14 Manfaat Buah Gaharu untuk Obat Kanker

Bagi sebagian besar orang mengenal gaharu mungkin hanya sebatas pohon berbeda jika anda melihat manfaat buah pinang tua, namun tahukah anda bahwa gaharu memiliki buah juga. Gaharu sendiri merupakan salah satu jenis pohon berkayu dengan warna kehitaman. Salah satu ciri dari gaharu yaitu adanya kandungan resin, resin ini seringkali digunakan dalam industri parfum ataupun pewangi baju karena aromanya yang harum. Pohon gaharu memiliki nama ilmiah Aquilaria spp yang merupakan jenis pohon asli Indonesia, dan sejak awal tahun 2000 kayu pohon gaharu sudah di ekspor ke berbagai daerah di timur tengah dan dijadikan sebagai bahan dasar dupa yang biasanya dijadikan bahan ritual dalam keagamaan ataupun aroma terapi.

Selain itu gaharu juga dimanfaatkan dalam pembuatan minyak gaharu yang memiliki harga ekonomis tinggi dan tidak hanya terkenal dalam perindustrian parfum juga tetapi mulai dari sabun, lotions, pembersih wajah, hingga obat- obatan banyak yang menggunakannya. Selain kayu gaharu yang memiliki banyak sekali manfaat berbeda dengan manfaat buah renda, tahukah anda bahwa ternyata tidak hanya kayunya saja yang bisa dimanfaatkan. Ada daun gaharu yang memiliki banyak sekali manfaat, biasanya daun gaharu dimanfaatkan sebagai salah satu obat tradisional untuk berbagai macam penyakit ringan seperti demam dan flu.

Dan selain daun gaharu yang memiliki banyak sekali manfaat, ternyata adapun buah gaharu. Berbeda dengan jenis buah pada umumnya, karena gaharu merupakan jenis tumbuhan berkayu dengan ukuran besar maka buah gaharu cenderung memiliki ukuran kecil dan memiliki daun buah di ujungnya yang menyerupai kelopak bunga terbalik berwarna hijau. Ciri buah gaharu sendiri bergerombol di setiap ujung ranting pohon gaharu. Adapun ciri dari buah gaharu yaitu berwarna hijau hingga hijau dengan semburat warna kuning, untuk kulit buahnya sendiri bertekstur halus dan sedikit lembut. Sedangkan biji dari buah gaharu berwarna coklat kehitaman, ukuran buah gaharu sendiri sebesar ibu jari anak- anak. Buah gaharu sendiri juga memiliki banyak sekali kandungan yang menunjang manfaatnya.

Kandungan Buah Gaharu

  • Furanoid sesquiterpene (a- agarofuran, b- agarofuran dan agarospirol)
  • Cbromone
  • Minyak atsiri (sequiterpenoida, eudesmana, dan valencana)
  • Serat
  • Air
  • Polifenol

Selain bentuknya unik dan menarik, buah gaharu ini memiliki banyak sekali manfaat. Tidak hanya sebagai bahan baku dalam pembuatan minyak gaharu saja, ada banyak sekali manfaat yang bisa anda dapatkan. Saat ini untuk mendapatkan buah gaharu sangatlah mudah, ada banyak sekali pabrik ataupun home industri yang telah mengolahnya dalam berbagai macam bentuk produk kesehatan seperti kapsul ataupun serbuk. Dan berikut merupakan manfaat dari buah gaharu.

Manfaat Buah Gaharu

  1. Obat Stroke

Manfaat utama dari buah gaharu yaitu sebagai obat sakit stroke berbeda dengan manfaat lendir okra, anda bisa meminum air rebusan buah gaharu setiap hari sebanyak 3 kali sehari.

  1. Mengatasi Stress

Kandungan agarospirol pada buah gaharu mampu menekan saraf yang tegang sehingga stress yang anda alami hilang.

  1. Mengatasi Mabuk Perjalanan

Bagi anda yang sering mengalami mabuk perjalanan, anda bisa mengatasinya dengan meminum air rebusan buah gaharu.

  1. Mengatasi Hypertensi

Untuk mengatasi kambuhnya hypertensi, anda bisa mengkonsumsi rebusan air buah gaharu yang sangat efektif untuk menurunkan tekanan darah.

  1. Obat Asma

Bagi anda yang memiliki riwayat asma dan sering kambuh, anda bisa mengatasi dan mencegahnya dengan buah gaharu.

  1. Menjaga Kesehatan Ginjal

Kesehatan ginjal merupakan salah satu hal yang harus anda perhatikan, untuk menjaganya anda bisa mengkonsumsi air buah gaharu.

  1. Mencegah Tumor

Kandungan antioksidan berupa polifenol pada buah gaharu sangat ampuh untuk mencegah berbagai macam tumor.

  1. Mencegah Kanker

Selain dapat mencegah berbagai macam tumor, kandungan polifenol pada buah gaharu juga mampu mencegah berbagai macam kanker.

  1. Mengatasi Insomnia

Insomnia merupakan penyakit serius yang mengganggu jam tidur anda berbeda dengan manfaat buah okra hijau, anda bisa menyeduh buah gaharu hangat dan meminumnya sebelum tidur.

  1. Menjaga Kesehatan Hati

Untuk menjaga kesehatan hati, anda bisa mengkonsumsi air seduhan buah gaharu kering secara berkala.


  1. Menjaga Kesehatan Limpa

Selain mampu menjaga kesehatan hati, anda juga mampu menjaga kesehatan limpa dengan mengkonsumsi buah gaharu.

  1. Obat Asam Urat

Adapun manfaat lain dari buah gaharu sebagai obat tradisional, yaitu buah gaharu mampu mengobati anda yang memiliki riwayat asam urat.

  1. Menurunkan Kolesterol

Air rebusan buah gaharu juga sangat bermanfaat bagi anda yang ingin menurunkan kadar kolesterol.

  1. Obat Kanker Prostat

Selain dapat mencegah penyakit kanker berbeda dengan manfaat buah yang dikeringkan, buah gaharu juga sangat efektif untuk menyembuhkan kanker prostat.

Itulah berbagai manfaat dari buah gaharu yang dapat kami sampaikan, semoga informasi di atas dapat bermanfaat bagi anda.

, ,
Oleh :
Kategori : Buah Buahan