7 Manfaat Wajan Bolic Wifi

Siapa yang tidak kenal dengan peralatan rumah tangga yang bernama “wajan”? Pastinya sebagian besar manusia yang tinggal di Indonesia mengenal benda satu ini. Secara normalnya memang wajan biasa digunakan di area dapur sebagai peralatan untuk memasak seperti menggoreng maupun menumis makanan, maupun sekedar untuk membuat saus dan merebus mie instan. Ukuran diameter dari wajanpun beraneka ragam panjangnya, mulai dari 30 cm sampai dengan 110 cm.

Namun siapa sangka, di era pesatnya perkembangan teknologi dan informasi saat ini mampu mengubah fungsi wajan yang awalnya hanya dipakai di area dapur kini digunakan di area lapang yang berfungsi untuk memperkuat dan memperluas jangkauan sinyal wireless seperti radio, WLAN, WiFi, GSM, dan CDMA. Wajan dengan fungsi yang unik dan inovatif satu ini memiliki nama khas yaitu wajan bolic. Hal ini dikarenakan dibuat dengan menggunakan wajan sebagai disknya (reflector). Mungkin sebagian dari kita merasa asing dengan istilah tersebut. Namun tenang, di artikel kali ini kita akan membahas terkait wajan bolic dan manfaat dari wajan bolic. (Baca juga: manfaat gelombang elektromagnetik, manfaat gelombang radio)

Jaringan tanpa kabel atau wireless merupakan cara cepat, mudah, dan ekonomis untuk membangun jaringan. Salah satunya karena dengan menggunakan jaringan wireless mampu memperkecil konsumsi kabel yang diperlukan. Dengan menggunakan jaringan wireless beberapa gedung mampu dihubungkan dalam satu jaringan wireless meskipun berada di jarak beberapa kilometer. Untuk meningkatkan jarak jangkauan wireless maka diperlukan antena eksternal dengan gain yang lebih tinggi dari antena standar. Sayangnya, harga dari antena eksternal high gain cukup mahal, sehingga akan memperberat pengeleruaran dalam pengadaan dan perawatan jaringan wireless. (Baca Juga: manfaat jaringan komputer , Manfaat Mixer)

Pak Gunadi yang berasal dari Yogyakarta seorang penanggung jawab di Stasiun Bumi Indosat Tirto sejak tahun 2005 hingga 2006. Beliau merupakan perintis pertama antena wajan bolic yag bernama Wajanbolic E-gon berhasil menginspirasi bangsa Indonesia untuk mengembangkan antena wajan dan antena panci di Indonesia. Wajan bolic memiliki prinsip kerja sebagaimana antena parabola biasanya dimana semua gelombang electromagnet yang mengenai wajan akan terkumpul, kemudian  gelombang electromagnet yang tertangkap akan ditempatkan di sisi sensitife antena pada titik fokus parabola (wajan). Komponen utama antenna wajan bolic yaitu, reflector yang terbuat dari wajan, bagian sensitive antena berbentuk tabung sebagai tempat USB WiFi ataupun modem GSM-CDMA, dan kabel penghubung antena ke komputer. (Baca juga: manfaat internet bagi pendidikan, manfaat internet dalam berbagai bidang)

Nah, sudah jelaskan terkait apa itu wajan bolic, fungsinya untuk apa, siapa orang yang merintis pertama kali antena wajan bolic di Indonesia, prinsip kerja wajan bolic, dan komponen utama penyusunnya? Sekarang kita akan menyelami lebih dalam lagi terkait manfaat wajan bolic! Adapun 7 manfaat dari wajan bolic adalah sebagai berikut.

1. Memperkuat dan Memperluas Sinyal

Daya tangkap sinyal dengan memanfaatkan wajan bolic hasil dari tangkapan sinyal cukup baik dan lebih stabil apabila dibandingkan dengan menggunakan antena standar yang disediakan dari perangkat wireless. Semakin besar diameter wajan, maka semakin banyak frekuensi sinyal yang ditangkap dan semakin bagus daya tangkap sinyal. Adapun topologi jaringan yang bisa digunakan pada wajan bolic bisa bermacam-macam guna memenuhi kebutuhan instalasi serta user yang sesuai. Jangkauan knerja dari antena bolic mencapai hingga 1-2 Km bahkan sampai 9 Km. (Baca juga: manfaat telepon , Manfaat Mempelajari Atmosfer)

