Manfaat Odol Untuk Bibir Hitam

Kondisi bibir seseorang terkadang memang memiliki pengaruh terhadap penampilannya. Yang mana, kondisi bibir yang merah merona biasanya lebih terkesan menarik daripada bibir yang gelap atau hitam. Apalagi bila pemilik bibir merah merona tersebut memiliki kulit yang putih dan bersinar. Sayangnya memang jarang orang-orang yang terlahir dengan bibir merah merona alami. Kebanyakan orang memang terbantu dan termanjakan dengan berbagai aneka lipstick yang dapat membantu bibir sehingga terlihat merah merona. Namun memang ada faktor yang menyebabkan bibir menjadi gelap dan kering, seperti sinar matahari, kurang minum air putih, dan kebiasaan merokok. Ketahuilah bahwa rokok juga memiliki pengaruh tersendiri dalam menjadikan bibir hitam dan gelap.

Pada zaman sekarang ini mencerahkan bibir dengan bantuan lipstick memang menjadi cara terpopuler dan praktis yang dilakukan banyak orang, terutama wanita. Bahkan sudah ada lipstick yang sedikit tahan dengan air sehingga efeknya di bibir pun menjadi lebih lama. Tetapi sebenarnya para pemakai lipstick untuk mencerahkan bibirnya tentu tetap memiliki keinginan untuk mencerahkan bibirnya secara alami. Salah satu caranya ialah dengan menggunakan odol atau pasta gigi.

Pasta gigi yang selama ini mungkin hanya diketahui sebagai bahan untuk membersihkan dan menjaga kesehatan gigi dari kuman dan bakteri, serta menjadikan mulut terasa segar ternyata juga memiliki manfaat lainnya. Adapun manfaat lain tersebut ialah dapat digunakan untuk membuat bibir menjadi cerah dan merah merona secara alami.

Penyebab Warna Bibir Berubah

Bibir sejatinya hampir sama dengan kulit pada wajah dan juga tubuh, yaitu terdapat sel-sel kulit mati di dalamnya. Sel-sel kulit mati inilah yang nantinya akan menyebabkan warna bibir berubah hingga lama-lama menjadi gelap dan hitam. Salah satu penyebab lain yanv menjadikan bibir gelap dan hitam ialah bibir yang sering kali mengalami kekeringan karena kekurangan cairan atau dehidrasi dalam tubuh akibat kurang mengkonsumi air putih dan terkena paparan cahaya matahari secara langsung.

Kandungan Odol yang Dapat Mencerahkan dan Memerahkan Bibir

Sebagaimana telah disebutkan bahwa pasta gigi juga memiliki manfaat lainnya selain untuk membersihkan gigi, yaitu mencerahkan dan menjadikan bibir merah merona. Dalam penggunaan manfaat odol untuk bibir ini, maka pilihlah pasta gigi yang tidak memiliki kandungan deterjen di dalamnya. Selain itu, pilihlah juga pasta gigi yang berwarna putih, bukan pasta gigi yang berbentuk gel.

Pemakaian pasta gigi tanpa kandungan deterjen akan sangat baik untuk membuat bibir menjadi cerah dan berwarna merah merona. Hal ini dikarenakan pasta gigi akan mengeringkan sel-sel kulit mati pada bibir dan pigmen-pigmen hitam akan dibersihkan ketika lapisan atas bibir mengelupas. Cara atau metode seperti ini terbilang sangat cepat memerahkan bibir, hanya saja Anda tetap perlu berhati-hati, karena pemakaian yang berlebihan justru akan menjadikan bibir kering. Selain itu, bibir juga akan cepat menjadi hitam apabila terkena rokok dan sinar matahari. Oleh karena itu, direkomendasikan untuk menggunakan cara ini sebanyak 2 atau 3 kali saja dalam seminggu.

Di samping itu, kandungan lainnya dalam odol yang berupa daun mint menthol ternyata juga mampu membantu untuk memerahkan bibir. Ditambah lagi, fluoride yang merupakan kandungan utama dari pasta gigi juga memiliki khasiat untuk mencerahkan dan menjadikan bibir merah merona. Namun sekali lagi diingatkan bahwa jangan terlalu sering memakainya karena dapat menyebabkan bibir kering, bahkan pecah-pecah.

