Manfaat Timun untuk Mata Panda, Lelah dan Sembab

Buah timun disebut juga dengan nama mentimun yang memiliki nama latin cucumis sativus. Mentimun merupakan salah satu suku labu-labuan. Warna dari buah mentimun ini adalah hijau dan memiliki kandungan air yang tinggi. Mentimun bisa dimakan langsung dan juga bisa dijadikan sebagai sayuran dan lalapan. Air mentimun ini bersifat menyejukan dan menyegarkan. Yang unik dari mentimun ini adalah saat sudah bisa di panen tanaman ini akan perlahan mati. Jadi anda harus menanamnya kembali dari awal hingga dapat memanen kembali. Jadi panen buah mentimun ini hanya di lakukan sekali saja. Adapun kandungan yang terdapat pada buah mentimun ini adalah sebagai berikut :

  • Kalori buah mentimun ini ternyata memiliki kadar kalori yang sangat rendah serta bebas dari kolesterol. Buah mentimun juga kaya akan serat yang berfungsi untuk menyehatkan sistem pencernaan dalam tubuh.
  • Antioksidan berfungsi untuk melawan penuaan dini yang disebakan oleh radikal bebas yang teroksidasi di udara. Buah mentimun memiliki senyawa antioksidan ini.
  • Kalium dari buah mentimun berfungsi untuk menurunkan tekanan darah yang tinggi.
  • Vitamin k dalam buah mentimun adalah sebesar 147 mg kalium. Kalium berfungsi untuk memberikan kekuatan pada tulang.

Itulah beberapa kandungan di dalam buah mentimun yang memiliki banyak fungsi di bidang kesehatan, terutama untuk mata. Mata merupakan salah satu indera pada manusia yang berguna untuk melihat. Mata menjadikan anda dapat melihat dunia dan menambah wawasan tentang hal – hal baru. Karena itu penting untuk menjaga kesehatan mata dan mengistirahatkan mata saat kondisinya sudah lelah. Masalah yang menyerang mata sanat banyak sekali jadi pastikan anda memberi asupan dari makanan untuk kesehatan mata. Masalah pada mata misalnya anda memiliki kondisi mata yang lelah karena banyak kegiatan maka cobalah menggunakan mentimun. Karena timun juga memiliki khasiat yang baik bagi mata anda. Sebenarnya banyak pengobatan yang dapat dilakukan untuk tetap menjaga kesehatan mata. Namun beberapa orang lebih tertarik untuk menggunakan bahan alai seperti mentimun untuk mata.

Artikel terkait :

Berikut ini ulasan mengenai manfaat timun untuk mengatasi masalah yang terdapat pada mata yaitu :

1. Mata panda

Memiliki lingkar hitam di sekitar mata tentu sangat membuat anda tidak percaya diri. Kadang lingkaran hitam ini disebut juga dengan mata panda. Penyebab dari lingkaran hitam pada mata adalah kurangnya istirahat pada malam hari. Jika anda sering begadang dan kurang untuk beristirahat kondisi ini akan memperburuk penampilan anda dan juga kesehatan anda. Namun jangan khawatir karena sudah ada bahan alami yang mampu menyamarkan lingkaran hitam sekitar mata. Gunakan buah mentimun yang masih segar atau jika bisa letakkan di kulkas sebelum digunakana. Kemudian iris tipis buah mentimun dan tempelkan pada mata anda. Biarkan selama 30 menit baru kemudian di lepaskan. Lakukan secara rutin pada malam hari maka perlahan – lahan lingkaran hitam pada mata akan tersamarkan.

2. Mata lelah

Mata lelah banyak di derita oleh para pekerja kantoran yang lebih banyak menggunakan dan menatap layar komputer untuk menyelesaikan setumpuk tugasnya. Rata – rata pekerja kantoran memandang layar komputer selama 7 jam. Kondisi ini kadang membuat mata menjadi lelah. Cobalah gunakan irisan dari buah mentimun untuk menyegarkan kembali mata anda untuk kemudian lanjutkan dengan tidur untuk mengistirahatkan mata anda. Baiknya di gunakan pada malam hari sekaligus langsung untuk beristirahat.

3. Mata sembab

Pada pagi hari saat bangun tidur anda becermin dan langsung mendapati mata sembab pernah ? Mata sembab bisa disebakan karena hewan yang menggigit mata saat tidur dan bisa juga karena anda menangis pada malam harinya. Namun jangan khawatir karena mata sembab bisa dikurangi bengkaknya dengan menempelkan irisan dari buah mentimun untuk mata sebelum anda berangkat pergi bekerja.

Itulah beberapa ulasan mengenai fungsi timun untuk mata yang dapat membantu anda menyegarkan kembali kondisi mata setelah seharian beraktifitas.

