11 Manfaat Kompor Untuk Kehidupan

Kompor yang dalam bahasa Belanda disebut dengan Konfoor ini merupakan salah satu alat masak yang menghasilkan suhu panas yang sangat tinggi. Pada kompor memiliki ruang yang tertutup sebagai tempat bahan bakar yang digunakan untuk proses memanaskan segala barang yang ada diatasnya. Mengikuti perkembangan jaman, ada banyak jenis kompor yang beredar dipasaran selain kompor gas diantaranya adalah kompor portable, kompor freestanding, kompor tanam, kompor listrik dan kompor induksi.

Sejarah Kompor

Pada tahun 1849, kompor minyak tanah portable diperkenalkan pertama kali oleh Alexis Soyer yang merupakan kompor bertekanan udara yang dicampur minyak tanah, sementara kompor gas yang tidak memiliki tekanan dan memakai sumbu kompor tidak bisa diketahui dengan pasti waktu penemuannya. Tahun 1820, merupakan tahun dimana kompor gas ditemukan yang masih bersifat eksperimen dan rahasia dan barulah pada tahun 1880, kompor ini mulai berkembang secara komersil meski masih terhambat karena jaringan pipa gas yang tumbuh dengan lambat.

Artikel terkait:

  1. Jauh Lebih Praktis

Kompos gas portable merupakan jenis kompor yang lebih praktis dibandingkan dengan kompor gas atau minyak saat proses pemakaian. Kompor ini sangat praktis untuk dibawa bepergian kemanapun sehingga bisa disimpan dalam carrier pada saat mendaki gunung, hiking, piknik atau camping sehingga tidak akan memakan banyak ruang untuk penyimpananya. Hal ini tentunya berbeda jika dibandingkan dengan kompor lipat yang membutuhkan ruang lebih banyak dan juga jenis kompor lainnya yang tidak mungkin dibawa bepergian dengan mudah.

  1. Harga Lebih Terjangkau

Melihat kegunaan dari kompor portable yang lebih banyak digunakan di luar ruangan ini, maka harga juga merupakan hal yang harus dipertimbangkan. Kompor portable ini jauh lebih terjangkau jika dibandingkan dengan jenis kompor lainnya. Untuk kompor portable satu tungku harganya berkisar antara seratus ribu Rupiah, sementara untuk kompor portable dua tungku di banderol dengan harga  Rp.200.000 sampai Rp.700.000 bergantung dari merk yang digunakan.

  1. Bahan Bakar Mudah Didapat

Bahan bakar untuk kompor portable ini yang merupakan gas hi-cook juga sangat mudah untuk diperoleh seperti contohnya mini market dan juga pasar swalayan besar. Selain itu, agen juga menyediakan isi ulang untuk gas hi-cook ini dengan harga yang jauh lebih terjangkau. Sebagai catatan, anda perlu lebih berhati-hati saat menggunakan gas isi ulang ini, sebab tabung gas hi-cook yang beredar saat ini memang di desain untuk sekali penggunaan saja dan tidak untuk isi ulang.

Artikel terkait:

  1. Mudah Untuk Digunakan

Manfaat kompor gas portable berikutnya adalah lebih mudah dalam penggunaannya. Yang perlu anda lakukan adalah mengeluarkan kompor portable dari wadahnya yang biasanya berbentuk sebuah koper berukuran mungil kemudian letakkan kompor pada bidang datar dan hubungkan gas dengan bagian pada kompor lalu menekan pematiknya dan sudah bisa langsung digunakan untuk memasak.

  1. Api Bisa Disesuaikan

Kompor gas portable ini juga bisa disesuaikan besar kecilnya api seperti pada kompor gas, kompor listrik dan kompor minyak lainnya sesuai dengan kebutuhan memasak yang diperlukan.

  1. Proses Memasak Lebih Cepat

Proses memasak yang dilakukan pada kompor portable ini juga berlangsung lebih cepat dalam mematangkan masakan jika dibandingkan dengan kompor yang menggunakan bahan bakar parafin serta trangia. Proses memasak bisa berlangsung lebih cepat karena besarnya api yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan tersebut.

Artikel terkait:

  1. Perawatan Mudah

Dalam urusan perawatan, kompor portable juga cukup mudah untuk di rawat sebab sudah dilengkapi dengan pelindung anti karat. Hal ini membuat anda tidak perlu repot untuk membersihkan kompor dan hanya perlu di lap dengan menggunakan tissue atau kain basah saja sesudah kompor selesai digunakan dan sudah tidak panas. Bagian penyekat udara antara kompor dan tempat keluar api pada kompor ini lebih rentan rusak dan untuk mencegahnya bisa dilakukan dengan menyemprotkan cairan pelumas motor atau anti karat sehingga bagian ini tidak akan mengalami korosif. Untuk penyimpanan, simpan kembali kompor didalam kemasan saat membeli saat sudah selesai dipakai atau sedang tidak digunakan.

  1. Tersedia Pilihan Ukuran dan Jenis

Kompor ini juga tersedia dalam banyak pilihan jenis dan juga ukuran yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan, dari ukuran yang paling besar sampai paling kecil. Selain itu, variasinya juga cukup beragam dalam urusan kualitas seperti kompor yang dilengkapi dengan anti badai yang bisa mengurangi angin saat memasak dan lain sebagainya.

  1. Lebih Cepat Mendidih

Bahan bakar hi-cook yang merupakan bahan bakar utama kompor portable dengan bentuk tabung kecil seperti kaleng cat semprot ini juga terbukti lebih cepat saat mendidihkan air sebab air akan mendidih pada suhu 31 derajat Fahrenheit, sedangkan pada kompor gas biasa yang menggunakan gas LPG akan mendidihkan air pada suhu 43 derajat Fahrenheit.

Artikel terkait:

  1. Kapasitas Memasak Lebih Banyak

Manfaat kompor portable selanjutnya adalah dalam urusan kapasitas memasaknya. Pada bahan bakar gas hi-cook mempunyai 12 persen energi yang lebih banyak jika dibandingkan dengan LPG. Perbedaan ini bisa terjadi karena volume dasar pada kedua bahan bakar yang berbeda , sehingga dengan menggunakan kompor portable maka anda bisa memasak porsi makanan yang jauh lebih banyak jika dibandingkan dengan LPG.

Artikel terkait:

  1. Solusi Bahan Bakar Langka

Sekarang ini, seringkali tabung gas LPG dari beberapa ukuran seperti 3 kg dan sebagainya kosong alias langka dipasaran. Hal ini tentunya akan menghambat proses memasak harian anda. Dengan memiliki kompor portable ini, bisa menjadi solusi pintar saat terjadi kelangkaan gas LPG tersebut dan proses memasak anda akan berjalan seperti biasa.

Artikel terkait:

, , ,
Oleh :
Kategori : Peralatan