahan utama dalam pembuatan masakan nusantara, salah satunya adalah sambal goreng krecek.

5. Tinggi akan kandungan protein

Kerupuk kulit merupakan salah satu produk hewani. Salah satu kandungan gizi yang penting, yang ada pada makanan kerupuk kulit ini adalah kandungan proteinnya yang tinggi. Anda dapat memperoleh asupan protein dengan mengkonsumsi kerupuk kulit. Protein sendiri memiliki banyak sekali manfaaaat yang penting bagi kesehatan tubuh kita. Apa saja manfaat dari protein? Berikut ini adalah beberapa manfaat dari protein :

  • Baik untuk meningkatkan ketahanan tubuh
  • Baik untuk meningkatkan massa otot
  • Baik untuk pertumbuhan dan juga regenerasi sel-sel tubuh
  • Baik untuk meningkatkan pembentukan energi tubuh

6. Baik untuk kesehatan dan juga pertumbuhan tulang

Ya, ternyata kerupuk kulit juga dapat membantu menjaga kesehatan tulang, serta membantu proses pertumbuhan tulang. Hal ini disebabkan karena kerupuk kulit memiliki kandungan kalsium dan juga fosfor yang cukup tinggi. Hal ini sangat baik untuk kesehatan tulang anda, dan juga baik bagi remaja yang masih berada di dalam masa pertumbuhan.


Konsumsi Kerupuk Kulit yang Berlebihan

Meskipun ternyata kerupuk kulit memiliki manfaat yang cukup banyak dan juga baik untuk kesehatan kita, namun perlu diperhatikan jumlah konsumsi kerupuk kulit bagi tubuh kita. Kerupuk kulit, pada dasarnya sudah memiliki kandungan lemak yang tinggi, dan masih ditambah proses penggorengan. Hal ini menyebabkan kandungan lemak pada kerupuk kulit sangatlah tinggi, dan dapat menyebabkan obesitas, dan meningkatkan kadar kolesterol jahat di dalam tubuh.

Selain kandungan lemak, biasanya kerupuk kulit juga memiliiki kandungan MSG yang tinggi, terutama kerupuk kulit yang dikemas sebagai camilan. Penggunaan MSG dalam jumlah yan gberlebihan dapat berdampak buruk bagi kesehatan tubuh anda.


Jangan takut dengan Produk Kerupuk kulit

Ya, kerupuk kulit memang salah satu produk konsumsi yang lezat, meskipun memiliki kekurangan dan kelebihan. Satu lagi isu yang cukup mengganggu adalah pembuatan kerupuk kulit yang berasal dari kulit binatang yang akan dibuat bahan fashion seperti jaket. Hal ini ada baiknya jangan langsung dipercaya begitu saja, karena kulit yang diolah sebagai bahan konsumsi dan juga bahan dasar produk fashion memiliki teknik pengolahan sendiri, sehingga anda tidak perlu khawatir untuk mengkonsumsi kerupuk kulit, tapi batasi juga yang konsumsinya.


Jenis Kerupuk Lainnya

Kerupuk pada dasarnya terbuat dari tepung tapioka, yang dibentuk tipis, dijemur, lalu kemudian digoreng hingga kering dan garing. Saat ini, perkembangan jenis kerupuk di Indonesia sudah sangat beragam. Berbagai jenis kerupuk pun banyak bermunculan di pasaran.

Berikut ini adalah beberapa jenis kerupuk yang mudah ditemukan di pasaran :

  • Kerupuk kulit
  • Kerupuk Udang
  • Kerupuk Ikan
  • Kerupuk Tahu
  • Kerupuk Kuning
  • Kerupuk Mie
  • Dan masih banyak lagi jenis kerupuk yang beredar

Tentu saja hampir semua jenis kerupuk tersebut sangat digemari oleh kebanyakan masyarakat Indonesia.


,
Oleh :
Kategori : Makanan
Doctors Talks

Gigi berlubang bagian atas bisa menyebabkan Penyakit meningitis, Gigi berlubang bagian bawah bisa menyebabkan penyakit yang menyebabkan kematian mendadak, apa itu ? Simak penjelasan Drg. Albertus Andika berikut ini.