34 Manfaat Bawang Bombay Bagi Kesehatan

manfaat bawang bombayBawang bombay selama ini hanya dikenal sebagai bumbu masakan saja, sedangkan untuk yang lainnya belum diketahui apa saja manfaat dari bawang bombay. Bawang bombay adalah bawang yang berukuran besar. Bawang itu tidak dihasilkan di Indonesia, melainkan beradasarkan namanya bawang bombay berasal dari india. Bawang ini seperti bawang merah, memiliki bentuk yang berlapis-lapis dan memiliki rasa pedas.

Ketika kita mengirisnya, tidak jarang mata kita akan berair karena efeknya yang panas dan pedas. Bawang bombay sering dikreasikan dengan berbagai macam makanan yang bahan bakunya adalah bawang bombay. Onion ring adalah salah satu makanan kriuk yang terbuat dari bawang bombay. Harga bawang bombay lebih mahal dibandingkan dengan bawang merah.


Ciri-Ciri Bawang Bombay

Secara spesifik, bawang bombay memiliki ciri khas seperti bawang merah. Yang berbeda hanyalah ukuran dan warna dagingnya. Berikut ini ciri-ciri bvawang bombay :

  • Ukuran – Ukuran bawang bombay memiliki ukuran yang lebih besar dibandingkan dengan bawang merah, sedangkan bawang merah memiliki bentuk yang lebih kecil.
  • Daging – Untuk dagingnya, warna daging bawang bombay berwarna putih sedangkan bawang merah mmeiliki warna daging merah dan agak keungu-unguan.
  • Bau – Bawang bombay memiliki bau yang lebih khas sehingga menambah sedap aroma masakan yang diberikan bumbu dengan bawang bombay.
  • Perkembang biakan – Bawang bombay bisa berkembang biak menggunakan bunga. Bunga ini ada pada ujung tangkainya. Mirip dengan umbi.


Kandungan dalam Bawang Bombay

Manfaat bawang bombay memiliki berbagai macam zat, yang memiliki berbagai macam jenis. Tidak heran jika mengkonsumsi bawang bombay pun bisa digunakan sebagai kesehatan. Berikut ini berbagai macam zat atau kandungan gizi yang ada di dalam bawang bombay :

  • Abu
  • Fosfor
  • Kalium
  • Kalori
  • Kalsium
  • Serat
  • Lemak
  • Protein
  • Karbohidrat
  • Natrium
  • Zat Besi
  • Air
  • Vitamin A
  • Vitamin B2
  • Vitamin C
  • Niacin.


Bawang bombay memiliki berbagai macam manfaat untuk kesehatan. Manfaat itu banyak yang tidak diketahui oleh banyak orang. Berikut ini berbagai macam manfaat bawang bombay untuk kesehatan yang belum banyak diketahui oleh orang :

1. Menangkal Radikal Bebas

Bawang bombay kaya akan manfaat antioksidan sehingga bisa digunakan untuk menangkal radikal bebas. Radikal bebas berefek buruk bagi kesehatan, radikal bebas bisa berpengaruh terhadap kesehatan dan juga berefek terhadap kesehatan kulit.

2. Meningkatkan Sistem Imun Tubuh

Kandungan manfaat vitamin C yang ada di dalam bawang bombay bisa digunakan untuk meningkatkan sistem imun tubuh. Jika sistem tubuh meningkat maka tubuh akan terhindar dari berbagai macam penyakit yang ingin masuk ke dalam tubuh.

3. Menekan Efek Sinogenik

Sinogenik adalah efek yang bisa ditimbulkan dari radikal bebas. Kandungan antioksidan yang tinggi dalam manfaat bawang bombay bisa digunakan sebagai penekan dari efek sinogenik.

4. Memperkecil Resiko Kanker Kolon

Kanker kolon adalah kanker usus besar dan khasiat bawang bombay bisa menghindarkan kita dari resiko terjadinya kanker kolon. Hal itu dikarenakan di dalam bawang bombay terdapat kandungan serat yang tinggi sehingga bisa membersihkan usus dan melancarkan pencernaan.

5. Mencegah Sembelit

Salah satu manfaat bawang bombay bagi kesehatan adalah bisa mencegah terjadinya sembelit. Sembelit bisa dicegah menggunakan bawang bombay yang kaya akan serat. Manfaat serat dalam bawang bombay lebih banyak dibandingkan dalam manfaat bawang merah.

6. Anti Virus

Kandungan niacin yang ada dalam bawang bombay bisa digunakan sebagai anti virus. Niacin itu bisa bermanfaat dalam menangkal berbagai macam penyakit yang disebabkan oleh virus, misalnya saja adalah flu atau pilek dan juga influenza.