2. Ekomonis dalam Pembuatan dan Pemasangan

Karena jumlah alat dan bahan yang diperlukan untuk membuat wajan bolic cukup sederhana dan mudah dijumpai dimana-mana, bahkan bisa dengan menggunakan barang bekas pakai seperti wajan yang sudah tidak dipakai, maka dalam proses pembuatan dan pemasangannya bisa lebih ekonomis atau menghemat pengeluaran jika dibandingkan dengan membeli antena haigh gain. (Baca juga: manfaat hidup hemat , Manfaat Jalan Raya)

3. Efisien dalam Pembuatan dan Pemasangan

Karena peralatan dan perlengkapan dalam pembuatan dan pemasangan wajan bolic relatif sedikit, maka sangat dimungkinkan waktu yang diperlukan untuk pemasangan wajan bolic lebih efisien atau lebih cepat proses pemasangannya. (Baca Juga: Manfaat Minyak Biawak  , Manfaat Bulu Ayam)

4. Mudah dalam Membangun Jaringan

Kesederhanaan pembuatan antena bolic mampu memudahkan kita dalam membangun jaringan. Hal ini karena tidak terlalu banyak alat dan bahan serta waktu yang diperlukan untuk membuat dan memasangnya. Bahkan untuk memperluas jaringan tinggal menambah wajan bolic diantara gedung-gedung yang ingin di hubungkan. (Baca juga: manfaat jaringan komputer)

5. Murah dalam Pemeliharaan

Selain murah dalam pembuatan dan pemasangan, biaya pemeliharaan wajan bolic juga cukup murah, karena hanya perlu ketelatenan untuk memantau wajan bolic di post-postnya. Bahkan jika ada komponenen yang mengalami kerusakan maka untuk memperbaikinya juga mudah, karena mudah dijumpai di toko-toko atau pasar atau swalayan dekat rumah. (Baca Juga: Manfaat Gelang Kokka , Manfaat Gaya Magnet)

6. Support All Modem atau WiFi

Dengan menggunakan wajan bolic, maka merk maupun jenis modem maupun WiFi apapun dapat digunakan selama tidak ada kerusakan pada modem maupun WiFinya. (Baca Juga: Manfaat Sumber Arus Listrik)

7. Support All Operator Jaringan

Penggunaan wajan bolic juga dapat diaplikasikan pada semua operator, baik GSM maupun CDMA, seperti: IM3, Smartfren, XL, Telkomsel, Axix, 3, dan lain sebagainya, selama operator yang digunakan support atau mendukung dengan modem yang digunakan. (Baca juga: manfaat tempered glass untuk handphone, manfaat Tcash dari Telkomsel)

Namun hal yang harus diperhatikan dalam pemanfaatan wajan bolic, yakni tidak boleh terdapat penghalang yang dapat menghalangi merambatnya sinyal dari wajan bolic ke wajan bolic lainnya maupun ke komputer client. Contoh penghalang tersebut yaitu bangunan gedung, pohon, tower, maupun seekor burung yang terbangpun dapat mengganggu pemancaran sinyal dari wajan bolic. Disamping itu, juga harus diperhatikan terkait posisi pemancar dan penangkap sinyal, apakah telah berpandangan lurus atau saling berhadapan, dalam bahasa Inggris istilahnya adalah Line of Sight (artinya pandangan lurus atau mata bertemu mata). Sehingga jika terdapat suatu benda yang menghalanginya, maka secara otomatis sinyal akan mengalami gangguan dan mengacaukan atau memperlambat transfer data, bahwkan dapat memutus koneksi jika penghalangnya sangat besar dan tebal. (Baca juga: manfaat IT – Teknologi Informasi, manfaat mempelajari Ilmu Pengetahuan dan Teknologi)

Sekarang kita tahu apa itu wajan bolic dan manfaatnya dalam kehidupan. Bagi yang menginginkan kinerja jaringan wireless-nya lebih kuat, lebih luas, dan lebih maksimal, bisa dengan membuat pembuatan wajan bolic di rumah dan mengaplikasikannya.

, , , , , , , ,
Post Date: Sunday 07th, May 2017 / 00:04 Oleh :
Kategori : Teknologi