4 Manfaat Mata Berkedip Untuk Kesehatan

Mata merupakan salah satu organ indra manusia yang sangat penting. Mata membantu manusia sebagai indra pengelihatan. Berbagai aksesoris mata seperti kemampuan melihat objek, berdilatasi untu fokus, melirik, berkedip memiliki perannya masing – masing. Kedipan pada mata memiliki fungsi dan manfaatnya sendiri bagi kesehatan mata. Mata berkedip sebanyak 15.000 kali dalam sehari. Jumlah kedipan juga dapat dipengaruhi oleh usia. Reflek mata berkedip dikendalikan oleh saraf kranial ke-IIII yaitu saraf okulomotor. Kedipan mata berasal dari reflek spontan untuk mempertahankan suhu, kelembaban, dan kebersihan mata. Reflek berkedip juga disebabkan oleh rangsangan dari luar, seperti debu, dikagetkan, atau ada objek yang mendekat dengan cepat. Berikut manfaat – manfaat mata berkedip pada kesehatan mata :

baca juga :

  1. Melindungi mata

Respon reflek kedipan mata membantu menghindari masuknya partikel – partikel kecil seperti debu atau lainnya untuk masuk ke dalam mata. Partikel – partikel yang masuk dalam mata dapat menggores lapisan mata dan menyebabkan rasa perih dan mata merah. Keberadaan bulu mata juga berguna untuk menghindari jatuhnya keringat langsung pada bola mata dan mampu mendeteksi kotoran yang akan masuk ke mata sehingga timbullah reflek berkedip.

  1. Menjaga kelembaban mata

Dengan berkedip, mata akan melumasi lapang pandang mata dengan air mata. Hal tersebut memberi kelembaban pada mata. Mata yang kering, dapat merusak kornea mata sehingga kelembaban perlu dijaga.

  1. Mengontrol suhu pada mata

Proses beredip mampu menjaga suhu mata. Ketika seseorang terlalu lama menyetir atau berada di depan layar komputer, maka mata akan terasa panas dan kering. Rasa panas muncul kemudian jika kelembaban mata berkurang. Dalam kondisi tersebut, berkedip dapat menurunkan suhu pada mata Anda agar tidak sampai merusak retina. Beberapa orang menggunakan obat tetes mata untuk mempercepat melembabkan dan menurunkan suhu pada mata.

  1. Menjaga kebersihan mata

Berkedip juga berfungsi sebagai proses membersihkan mata. Pada orang yang kelilipan atau terdapat debu yang masuk ke mata, dengan berkedip beberapa kali, maka debu kotor akan terkumpul di ujung mata dan Anda bisa dengan mudah mengambilnya. Sepertihalnya ketika Anda bangun tidur dan mendapati kotoran mata yang banyak, hal itu dikarenakan saat Anda tertidur mata juga melakukan proses pembersihan diri dari paparan – paparan saat aktivitas.

baca juga :

Betapa banyaknya manfaat dari sebuah kedipan mata bagi kesehatan. Pastikan Anda minum air putih yang cukup dalam sehari – hari agar tubuh Anda tetap terhidrasi dengan cukup. Hidrasi yang cukup juga membantu melembabkan mata Anda. Mata yang kering, jika terus – terusan dapat mengganggu kerja dan fungsi mata. Hal tersebut dapat berpengaruh terhadap kemampuan melihat Anda. Jaga selalu mata Anda dan pahami fungsi – fungsi mata untuk tetap terjaga kesehatannya.