7. Mengobati Penyakit Cacingan

Mengkonsumsi bawang bombay juga bisa digunakan untuk mengobati cacingan pada anak. Caranya adalah dengan membuat bawang bombay sebagai makanan kemudian dikonsumsikan kepada anak yang menderita cacingan. Obat cacingan lainnya bisa diperoleh dari :

8. Mengatasi Maag

Mengkonsumsi bawang bombay juga bisa digunakan sebagai obat maag. Hal itu dikarenakan di dalam manfaat bawang bombay, terdapat kandungan natrium yang bisa menormalkan kadar asam lambung di dalam lambung.

9. Memperkuat Tulang

Tulang bisa harus dijaga kesehatannya dan juga kepadatannya. Kandungan manfaat kalsium pada bawang bombay bisa digunakan sebagai penguat tulang dan menghindarkan diri dari osteoporosis.

10. Meningkatkan Hemoglobin (Hb)

Hb bisa ditingkatkan dengan mengkonsumsi bawang bombay. Hal itu dikarenakan di dalam bawang bombay terdapat kandungan manfaat zat besi tinggi. Sehingga dengan mengkonsumsi bawang bombay secara teratur bisa membuat kandungan zat besi di dalam tubuh menjadi meningkat.

11. Mengatasi Mual

Rasa panas dan pedas yang dihasilkan dari bawang bombay bisa digunakan sebagai penghilang rasa mual. Caranya sangat mudah yaitu dengan memarut bawang bombay dan ditempelkan pada perut. Rasa paas dari parutan bawang bombay itu bisa digunakan untuk mengatasi mual pada penderita masuk angin.

12. Penghasil Tenaga

Bawang bombay juga bisa digunakan sebagai penghasil tenaga, kandungan lemak dan manfaat karbohidrat yang ada di dalam bawang bombay bisa menghasilkan tenaga. Saat anda mengkonsumsi bawang bombay bisa membuat tubuh lebih berenergi sepanjang hari.

13. Menguatkan Gigi

Kandungan kalsium yang ada dalam manfaat bawang bombay tidak hanya menguatkan tulang saja, namun juga bisa digunakan untuk menguatkan gigi. Gigi yang keropos akan mudah patah dan mudah terlepas dari gusi. Bahan alami yang menguatkan gigi lainnya juga terdapat pada :

14. Mengobati Anemia

Kandungan zat besi yang ada di dalam bawang bombay juga bisa digunakan sebagai pengobat anemia. Hal itu dikarenakan di dalam bawang bombay terdapat zat besi di dalamnya.

15. Meningkatkan Daya Ingat

Berbagai macam vitamin yang ada di dalam bawang bombay berguna untuk mengingatkan daya ingat otak. Jika daya ingat meningkat maka otak akan terhindar dari kepikunan dan berbagai macam penyakit otak lainnya.

16. Menjaga Asupan Cairan Di Dalam Tubuh

Kandungan manfaat air yang banyak di dalam bawang bombay, bisa menjaga tubuh dari kekurangan cairan. Cairan bisa membuat tubuh menjadi dehidrasi, jika sudah dehidrasi maka tubuh bisa kehilangan konsentrasi.

17. Menghindarkan dari Penyakit Kardiovaskular

Manfaat bawang bombay juga dipercaya bisa menghindarkan dari penyakit kardiovaskular. Hal itu dikarenakan bawang bombay bisa digunakan sebagai penurun kolesterol jahat di dalam tubuh. Kolesterol jahat bisa menyebabkan macam-macam penyakit di dalam tubuh. Bawang bombay bisa digunakan sebagai peningkat kolesterol HDL sehingga bisa menurunkan kolesterol LDL.

18. Melancarkan Pembuluh Darah

Makan bawang bombay juga bisa digunakan sebagai pelancar aliran darah di dalam tubuh. Hal itu dikarenakan di dalam bawang bombay banyak mengandung kalori baik yang bisa digunakan untuk pelebaran pembuluh darah. Pelebaran pembuluh darah bisa membuat aliran darah menjadi lancar berbeda dengan penyempitan pembuluh darah. Jika pembuluh darah sempit, maka aliran darah menjadi terganggu dan bisa menyebabkan berbagai macam penyakit.

19. Mengobati Hipertensi

Bawang bombay bisa digunakan untuk mencegah hipertensi, penyebabnya adalah pembuluh darah menjadi lebar dan lancar sehingga tekanan darah pun bisa menjadi normal kembali.

20. Mencegah Pecahnya Insulin Hati

Jika insulin hati pecah, maka tubuh akan kekurangan insulin. Jika insulin berkurang maka orang tersebut akan rentan terkena diabetes. Kandungan senyawa yang ada di dalam bawang bombay berguna untuk membuat tubuh memproduksi insulin yang banyak dan berkualitas.

