Manfaat Daun Sirih Untuk Mata Minus (Myopia)

Mata merupakan salah satu panca indera yang berfungsi untuk melihat. Karena matalah kita bisa melihat orang yang kita cintai setiap harinya, alam yang indah dan juga aneka warna serta fenomena yang terjadi di dunia ini. namun seiring perkembangan zaman, kesehatan mata pun semakin terancam. Mengapa bisa demikian? Ya misalnya saja saat ini sudah banyak teknologi seperti komputer dan handphone yang memiliki radiasi cukup berbahaya bagi mata sehingga jika mata terlalu sering menatap layarnya akan membuat mata sakit.

artikel terkait:

Permasalahan kesehatan pada mata saat ini juga semakin berkembang seperti rabun jauh, rabun dekat, mata minus, silinder dan lainnya. jika terjadi permasalahan pada mata terutama karena sudah susah untuk melihat objek dalam jarak cukup jauh biasanya banyak orang yang mengandalkan kaca mata saja. padahal penggunaan kacamata ini juga tidak baik karena disinyalir mampu meningkatkan masalah pada mata ini. Oleh karena itu sebaiknya menggunakan cara alami saja untuk bisa mengatasi masalah pada mata ini.

Gejala mata minus atau miopi

Salah satu permasalahan pada mata yang sering dialami oleh orang saat ini adalah mata  minus atau myopia. Miopia atau mata minus adalah kondisi mata dimana sudah tidak mampu atau remang dalam melihat objek yang berada di jarak jauh namun masih cukup mampu melihat objek dalam jarak dekat tergantung dari tingkat keparahan masalah mata minus itu sendiri.

Kata myopia sendiri diambil dari bahasa yunani dimana artinya adalah “menyipitkan mata” hal ini disebabkan karena para penderita myopia biasanya selalu menyipitkan matanya ketika mereka susah melihat objek yang dilihatnya. Penyebab mata minus atau myopia ini bermacam-macam ada yang disebabkan karena keturunan namun ada juga yang karena faktor kebiasaan. Biasanya faktor kebiasaan inilah yang paling banyak menjadi penyebab mata minus. Para penderita myopia diharapkan untuk memeriksakan matanya minimal 6 bulan sekali.

  • Pusing

Gejala dari mata minus atau myopia yang biasanya dirasakan adalah rasa pusing atau sakit kepala saat susah melihat suatu objek tertentu. Hal ini disebabkan karena mata minus memiliki sumbu mata yang lebih cembung dari normal sehingga bayangan objek tidak bisa jatuh dengan sempurna di dalam retina mata dan hal ini biasanya sangat mengkhawatirkan penderitanya terutama saat mereka berkendara.

artikel terkait: manfaat daun sirih untuk wajah

  • Air mata berlebihan

Selain itu gejala lain yang muncul dari mata minus ini adalah penderitanya akan lebih mudah mengeluarkan air mata bahkan jika tidak ada penyebab yang pasti. Produksi air mata di mata minus memang lebih banyak dan kurang terkendali karena otot mata tidak berfungsi dengan baik. mereka juga biasanya akan mengalami rasa lelah berlebihan di mata.

artikel terkait: manfaat kapur sirih

Manfaat daun sirih untuk mata minus atau myopia

Setelah membahas mengenai masalah mata minus atau myopia kemudian marilah kita pelajari bagaimana cara terbaik untuk mengatasinya. Cara terbaik yang bisa anda lakukan pertama kali dan harus dilakukan adalah berkonsultasi dengan dokter spesialis mata. Hal ini ditujukan untuk memastikan bahwa anda memang terkena mata minus atau myopia bukan penyakit lainnya.

Diagnosa yang tepat ini sangatlah penting karena untuk bisa melihat sudah sejauh mana tingkat keparahan mata minus terjadi dan kemudian baru bisa ditentukan pengobatan yang terbaik untuk anda. Untuk pertama kali dokter mungkin menyarankan anda untuk menggunakan alat bantu kaca mata namun jika anda membutuhkannya saja. jika dirasa anda saat ini masih bisa cukup melihat objek jelas maka tidak menggunakan kacamata pun tidak apa-apa.

artikel terkait: manfaat daun sirih bagi wanitamanfaat rebusan daun sirih

Kemudian setelah anda mengetahui mata minus yang anda derita, selain tetap menaati apa yang dikatakan oleh dokter, anda juga bisa mengambil pengobatan alternatif yaitu pengobatan herbal. Salah satu tumbuhan yang mampu membantu mengatasi mata minus adalah dengan menggunakan daun sirih. Ya, daun sirih memang sudah terkenal khasiatnya untuk mengatasi gangguan kesehatan dan juga baik untuk kesehatan mata.