Langkah-Langkah Menjadikan Bibir Merah Merona dengan Odol

Adapun langkah-langkah yang bisa Anda lakukan untuk menjadikan bibir merah merona dengan menggunakan pasta gigi, antara lain:

  1. Bersihkan terlebih dahulu permukaan bibir Anda dengan menggunakan air.
  2. Oleskan pasta gigi secara merata pada permukaan bibir yang telah dibersihkan tersebut.
  3. Diamkan selama 3-5 menit. Meskipun ada juga yang membiarkannya dalam 1 malam hingga keesokan harinya. Dengan kata lain, penggunaannya dilakukan ketika hendak tidur malam. Namun yang perlu diperhatikan dan berhati-hati apabila demikian ialah resiko bibir menjadi kering dan pecah-pecah yang semakin besar karena terlalu lama tertempel pasta gigi.
  4. Bilas dan bersihkan dengan menggunakan air.

Lakukan cara ini setidaknya 2 atau 3 kali dalam seminggu. Dan ingat juga bahwa cara ini dianjurkan untuk dilakukan ketika bibir benar-benar sehat. Dalam artian, bibir tidak dalam keadaan terluka, mengelupas maupun terkena serangan atau gangguan lainnya seperti sariawan. Selain itu, saran lainnya ialah jangan lupa untuk terus mengusakan melindungi lapisan bibir dengan lip-balm sebelum bepergian keluar. Hal ini dilakukan agar lapisan bibir tidak langsung terkena cahaya matahari secara langsung, sehingga bibir pun terlindungi dari kering dan pecah-pecah. Hindari pula membasahi bibir dengan lidah karena itu justru akan menjadikan bibir mudah kering. Kebiasaan ini biasanya banyak sekali dilakukan orang tanpa tahu akibat yang bisa ditimbulkannya.

Jadi, manfaat odol untuk bibir ialah dapat membantu mencerahkan dan menjadikan bibir merah merona. Itulah fungsi utama yang dimiliki pasta gigi untuk bibir.

(Baca juga : manfaat pasta gigimanfaat odol selain untuk pasta gigi)

Alternatif Memerahkan Bibir Selain Menggunakan Odol

Memerahkan bibir menggunakan pasta gigi hanyalah satu dari sekian cara lainnya yang dapat dilakukan secara alami. Namun sebenarnya masih ada beberapa cara alami lainnya yang bisa dilakukan untuk memerahkan bibir selain menggunakan pasta gigi. Adapun cara-cara tersebut, antara lain:

  • Menggunakan Es Batu

Cara lain pertama yang dapat dilakukan untuk memerahkan bibir ialah menggunakan manfaat es batu. Cara yang satu ini sama dengan cara ketika menggunakan pasta gigi, yaitu oleskan saja es batu secara merata pada permukaan bibir. Diamkan beberapa saat, lalu bilas dan bersihkan dengan menggunakan air. Lakukan cara ini secara rutin dan teratur untuk mendapatkan hasil yang lebih cepat dan efektif.

Sejumlah manfaat es lainnya :

  • Menggunakan Madu

Cara lain kedua yang dapat dilakukan untuk memerahkan bibir ialah menggunakan madu. Cara yang satu ini sebenarnya juga tidak terlalu berbeda, yaitu oleskan madu secara merata pada permukaan bibir. Diamkan beberapa saat, lalu bilas dan bersihkan dengan menggunakan air. Satu hal yang direkomendasikan ialah gunakan madu asli atau murni, sehingga akan memberikan manfaat yang maksimal. Selain itu, madu yang masih asli atau terjamin kemurniannya terbilang lebih ampuh daripada madu campuran dalam mencerahkan warna bibir, membuat bibir lebih lembut, dan lebih kenyal.

Fungsi madu untuk lainnya :

Itulah kedua cara alternatif lainnya yang bisa Anda lakukan untuk memerahkan bibir. Tetapi apabila Anda tidak tahan akan dinginnya es batu atau kesulitan mendapatkan madu yang asli (murni), maka pasta gigi sebenarnya sudah cukup. Selain itu, pasta gigi juga pasti Anda gunakan setiap hari untuk membersihkan gigi, menjaga kesehatan gigi, dan menyegarkan bau mulut. Tetapi perlu diingat kembali bahwa jangan menggunakannya terlalu sering agar tidak mengakibatkan bibir kering dan pecah-pecah. Gunakanlah maksimal sebanyak 2 atau 3 kali dalam seminggu. Ditambah lagi, pada dasarnya dalam memerahkan bibir menggunakan pasta gigi dapat memilih merek pasta gigi apapun asalkan tidak ada kandungan deterjen di dalamnya.