Cara Membuat Irisan Timun untuk Mata

Dalam membuat irisan mentimun untuk mata perlu diperhatikan tentang kebersihan dari buah mentimun itu sendiri. Namun jika anda ingin cara yang praktis anda dapat menggunakan gel dari mentimun yang banyak di gunakan pada apotik yang sudah pasti aman dan praktis. Berikut ini cara membuat irisan timun untu mata :

  • Sediakan satu timun untuk di iris yang masih segar, perlu anda ketahui satu timun dapat digunakan beberapa kali karena akan menghasilkan irisan yang banyak sedangkan untuk pemakaian yang diperlukan hanya 2 buah pada mata.
  • Cuci terlebih dahulu hingga bersih pada air yang mengalir.
  • Gunakan juga teh seduhan yang digunakan satu hari sebelumnya untuk mempercepat proses penyegaran pada mata. Ini karena teh tersebut juga bermanfaat untuk mengatasi masalah pada mata.
  • Iris buah mentimun kemudian tempelkan pada mata selama 15 menit.
  • Baru kemudian lepaskan tempelan irisan timun tersebut dari mata.

Yang perlu anda perhatikan adalah timun juga memiliki kandungan getah jadi pastikan getah dari buah timun ini sudah tidak ada lagi sebelum di tempelkan pada mata.

Manfaat Timun untuk Kesehatan Lainnya

Mentimun juga memiliki manfaat untuk kesehatan pada tubuh diantaranya adalah sebagai berikut :

1.Sistem pencernaan

Kandungan yang dimiliki mentimun kaya akan serat yang berfungsi untuk melancarkan sistem pencernaan sehingga terhindar dari sembelit. Penyebab sembelit bisa dikarenakan tubuh yang kekurangan cairan sehingga banyak yang terserap untuk digunakan pada organ lainnya. Oleh sebab itu banyak yang menjadikan mentimun sebagai lalapan dan juga sayur untuk mencukupi nutrisi pada tubuh akan serat.

Artikel terkait :

2. Tekanan darah tinggi

Tekanan darah tinggi perlu diperhatikan karena bisa berakibat fatal jika dibiarkan terus menerus hingga menyebabkan komplikasi. Tekanan darah pada umumnya banyak disebabkan karena kondisi mental penderita. Riwayat tekanan darah tinggi umum di alami oleh orang yang suka marah dan juga pola hidup yang tidak sehat. Terlalu banyak mengonsumsi makanan yang kaya akan kolesterol dapat meningkatkan resiko ini pada tubuh. Beberap buah dapat menurunkan tekanan darah tinggi kembali menjadi normal yaitu buah mentimun. Caranyapun cukup mudah hanya mengkonsumsi mentimun sebagai pelengkap makanan anda.

Artikel terkait :

3. Paru – paru

Selanjutnya manfaat dari buah mentimun adalah untuk mengobati penyakit pparu – paru. Paru – paru merupakan organ yang berfungsi untuk melakukan penukaran sistem pernafasan pada oksigen dan karbon dioksida. Paru – paru dapat sakit karena beberapa kebiasan buruk seperti suka merokok dan minum alkohol. Beberapa virus dan bakteri juga dapat menyerang paru – paru seperti penyakit tubercolosis. Untuk mencegah penyakit paru ada baiknya anda menghindari pola hidup yang tidak sehat dan memperhatikan kebersihan dari lingkungan untuk menghindari serangan virus. Beberap penyakt paru juga dikenal dengan paru – paru basah. Paru – paru basah disebabkan karena sering mandi pada malam hari. Oleh sebab itu banyak orang tua yang melarang anaknya untuk mandi saat malam hari karena memang tidak baik untuk kesehatan tubuh anda dalam jangka waktu yang panjang.

Artikel terkait :

4. Kolesterol

Kolesterol merupakan lemak yang terdapat menempel pada dinding pembuluh darah sehinga menyebabkan aliran darah keseluruh tubuh tidak lancar. Penyebab endapan kolesterol pada tubuh adalah karena timbunan lemak yang banyak pada tubuh. Lemak memang diperlukan bagi tubuh untuk melindungi organ – organ penting. Namun jika dalam jumlah yang berlebih tentu tidak sehat. Salah satu cara untuk menghindari lemak pada tubuh adalah membatasi asupan makanan yang mengandung lemak tinggi. kemudian juga lakukanlah olahraga ringan untuk melancarkan sistem metabolisme dari dalam tubuh anda. Nah mentimun dapat juga dijadikan selingan untuk menurunkan kolesterol pada tubuh anda.

Artikel terkait :

Itulah beberapa manfaat dari mentimun yang dapat digunakan untuk mengatasi masalah penyakit di bidang kesehatan. Ingatlah selalu bahwa mencegah lebih baik dari pada mengobati.