Berikut ini adalah cara membuat ramuan dari daun sirih untuk mengatasi mata minus atau myopia.

  • Alat dan bahan

Hal yang pertama harus anda persiapkan adalah alat dan bahan, diantaranya adalah 2 lembar daun sirih, air, dan 4 plester atau anda mungkin mengenalnya dengan handsaplas.

  • Cara membuat

Cara membuat ramuan herbal dari daun sirih untuk mengatasi mata minus atau myopia ini sangatlah mudah dan hanya membutuhkan waktu sebentar saja. pertama anda harus mencuci daun sirih sampai bersih kemudian tempelkan daun sirih tadi di kedua mata dengan merekatkannya menggunakan plester.

Sebenarnya tanpa menggunakan plester pun bisa saja namun dikhawatirkan daun sirih akan lari kemana-mana dan tidak menutupi mata anda. Hal ini tentunya tidak baik karena membuat pengobatan menjadi tidak maksimal karena harus menempelkannya di mata paling tidak semalan saat anda mau tidur hingga bangun lagi. jadi bagaimana sangat mudah bukan menggunakan ramuan ini?

artikel terkait : manfaat sirih

Peringatan menggunakan daun sirih untuk mata minus

Saat ini terjadi perdebatan apakah memang baik menggunakan daun sirih sebagai pengobatan aLternatif herbal untuk mengatasi mata minus ataukah tidak. perbedaan pendapat ini disebabkan karena ada beberapa orang yang justru semakin parah gangguan pada matanya saat menggunakan daun sirih.

Jadi sebenarnya menggunakan daun sirih untuk mengatasi mata minus atau myopia itu tidak berbahaya asalkan digunakan denga cara yang benar. ada beberapa kasus yang menggunakan daun sirih ditumbuk dan kemudian ditempelkan di mata, itu jelas kasus yang tidak baik dan tidak boleh dicontoh. Hal ini dikarenakan jika daun sirih ditumbuk maka air dan getah dari daun sirih pun akan ikut keluar dan akhirnya justru membuat mata iritasi. Hal ini sangat tidak disarankan.

Menggunakan daun sirih untuk mengatasi mata minus juga tidak disarankan jika kondisi daun sirih tidak bersih alias masih banyak kotoran di permukaan daunnya. Anda bayangkan saja bisa jadi debu, kotoran, kuman bahkan bakteri bisa masuk ke dalam mata anda bukan? Tentunya ini tidak baik. nah, jadi mulai saat ini anda bijaksanalah dalam menggunakan daun sirih untuk mata dan jangan sampai menggunakan informasi yang tidak benar untuk menggunakannya. Jika anda saat ini masih ragu untuk menggunakan daun sirih pada pengobatan mata minus anda, maka sebaiknya lakukan konsultasi dengan dokter saja untuk lebih bisa meyakinkan apakah anda memang baik menggunakan pengobatan herbal daun sirih atau tidak.

artikel terkait: manfaat daun kemangi untuk wanita

Jaga kesehatan mata

Menjaga kesehatan mata adalah hal penting yang harus dilakukan oleh semua orang di dunia ini. hal ini dikarenakan mata adalah organ yang sangat penting bagi kita semua dan kita harus menjaga anugerah tersebut. Bagaimana cara menjaga kesehatan mata? Simak berikut ini:

  • Makan makanan bergizi

Hal pertama yang harus dilakukan untuk mendapatkan mata sehat adalah dengan mengonsumsi makanan yang bergizi dan yang baik untuk mata. Makanlah makanan yang mengandung vitamin A dan betakaroten tinggi. makanan ini biasanya ditandai dengan warna merah atau orange seperti wortel, tomat, cabai, paprika merah, dan lainnya. jangan lupa juga untuk imbangi dengan minum air putih secukupnya supaya lebih sehat.

  • Hindari aktivitas buruk untuk mata

Jika anda membaca buku atau menatap layar monitor sebaiknya pasang jarak aman yaitu sepanjang 10 hingga 20 cm. jangan terlalu dekat karena mata anda akan terkena radiasi sehingga menjadi kering dan susah digerakan. Anda juga harus membatasi waktu aktivitas menatap layar monitor supaya mata anda bisa beristirahat.

  • Olahraga

Mungkin bagi anda tidak ada kaitannya antara mata dan olahraga. Namun sebenarnya olahraga akan membuat sel dan otot tubuh menjadi lebih kuat dan bersinergi satu sama lain salah satunya adalah sel dan otot mata. Jadi, jangan malas olahraga ya.

artikel terkait: manfaat daun pepaya muda

Demikian informasi mengenai manfaat daun sirih untuk mengatasi mata minus atau myopia. Semoga bermanfaat bagi anda semuanya yang membaca dan terima kasih.

, , ,
Oleh :
Kategori : Herbal