8 Manfaat Undur undur untuk Kesehatan

Undur-undur merupakan hewan yang tergolong kedalam jenis serangga. Undur-undur hewan yang hidup didalam tanah. Undur-undur mempunyai bentuk tubuh yang kecil terdiri dari kepala, badan, sayap serta kaki. Badan undur-undur berbentuk elips dengan ukuran sepuluh kali lipat lebih besar dari ukuran kepalanya. Undur-undur termasuk hewan yang mengalami metamorfosis sempurna. Setelah undur-undur dewasa, mereka akan berjalan maju dan akan bisa terbang seperti capung, tetapi saat kecil undur-undur berjalan mundur dan belum bisa terbang. Undur-undur termasuk ke dalam ordo neuroptera.

Undur-undur merupakan hewan yang mempunyai kandungan zat bermanfaat untuk kesehatan. Zat tersebut yaitu zat yang berupa sulfonylurea. Zat tersebut bermanfaat untuk manusia dalam melancarkan sistem kerja pankreas serta memproduksi zat insulin, kedua zat tersebut merupakan zat yang dibutuhkan oleh tubuh untuk meningkatkan kekebalan tubuh. zat insulin ini akan bekerja ketika zat insulin didalam tubuh mengalami penurunan dan zat glukosa dalam darah meningkat, maka tubuh manusia menjadi tidak seimbang sehingga rentan terhadap berbagai macam penyakit.

Dari kandungan yang terkandung didalam tubuh undur-undur maka hewan tersebut mempunyai beberapa manfaat untuk kesehatan, diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Mengobati penyakit diabetes

Di negara Tiongkok undur-undur telah digunakan sebagai bahan baku untuk pembuatan obat untuk mengobati penyakit diabetes dengan cara menjadikan undur-undur sebagai serbuk kemudian serbuk tersebut dimasukkan kedalam kapsul. Kandungan zat sulfonylurea yang terdapat dalam tubuh undur-undur akan bekerja melancarkan sstem kerja pankreas untuk memproduksi hormon insulin. Hormon insulin ini yang akan menyebabkan kadar gula didalam darah dapat menurun sehingga terhindar dari penyakit diabetes.

Alternatif untuk menurunkan kadar gula dalam darah lainnya :

2. Mengobati stroke

Unudr-undur telah terbukti cocok untuk mengobati penyakit stroke. Penyakit stroke merupakan penyakit yang terkenal susah diobati karena merupakan penyakit yang terjadi gangguan di otak yang disebabkan karena pecahnya pembuluh pada darah. Hal ini akan menimbulkan gejala kelumpuhan, gangguan emosional, hilangnya indra perasa, serta perubahan mental.

3. Mengobati rematik dan asam urat

Undur-undur mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh manusia sehingga manusia bisa terhindar dari penyakit rematik yaitu penyakit yang terjadi karena kondisi saat kekebalan tubuh yang sedang keliru menyerang jaringan sendi sehingga tubuh terasa ngilu, kaku, pegal dan terasa sakit.

4. Mengobati darah tinggi

Kandungan zat yang terkandung didalam undur-undur mampu mengurangi tekanan darah yang ada didalam tubuh manusia. Tekanan darah tinggi ini terjadi karena naiknya tensi darah yang melebihi batas normal.

5. Mengobati asma

Penyakit asma merupakan penyakit yang berhubungan dengan saluran pernapasan, yaitu gejalanya terasa sempit dan susah untuk bernapas. Asma terjadi karena terjadi pembengkakan pada paru-paru, otot dinding saluran pernapasan menyempit dan menghasilkan banyak lendir. Penyakit asma tidak dapat disembuhkan tetapi bisa dapat dikontrol. Undur-undur dapat membantu memperbaiki pengkakan yang terjadi pada paru-paru sehingga dapat mengurangi resiko terjadinya penyakit asma.

6. Mengobati sakit kuning

Penyakit kuning merupakan penyakit yang terjadi dibagian organ hati. Penyakit kuning terjadi karena penumpukan zat kuning di dalam bilirubin dalam darah dan jaringan tubuh. bilirubin ini dihasilkan dari sel darah merah yang terurai. Undur-undur dapat mengobati penyakit kuning dengan cara bekerja mencegah terurainya sel darah merah.

7. Menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah

Kolesterol didalam tubuh yang terlalu berlebihan akan membahayakan kesehatan tubuh. kolesterol didalam tubuh bersumber dari dua hal yaitu dari makanan dan dari hasil produksi hati. Manfaat undur-undur mampu bekerja mengurangi produksi zat lipid didalam hati sehingga dapat mengurangi kolesterol yang tinggi.

Solusi untuk menekan kolesterol jahat dalam darah lainya :

8. Melancarkan kerja pankreas

Undur-undur mempunyai zat sulfonyiurea yang dapat berfungsi melancarkan kinerja pankreas dalam memproduksi zat insulin.

Cara menggunakan undur-undur sebagai obat yaitu dengan mengkonsumsinya langsung dalam keadaan hidup serta jangan dicuci terlebih dahulu. undur-undur yang terkena air justru akan menghilangkan khasiat yang ada didalam undur-undur. Bulu undur-undur dapat menyembuhkan penyakit diabetes. Jika anda tidak bisa mengkonsumsinya secara langsung maka anda bisa memasukkan undur-undur kedalam kapsul seperti yang sudah dilakuakan di negara Cina.