21. Menurunkan Kadar Gula

Produksi insulin yang bagus dan berkualitas bermanfaat untuk menurunkan kadar gula di dalam tubuh, sehingga tubuh pun akan tercukupi kebutuhan insulinnya. Jika insulin tercukupi, kadar gula di dalam tubuh pun bisa menurun dan bisa mengatasi diabetes.

22. Mencegah Kanker Perut

Mengkonsumsi bawang bombay bisa digunakan sebagai pencegahan kanker perut. Hal itu dikarenakan kandungan antioksidan yang tinggi di dalam bawang bombay tersebut bisa mencegah berbagai macam sel kanker yang ada di dalam tubuh, terutama adalah sel kanker perut dan juga usus besar.

23. Melindungi Dari Alergi

Senyawa dalam bawang bombay bisa digunakan sebagai perlindungan dari serangan alergi. Senyawa yang bermanfaat dalam perlindungan alergi adalah senyawa quercetin. Sifat dari senyawa ini adalah untuk anti alergi sehingga bagi anda yang tidak ingin mengalami alergi bisa mengkonsumsi bawang bombay.

24. Mengobati Radang

Salah satu manfaat bawang bombay adalah untuk mengobati radang. Penyebabnya adalah senyawa quercetin yang ada di dalam bawang bombay bisa digunakan untuk anti radang dan cocok untuk pengobat radang. Hal ini juga didaptan dari :

25. Menjaga Kesehatan Otak

Kesehatan otak bisa dijaga menggunakan bawang bombay, kandungan manfaat vitamin B yang ada di dalam bawang bombay bisa membuat otak terjaga nutrisinya setiap hari sehingga otak yang ternutrisi bisa menjalankan fungsinya dengan baik.

26. Perlawanan Terhadap Kanker

Salah satu manfaat dari bawang bombay adalah untuk melawan kanker. Tingginya antioksidan dan senyawa sulfide di dalam bawang bombay sangat efektif untuk menjaga tubuh anda dari serangan sel kanker yang ingin masuk ke dalam tubuh.

27. Mencegah Penggumpalan Darah

Penggumpalan darah bisa dicegah menggunakan bawang bombay. Kandungan sulfur yang ada di dalam bawang bombay bermanfaat untuk menjaga tubuh dari penggumpalan darah. Penggumpalan darah bisa merugikan kesehatan.

28. Menguatkan Jaringan Tubuh

Jaringan tubuh perlu dikuatkan, untuk menguatkannya bisa menggunakan bawang bombay. Manfaat sulfur yang ada di dalam bawang bombay bisa digunakan sebagai penguat antar jaringan tubuh.

29. Obat Jerawat

Untuk kecantikan, manfaat bawang bombay bisa digunakan sebagai mengobati jerawat. Caranya sangat mudah sekali :

  • Haluskan satu buah bawang bombay, menghaluskannya bisa dengan cara memarutnya.
  • Parutan bawang bombay ditempelkan pada jerawat.
  • Diamkan selama 15 menit.
  • Lakukanlah secara teratur tiga kali sehari, jerawat pun bisa kempes kembali dan mengecil.

30. Membuat Wajah Merona

Kandungan vitamin yang ada di dalam bawang bombay bisa membuat wajah segar merona. Caranya adalah dengan menghaluskan bawang bombay dan menjadikannya sebagai masker. Yang harus diingat adalah jangan sampai air bawang bombay mengenai mata. Mata bisa menjadi iritasi dan merah.

31. Mencegah Kulit Kering

Kandungan air yang banyak di dalam bawang bombay bisa digunakan untuk mencegah kulit kering. Kulit kering bisa membuat kulit mudah mengelupas. Jika sudah mengelupas, penampilan pun akan terganggu. Kulit juga membutuhkan asupan cairan, masker bawang bombay bisa digunakan untuk pencegahan kulit kering.

32. Diet

Untuk kecantikan bawang bombay bisa digunakan sebagai menu diet dan dibuat salad sayur. Manfaat serat yang tinggi di dalamnya bisa cocok untuk digunakan menu diet bagi perempuan.

33. Meningkatkan Nafsu Makan

Bawang bombay juga bisa digunakan untuk meningkatkan nafsu makan karena kandungan senyawa di dalamnya. Manfaat bawang bombay cocok diberikan untuk anak-anak yang mengalami masalah terhadap nafsu makannya.

34. Meredakan Asma

Senyawa quercetin pada bawang bombay bisa digunakan untuk meredakan penyakit asma. Penelitian yang dilakukan senyawa tersebut bisa menyebabkan saluran nafas menjadi lebar sehingga asma pun bisa reda dan pernafasan menjadi normal. Khasiat seperti ini juga didapat dari :

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Thursday 21st, May 2015 / 02:28 Oleh :
Kategori : Sayuran