7 Manfaat Ketan Merah Bagi Kesehatan Tubuh

Ketan merupakan salah satu jenis padi-padian yang karakteristik bentuknya hampir sama dengan beras hanya saja ketan memiliki bentuk yang lebih berisi dan berbeda varietas dari padi beras. Masyarakat umumnya mengetahui jenis ketan yang ada yaitu ketan hitam dan ketan putih yang biasanya juga disebut beras ketan akan tetapi ada satu jenis yang merupakan ketan merah.

Ketan Merah sendiri merupakan jenis ketan yang memiliki warna merah khas yang serupa dengan beras merah hanya saja ukuran dan bentuk bulir sama seperti bentuk beras ketan pada umunya yaitu lebih berisi dari bulir padi. Ketan merah memiliki banyak manfaat bagi tubuh dan manfaat sebagai pelengkap sajian makanan. Ketan bisa dimasak dengan cara ditanak menggunakan panci maupun dengan rice cooker dengan aturan penambahan air yang benar agar ketan matang dengan baik.

Jenis sajian berbahan dasar ketan memiliki banyak macam serta memiliki daya tarik sebagai makanan nusantara. Ketan merah bisa dimasak menjadi bubur seperti bubur dari ketan hitam. Selain itu Ketan merah yang memiliki karakteristik warna merah yang khas bisa dijadikan bahan masakah berbahan warna merah alami.

Manfaat Ketan Merah Bagi Tubuh

1. Memberikan tingkat kekenyangan yang lebih cepat

Memakan ketan dirasa lebih cepat kenyang meskipun hanya memakan sedikit ketan saja. Menu bagi kebanyakan orang yang merencanakan program diet yaitu makan makanan dengan porsi sedikit tetapi memberikan rasa kenyang yang cukup sehingga ketan merah juga bisa digunakan untuk menu diet.

2. Kemampuan kelengketan saat dimasak

Kelengketan pada hasil masakan ketan menjadi dasar permbeda antara nasi dan ketan. Ketan pada umumnya akan memiliki tekstur lebih lengket dan liat setelah proses pemasakan sehingga bahan ketan cocok untuk bahan pembuatan kue. Selain itu kue tradisional yang mengguanakan ketan memiliki cita rasa tersendiri yang dihasilkan oleh proses pemasakan yang membentuk karakteristik cita rasa ketan, ditambah lagi jika yang digunakan adalah jenis ketan merah sehingga kue yang dihasilkan memiliki warna merah alami tanpa tambahan pewarna. contoh kue berbahan dasar ketan yaitu lemper, wajik, klepon (terbuat dari tepung ketan).

3. Menjadi sumber energi alternatif selain nasi

Kemampuan memberi rasa kenyang yang relatif cepat mengindikasikan bahwa ketan dapat menjadi sumber energi alternatif yang berupa makanan untuk dikonsumsi selain nasi. Ketan merah dapat ditanak seperti biasa denan tambahan parutan kelapa saat disajikan bisa menjadi menu sarapan yang cukup mengenyangkan. selain itu bisa dijadikan bubur seperti ketan hitam.

baca juga baik untuk sumber energi : manfaat beras merahManfaat nasi

4. Memiliki kandungan antioksidan

ketan merah juga memiliki manfaat yaitu memiliki kandungan antioksidan disetiap bulirnya. Manfaat antioksidan sendiri bisa dihasilkan dari berbagai macam bahan makanan. Kandungan antioksidan pada ketan bisa digunakan untuk menangkal zat radikal yang masuk ke dalam tubuh. Kandungan antioksidan juga dapat membantu dalam meningkatkan daya tahan tubuh terhadap gangguan kesehatan karena sifat antioksidan sebagai penangkal radikan bebas.

artikel terkait sumber antioksidan : manfaat bawang putihmanfaat vitamin C manfaat kacang panjang – manfaat belimbing

5. Memiliki kandungan serat yang cukup tinggi

ketan merah memiliki tingkatan serat yang cukup tinggi sehingga dapat disarankan pada orang yang memiliki tujuan mendapatkan makanan tinggi serat yang sehat alami. Kandungan serat yang tinggi dapat mempermudah pencernaan dalam mencerna makanan berbahan dasar ketan sehingga bisa menurunkan resiko sembelit.


6. Membantu untuk mengatur nafsu makan

nafsu makan bisa menjadi tidak terkontrol ketika perut selalu merasa lapar sehingga beras ketan merah bisa dikonsumsi secukupnya untuk menahan nafsu lapar yang berkaitan dengan manfaat ketan pada umumnya yang dapat menghasilkan rasa kenyang dengan cepat dan relatif bertahan lama.

7. Membantu menjaga proses metabolisme secara signifikan

proses metabolisme tubuh manusia sebaiknya tidak mengalami gangguan yang bisa mengakibatkan seorang mengalami penyakit yang tidak diinginkan. Beras ketan merah yang juga memiliki zat anti oksidan bisa membantu menjaga proses metabolisme tubuh.

baik juga untuk metabolisme tubuh : manfaat sodium

Ketan merah tidak kalah dari manfaat ketan hitam maupun manfaat beras ketan putih. Walaupun harga beras ketan dirasa agak cukup mahal dibandingkan dengan beras (nasi) ketan memiliki daya tarik dari segi manfaat yang tidak bisa dianggap remeh. Selain itu ketan memiliki cita rasa yang khas untuk dijadikan sebagai bahan makanan berupa jajanan yang memiliki karakteristik lengket.

, ,
Post Date: Wednesday 08th, March 2017 / 03:20 Oleh :
Kategori : Makanan