30 Manfaat Markisa Ungu untuk Kesehatan dan Kecantikan

Buah markisa merupakan salah satu buah yang memang tumbuh banyak di daerah-daerah tropis dan sub tropis. Buah markisa banyak disukai tidak hanya dikarenakan rasanya yang enak saja, melainkan karena banyak sekali manfaat yang bisa didapatkan dari buah markisa. Di Indonesia, terdapat dua jenis buah markisa yaitu markisa kuning dan markisa ungu. Markisa kuning banyak ditemukan di daerah dataran rendah sedangkan untuk markisa ungu banyak ditemukan di dataran tinggi. Namun kali ini akan dibahas lebih lanjut mengenai markisa ungu. (baca juga: Manfaat Tanah Kapur)

Markisa ungu memiliki rasa buah yang tidak terlalu manis dan lebih cenderung ke masam. Akan tetapi buah ini tetap banyak digemari dan diolah menjadi beragam olahan-olahan makanan dan minuman. Namun siapa sangka buah ini ternyata juga memiliki manfaat lainnya yang baik untuk pengobatan dan kesehatan. Banyak sekali kandungan zat-zat penting di dalam buah markisa ungu yang  baik untuk kesehatan tubuh seperti riboflavin, fitokimia, asam sitrat, asam askorbat, niasin, krisin, karoten, kalsium, zat besi, mineral, lemak, fosfor, dan masih banyak lainnya. Dan berikut ini beberapa manfaat buah markisa ungu untuk kesehatan dan pengobatan. (baca juga: Manfaat Bengkoang Untuk Gigi)

1. Anti Kanker

Buah markisa ungu dipercaya kemampuannya sebagai anti kanker yang dapat melindungi sel-sel tubuh anda dari bahaya kanker yang menyerang. Buah markisa ungu mampu merasuk ke dalam tubuh beserta seluruh kandungan vitamin dan mineralnya.

2. Meredakan Asma

Markisa ungu juga dipercaya mampu meredakan asma. Bagi anda penderita asma, dengan mengkonsumsi buah markisa ungu secara rutin mampu membantu pernapasan anda menjadi lebih rileks ketika gejala-gejala asma mulai datang.

3. Mengontrol tekanan darah tinggi

Manfaat lain dari buah markisa adalah untuk mengontrol tekanan darah terutama bagi anda penderita hipertensi (darah tinggi). Dengan mengkonsumsi buah markisa ungu secara rutin, maka dapat membuat tekanan darah anda menjadi lebih stabil.

baca juga:

4. Melancarkan pencernaan

Bagi anda yang sering mengalami susah buang air besar, anda dapat mencoba mengkonsumsi buah markisa ungu secara rutin. Kandungan serat yang cukup tinggi di dalam buah nya mampu membantu melancarkan pencernaan anda.

5. Mengatasi Sariawan

Kandungan vitamin C pada buah markisa ungu cukup banyak sehingga dapat membantu mencegah dan mengatasi penyakit sariawan yang menyerang rongga mulut anda. Sariawan bisa saja menyerang anda kapanpun dikarenakan tubuh anda kekurangan vitamin C, sehingga akan lebih baik jika anda rutin mengkonsumsi buah-buahan yang banyak mengandung vitamin C  salah satunya yaitu buah markisa ungu.

6. Membantu Diet

Bagi anda yang ingin menurunkan dan membentuk badan ideal, anda bisa mencoba untuk memasukkan buah markisa ungu ke dalam menu makanan sehari-hari. Memilih buah markisa ungu dapat membuat diet anda akan sukses.  Kandungan gizi di dalam buah markisa ungu sangat tinggi namun tidak akan meningkatkan kadar kolestrol di dalam tubuh anda.


7. Mencegah Penuaaan

Selain dapat bermanfaat bagi pengobatan dan kesehatan tubuh, buah markisa ungu juga sangat berkhasiat dalam bidang kecantikan salah satunya yaitu memapu mencegah penuaan dini pada tubuh anda. Hal ini dikarenakan kandungan vitamin C yang cukup tinggi yang mampu menjadi antioksidan alami bagi tubuh. Zat antioksidan sendiri mampu melindung tubuh dari efek radikal bebas sehingga mampu memperlambat penuaan dini yang terjadi. Selain itu, kandungan vitamin C nya juga berkhasiat membantu pembentukan kolagen sehingga membuat kulit menjadi lebih awet muda dan kencang. (baca juga: Manfaat Ketan Merah)

8. Mengatasi Iritasi Kulit

Buah markisa ungu juga dipercaya mampu untuk mengatasi iritasi yang terjadi pada kulit. Iritasi biasanya disebabkan karena adanya bakter-bakteri yang berkembang di kulit mapun alergi pada suatu hal tertentu. Buah markisa cocok digunakan untuk mengatasi iritasi kulit karena memiliki sifat anti inflamasi yang bisa meredakan gejala iritasi ringan hingga berat.

Baca juga:

, , ,
Post Date: Thursday 09th, March 2017 / 03:57 Oleh :
Kategori : Buah Buahan