6 Manfaat Jeruk Kunci untuk Menyembuhkan Penyakit

Jeruk kunci memiliki bentuk kecil seperti jeruk nipis dengan rasa yang sama kecut, namun memiliki manfaat yang manis untuk kesehatan. Di daerah lain jeruk kunci memiliki sebutan lain seperti jeruk pecel, jeruk sambal, jeruk cino atau jeruk calong. Biasanya jeruk kunci digunakan dalam masakan untuk membuat sambal atau digunakan untuk tambahan makanan sebagai pengganti cuka.

Jeruk ini juga sering digunakan untuk dibuat minuman untuk sekedar menyegarkan badan atau untuk mengobati penyakit. Seperti halnya manfaat jeruk limau bagi kehidupan manusia  dan kesehatan manusia, di bawah ini merupakan manfaat jeruk kunci dari buah, daun sampai akar untuk menangani berbagai jenis penyakit yaitu:

1. Mengobati batuk

Dalam pengobatan alami, jeruk kunci paling sering digunakan untuk mengobati segala jenis batuk. Khasiat jeruk kunci untuk mengobati batuk yang sudah terbukti sejak dulu adalah dengan mencampur sari dari 1 buah jeruk kunci, 1 sendok makan madu dan sedikit garam. Atau juga bisa hanya dengan mengiris-iris 1 buah jeruk kunci dan mencampurnya dengan gula batu. Kedua cara terebut sama-sama berkhasiat mengobati batuk dengan mengkonsumsinya setiap hari.

2. Mengobati penyakit ambeien

Di samping menggunakan air perasan jeruk kunci, untuk mengobati ambeien dapat memanfaatkan akar jeruk kunci. Seperti menggunakan manfaat jeruk asam untuk kesehatan, siapkan secukupnya akar jeruk kunci yang telah dibersihkan lalu direbus dengan 1,5 liter air. Rebus selama kurang lebih 30 menit, lalu diambil air saringannya saja untuk dikonsumsi 3 kali dalam sehari.

3. Mengobati batu ginjal

Minuman dari air perasan jeruk kunci juga berkhasiat untuk menyembuhkan penyakit batu ginjal. Cara mendapatkan manfaat jeruk kunci untuk batu ginjal adalah dengan memeras 1 buah jeruk kunci lalu mencampurkannya dengan 1 gelas air panas. Minum air jeruk kunci ini setelah makan malam secara teratur, selama 10 hari berturut-turut untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

4. Mengobati radang tenggorokan

Jeruk kunci juga memiliki khasiat seperti manfaat jeruk nipis untuk kesehatan yaitu untuk mengobati radang tenggorokan. Caranya adalah dengan memeras 3 buah jeruk kunci, lalu mencampur air perasan dengan ½ gelas air panas dan 1 sendok makan madu. Gunakan campuran ini untuk kumur-kumur 3 kali dalam sehari, atau dikonsumsi dengan mengurangi jumlah jeruk kunci menjadi 1 buah.

5. Mengobati penyakit hipertensi

Untuk mengobati hipertensi adalah dengan memanfaatkan beberapa bagian jeruk kunci yaitu dengan menyiapkan 20 bagian bunga jeruk kunci, 30 lembar daun dan air perasan dari 2 buah jeruk kunci. Ketiga bahan tersebut direbus ke dalam 3 gelas air, lalu biarkan direbus sampai sampai air tinggal 2/3 bagian saja. Biarkan dingin lalu saring airnya untuk dikonsumsi setiap hari, bisa ditambahkan manfaat madu bagi kesehatan agar rasa minuman jeruk kunci menjadi lebih manis.

6. Mengobati penyakit amandel

Penyakit amandel juga dapat diatasi dengan memanfaatkan jeruk kunci. Namun untuk mengobati amandel, jeruk kunci tidak memanfaatkan air perasaannya melainkan menggunakan manfaat kulit jeruk bagi kesehatan. Cara menggunakan kulit jeruk kunci untuk menangani amandel adalah menyiapkan kulit dari 3 buah jeruk kunci, setelah dipotong-potong dimasukkan ke dalam panci yang berisikan 2 gelas air. Rebus sampai air tinggal tersisa hingga ¾ nya saja, lalu biarkan dingin. Gunakan air rebusan untuk berkumur 3-4 kali dalam sehari dengan teratur.

Demikian informasi mengenai beberapa penyakit yang bisa diatasi dengan menggunakan manfaat jeruk kunci untuk kesehatan, semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

, ,
Oleh :
Kategori : Buah Buahan