10 Manfaat Tanah Latosol Dalam Kehidupan

Kita ketahui bahwa tanah sangat bermanfaat bagi kehidupan sehari-hari, banyak sekali manfaat tanah yang bisa diambil dan dimanfaatkan, namun hal ini tentu tergantung pada pemanfaatanya dalam kehidupan. Jika seorang dapat memanfaatkan dengan baik, maka tanah tidak akan sia-sia adanya. Manfaaat utama tanah memang sebagai penompang hidup di bumi, dengan adanya tanah, maka kaki dapat berpijak, namun manfaat tanah yang lain pun masih banyak. Namun pada kesempatan kali ini akan lebih banyak membahas mengenai pengertian, dan manfaat serta hal-hal lain yang berkaitan dengan tanah latosol. Tanah latosol memang merupakan salah satu jenis tanah yang juga memiliki kaya manfaat, manfaat tanah latosol tidak kalah dengan manfaat tanah yang lainnya. Untuk itu simak keterangan berikut ini.

Tanah Latosol

Tanah latosol merupakan salah satu jenis tanah yang terjadi karena adanya batuan batuan beku yang berasal dari gunung berapi selain dari gunugn berapi tanah inipun terjadi karena adanya sedimen yang cukup keras yang mengalami proses pelapukan, yaitu proses pelapukan kimia yang terjadi dengan adanya organisme hidup sebagai bahan untuk membantu merancang pelapukan batuan sedimen tersebut. tanah latosol ini biasa disebut dengan tanah muda, karena tanah ini masih memiliki umur yang memang cukup muda. Tanah latosol pun belum mengalami perkembangan, tanah ini masih sama dengan yang sebelumnya, karena pelapukan pada tanah latosol ini pun belum lama terjadi, sehingga perkembangan pada tanah latosol sangat sedikit.

Manfaat tanah latosol

Meskipun merupakan tanah yang masih muda, tanah latosol memiliki manfaat-manfaat yang baik untuk tumbuhan dan untuk kehidupan sehari-hari. Adapun beberapa manfaat tanah latosol meliputi:

  1. Untuk menanam rumput-rumputan

Tanah latosol sangat baik untuk ditanami rumput-rumputan karena jenis tanaman ini adalah salah satu tanaman yang tidak terlalu membutuhakn banyak bahan-bahan organik, sehingga tanaman ini akan lebih baik ditanam pada tanah latosol ini. Tanah latosol memang merupakan tanah yang kurang subur, namun jenis tanaman ini tetap saja cocok karena rumput bukanlah tanaman yang harus ditanam pada tanah yang subur.

baca : manfaat rumput teki

  1. Untuk menanam jagung

Selain rumput, tanah muda ini juga memiliki manfaat untuk menanam tanaman sejenis tanaman palawija. Karena dengan kandungan tanah yang ada di tanah latosol ini akan membantu pada proses tumbuhnya tanaman jagung. Selain itu tanah latosol ini dapat ditanami tanaman palawija lain selain dari jagung.

baca : manfaat jagung

  1. Untuk membudidayakan bungga edelweiss

Latosol memiliki kandungan yang cocok untuk ditanami bunga-bunga seperti bunga edelweiss, karena jenis kandungan pada tanah ini sudah mencukupi kebutuhan bungan edelweiss untuk hidup.

  1. Menyuburkan tanah

Meskipun bukan termasuk tanah yang subur, tetapi jenis tanah ini merupakan tanah yang cukup subur sehingga cukup baik jika digunakan untuk menanam beberapa jenis tanaman seperti yang telah dijelaskan di atas tadi.

baca : manfaat tanah

  1. Untuk mendirikan bangunan

Tanah ini merupakan salah satu jenis tanah yang memiliki kekuatan yang baik, sehingga jenis tanah in tentu cocok jika digunakan sebagai alas untuk mendirikan bangunan, selain itu alas yang kokoh akan membantu mempermudah dalam pembuatan bangunan sehingga bagunan yang berdiri pun menjadi kokoh. Bangungan yang kokoh tentu akan menjadi bagunan yang baik. baik itu untuk keselamatan penghuni ataupun untuk kebaikan dan keutuhan bagunan itu.

  1. Untuk menanam tembakau

Tembakau biasa ditanam di daerah pesisir, namun ternyata tidak hanya di daerah pesisir saja yang dapat di tanami tembakau. Tetapi dimanapun ada tanah latosol ini akan membantu tembakau untuk tetap tumbuh dengan baik.

baca : manfaat tembakau

  1. Untuk menanam tebu

Selain tembakau manfaat lain dari tanah latosol adalah bahwa tanah latosol pun baik digunakan untuk menanamn tanaman seperti tebu, karena tanaman tebu ini dapat tumbuh di tanah yang kesuburannya kecil seperti tanah latosol ini.

baca : manfaat tebu

  1. Untuk menanam coklat

Tidak hanya tanaman tebu saja yang dapat tumbuh di tanah latosol, tanaman lain yang dapat tumbuh di tanah latosol diantaranya adalah tanaman coklat, tanaman coklat sangatlah memiliki manfaat yang baik bahkan dapat dijadikan sebagai makanan yang enak dan lezat, untuk itu ketika ada tanah latosol tidak akan salah bila ditanami tanaman coklat pula.

  1. Untuk menanam vanili

Tanah ini juga memiliki manfaat dapat dijadikan lading untuk menanam tanaman seperti vanili dan sejenisnya.

  1. Untuk menanam pala

Selain vanili, tanaman ini juga dapat digunakan untuk menanam pala. Tanaman pala tidak terlalu membutuhkan tanah yang subur, sehingga dengan tanah latosol ini pun tanaman pala dapat tumbuh dengan baik.

Itulah sepuluh manfaat dari tanah latosol, memang kebanyakan tanah latosol ini memiliki manfaat untuk menanam tanaman. Meski tanah ini dikatakan tanah yang muda namun tanah ini masih memiliki manfaat yang banyak untuk kehidupan terutama yang berkaitan dengan cocok tanam, untuk itu memilih tanah yang cocok untuk kehidupan dan untuk bercocok tanam pun memerlukan pengetahuan yang baik agar tumbuhan yang dihasilkan pun membuahkan hasil yang baik.