13 Manfaat Sumber Air Panas Alam Bagi Manusia

air panas terkadang sangat dibutuhkan untuk kehidupan sehari-hari. Sumber air panas biasa digunakan untuk terapi. Sumber air panas dapat digunakan sebagai alternatif kesehatan. Ada beberapa manfaat yang dapat didapatkan dengan memanfaatkan sumber air panas. Beberapa manfaat ini antara lain meliputi

Manfaat Sumber Air Panas

Ada cukup banyak manfaat yang berkaitan dengan air panas bagi kehidupan seperti :

  1. Sebagai obat diabetes

Menurut penelitian yang dilakukan di Jepang, berendan di air panas dapat mengurangi gula darah beberapa persen, sehinga hal ini tentu sangat bermanfaat untuk terapi bagi penderita diabetes

top untuk diabetes

  1. Sebagai obat jantung

Sama halnya dengan obat diabetes, menurut penelitian di Jepang, berendam dengan air panas dapat membuat otot-otot jantung lebih sehat, dan dapat mengatasi lemah jantung.

  1. Menjaga usus besar

Berendam atau mandi dengan air hangat dapat membuat tubuh menjadi lebih sehat terutama pada usus besar. Terapi dengan mengunakan air hangat seperti untuk mandi dapat menjaga usus besar agar teta  sehat

  1. Mengeluarkan racun

Air hangat dengan suhu sekitar 32-35 derajat celcius, dengan suhu ini akan membantu kulit untuk membuka pori-pori sehinga racun-racun yang ada di tubuh dapat dikeluarkan dan tubuh menjadi sehat.

  1. Mengembalikan ketenangan dan menghilangkan stres

Selain menghilangkan racun ternyata mandi air hangat mampu untuk menghilangkan stres yang dialami. Jika suatu saat merasa penat maka luangkanlah waktu untuk berendam air hangat sejenak.

  1. Mengobati infeksi pada kulit

Dengan memanfaatkan air panas dapat digunakan untuk mengatasi infeksi pada kulit karena air panas dapat membantu menaunuh kuman yang ada di kulit.

  1. Mengurangi Insomia

Insomia atau penyakit susah tidur pun dapat dikurangi dengan cara berendam air hangat. Karena dengan berendan mengunakan air hangat akan membuat diri merasa lebih releks sehingga ketenangan akan didapatkan dan dengan demikian akan lebih mudah dan merasa nyaman ketika hendak tidur. Dengan melakukan rutinitas ini dapat mengatasi dan mengurangi pdoyakit insomia.

  1. Mengatasi ruam atau gatal-gatal

Ruam dan gatal dapat diatasi dengan memanfaatkan ai rhangat. Meskipun saat diberikan air hangat rasanya semakin gatal, tetapi lama kelamaan gatal itu akan menghilang. Melakukan hal ini harus dilakukan dengan rutin agar segera dapat teratasi, sehinga ruam tidak menyebar kemana-mana.

  1. Mengatasi flu serta mengatasi sakit kepala

Air hangat sangat manjur untuk mengatasi flu, batuk, sakit kepala dan  sejenisnya. Manfaat air hangat dapat dirasakan dengan memanfaatkannya dengan diminum.

  1. Mengobati jerawat

Jerawat dapat diatasi dengan uap air hangat. Jadi air hangat ini sangat baik dimanfaatkan untuk mengobati jerawat dengan memanfaatkan air hangat. Uap air hangat dapat membuka pori-pori dan membantu mengeluarkan jerawat yang ada di wajah. beberapa buah yang baik untuk mengatasi kulit pun dapat dilihat di  manfaat kulit manggis, manfaat pepaya, dan manfaat jeruk nipis.

  1. Memperlancar laju darah atau sikulasi darah

Dengan memanfaatkan sumber air panas, dapat digunakan untuk memperlancar sirkulasi darah melalui mandi

  1. Menurunkan Kolesterol

Lemak pada kolestrol sangat berbahaya, apabila lemak tidak segera dimusnahkan dapat mengakibatkan beberapa penyakit lainnya. Untuk itu sangat perlu melakukan terapi kolesterol sejak sedini mungkin agar apabila terdapat lemak-lemak jahat yang membuat kolesterol datat ditangani dengan mudah. Beberapa yang dapat menurunkan kolesterol meliputi manfaat daun kelor untuk kolesterol, manfaat buncis untuk kolesterol, dan manfaat alpukat untuk kolesterol

  1. Mengatasi penyakit tulang

Dengan berendam mengunakan air panas dapat mengatasi segala penyakit yang berkaitan dengan tulang. Oleh karena itu sangat baik memanfaatkan sumber air panas untuk terapi tulang.

Itulah manfaat sumber air panas, memang dengan memanfaatkan sumber air panas apalagi untuk terapi dapat memulihkan kesehatan dan stamina pada diri, sehinga apabila kelelahan melanda segeralah lakukan terap-terapi yang telah diuraikan pada penjelasan di atas tadi.