Manfaat Nitrogen Dalam Kehidupan Sehari Hari

nitrogenNitrogen merupakan gas yang perannya sangat penting untuk berbagai bidang kehidupan seperti rumah sakit, industri makanan, industri perminyakan, bengkel, ban kendaraan, hingga berbagai pemanfaatan lainnya.  Setiap bernapas manusia juga mengambil berbagai kandungan gas, salah satunya adalah nitrogen. Berikut adalah kandungan gas dalam udara yang kita ambil:

  • 1% Water Vapor dan Gas Lain – dilepaskan hingga 250 kali lebih cepat daripada Nitrogen
  • 21% Oksigen – dilepaskan 3-4 kali lebih cepat dari Nitrogen
  • 78% Nitrogen – Molekul terbesar diudara, kering, tidak mudah terbakar.

Terkait dengan kandungannya untuk mendukung berbagai keperluan pokok atau pun sekunder bagi manusia, manfaat nitrogen dalam kehidupan sehari-hari sangat besar.

1. Untuk Dunia Medis

Nitrogen juga digunakan dalam dunia medis, terutama di berbagai rumah sakit. Jika anda pernah di rumah sakit tentu hampir tidak ada rumah sakit yang tidak memiliki nitrogen dalam persediaan gasnya.

Dalam dunia medis, Nitrogen cair (-196 ° C) digunakan untuk

  1. Membekukan dan menjaga darah, sperma, embrio, sel-sel sumsum tulang dan sampel jaringan hidup lainnya dalam periode yang cukup lama.
  2. Nitrogen cair juga digunakan dalam bidang dermatologi, di mana penggunaannya adalah salah satu cara yang paling efektif untuk membakar kutil dan tumor kulit jinak kecil yang tetap menular.

Pemanfaatannya dalam dunia medis juga sangat banyak selain berbagai pemanfaatan yang disebutkan di atas, selain untuk medis, ada manfaat lainnya untuk menunjang kehidupan sehari hari.

2. Industri Kimia

Industri kimia menggunakan nitrogen sebagai pressurising gas atau yang lebih dikenal sebagai gas tekan. Nitrogen dapat membantu mendorong cairan melalui pipa. Hal ini juga digunakan untuk melindungi oksigen dari bahan sensitif dalam udara dan untuk menghilangkan bahan kimia organik yang mudah menguap dari berbagai proses.

3. Pesawat dan Kedirgantaraan

Nitrogen merupakan salah satu jenis gas yang sangat penting untuk industri kedirgantaraan & pesawat. Nitrogen digunakan membangun terowongan angin high Reynolds, panas untuk tungku dan autoklaf untuk membantu membuat bahan yang sangat kuat namun ringan dalam industri pesawat. Nitrogen juga digunakan sebagai gas yang dapat membantu aplikasi laser cutting.

4. Otomotif dan Transportasi

Pabrik perakitan dalam industri otomotif menggunakan nitrogen dalam kombinasi dengan gas lain untuk pengelasan suku cadang mobil, frame, muffler dan komponen lain karena kemampuannya untuk memberikan suasana yang dibutuhkan untuk menghasilkan lasan yang memadai dengan bahan apapun. Selain itu konsep airbag pada moda transportasi juga memanfaatkan nitrogen untuk keselamatan dalam dunia transportasi.

Pemanfaatan dalam dunia otomotif juga sangat dikenal sebagai gas yang digunakan untuk ban mobil atau motor. Pemanfaatan pada ban ini sudah sangat umum, karena dengan diisi nitrogen ban lebih elastis terutama untuk jalan berkerikil.

5. Energi dan Lingkungan Hidup

Nitrogen merupakan gas yang dapat memisahkan molekul atau produk sensitif dari udara, selain itu ia juga digunakan sebagai gas yang dapat digunakan dalam pipa untuk mencegah berbagai kontaminasi.

6. Makanan dan Minuman

Nitrogen adalah sumber kriogenik dalam membantu proses pendinginan, pembekuan dari berbagai makanan dan minuman. Karena suhu yang sangat dingin, perendaman/proses pembekuan dalam nitrogen cair adalah metode pembekuan tercepat untuk menghasilkan makanan yang beku. Nitrogen juga memainkan peran kunci dalam mengurangi pembusukan, perubahan warna dan perubahan rasa, memberikan kekuatan untuk kemasan ritel. Salah satu contohnya aplikasi pengunaannya adalah untuk pengemasan roti. Nitrogen digunakan agar roti tidak cepat busuk karena pertumbuhan bakteri di dalamnya.

7. Produksi Baja

Nitrogen digunakan sebagai gas untuk pembersihan berbagai gas lain dalam produksi baja. Nitrogen digunakan untuk mencegah oksidasi dan merupakan komponen kunci dalam proses pendinginan untuk baja.

8. Industri Minyak dan Gas

Industri minyak dan gas bumi menggunakan nitrogen untuk meningkatkan cadangan reservoir formasi fraktur hidrokarbon-bearing untuk meningkatkan signifikan produksi minyak dan gas, dan untuk meningkatkan efisiensi operasional.

9. Farmasi & Bioteknologi

Gas nitrogen biasanya digunakan untuk membersihkan, mentransfer tekanan, pencampuran dan melindungi proses intrusi kelembaban, oksidasi, degradasi dan kontaminasi. Nitrogen cair kriogenik digunakan untuk mengontrol suhu dalam aplikasi pendinginan reaktor dan untuk menjaga sampel biologis.

10. Pengilangan

Nitrogen merupakan gas industri yang digunakan untuk tangki penyimpanan dan pipa pembersihan, nitrogen juga dapat digunakan sebagi strip Volatile Organic Compounds (VOC) dari aliran proses kimia dan air limbah, dan mengurangi emisi VOC.

11. Pengelasan & Fabrikasi Logam

Dalam pengelasan tabung stainless baja, nitrogen digunakan sebagai gas pembersih. Hal ini juga digunakan sebagai membantu gas untuk laser cutting, dan meningkatkan plasma cutting.

Manfaat nitrogen sangat penting untuk berbagai industri di dunia, nitrogen menjadi salah satu gas alam yang paling berpengaruh di dunia.