15 Manfaat Gas Alam untuk Manusia dan Kehidupan

Gas alam merupakan salah satu bahan bakar yang dihasilkan dari fosil tanaman dan hewan yang terkubur dalam tanah selama jutaan tahun. Proses pembentukan gas alam dimulai ketika fosil tanaman dan hewan masuk ke lapisan dalam bumi di bawah tekanan batu dan tanah. Kedalaman fosil yang masuk dalam tanah sekitar ribuan meter dari bawah lapisan batu. Fosil yang terkena tekanan panas selama jutaan tahun kemudian akan dirubah menjadi gas alam.

Sifat Gas Alam

gas alamGas alam menjadi sumber energi yang mudah terbakar. Gas alam terdiri dari senyawa hidrogen dan karbon. Hal ini membuat gas alam menjadi salah satu energi yang memiliki sifat bersih dan aman untuk pemakaian sehari-hari. Gas alam dapat ditemukan dengan sifat berwarna atau tidak berwarna.

Struktur hidrokarbon dalam gas alam ketika baru keluar dari tanah terdiri dari metana, etana, butana, propane, karbon dioksida, minyak, nitrogen, sulfur, dan berbagai jenis kotoran lain. Proses pengolahan gas alam selanjutnya berfungsi untuk memisahkan berbagai jenis kotoran sehingga gas alam yang dikonsumsi manusia sudah bersih.

Unit Pengukuran Gas Alam

Content for item 2

Sumber Penemuan Gas Alam

Gas alam yang keluar dari mulut bumi akan diproses secara ilmiah sehingga bisa digunakan sebagai sumber energi bagi manusia. Gas alam yang diproduksi oleh perusahaan pertambangan akan diukur dengan unit GJ( gigajoule) yang merupakan ukuran unit jumlah untuk energi. Jenis unit pengukuran lain yang biasanya digunakan dalam pertambangan adalah British Thermal Unit (Btu) dan seribu kaki kubik (Mcf).

Pada dasarnya sumber gas alam yang terletak dalam bumi memiliki bentuk seperti kolam, kawah atau danau. Semua sumber ini akan tertutup dengan lapisan batu dalam bumi. Ketika sumber gas alam mengeluarkan panas tinggi maka kemampuan energi panas tersebut mampu membuat lapisan batu seperti mengapung. Setelah sumber panas ini ditemukan lewat celah kecil dari lapisan batu yang mengapung maka sumur bor bisa ditanam.

Pengolahan Gas Alam

Proses pengolahan gas alam dilakukan oleh pabrik khusus yang menangani masalah energi. Gas alam yang keluar dalam bentuk energi yang sudah bisa digunakan oleh masyarakat secara langsung memiliki sifat yang sudah bersih sehingga sangat aman.

Gas alam menjadi sumber energi yang sangat aman. Selain itu sumber gas alam memiliki sifat yang bersih sehingga tidak menyebabkan masalah emisi udara. Bahkan dalam sebuah proses pengolahan, gasa alam terbukti lebih bersih daripada sumber energi lain seperti batu bara atau minyak. Berikut ini adalah beberapa jenis manfaat gas alam untuk kehidupan dan manusia secara khusus.

1. Gas Alam sebagai Bahan Bakar untuk Kendaraan

Saat ini sumber bahan bakar untuk kendaraan menggunakan bahan bakar minyak yang diolah menjadi berbagai jenis seperti bensin dan solar. Pemakaian bensin dan solar menimbulkan masalah kerusakan alam yang lebih besar. Pemakaian bensin dan solar meningkatkan produksi emisi gas kaca yang menimbulkan masalah polusi udara. Pemakaian gas alam sebagai pengganti bensin dan solar bisa mengurangi polusi. Gas alam untuk bahan bakar berbagai jenis kendaraan dapat dibentuk dalam material CNG atau LNG.

2. Gas Alam sebagai Sumber Pembangkit Listrik

Gas alam pada dasarnya memiliki sifat yang sangat bersih bahkan lebih bersih dari sumber minyak dan batubara. Daya pembangkit listrik yang banyak digunakan di Indonesia bersumber dari air. Jika sumber air di bumi terus menerus dipakai maka kemungkinan juga akan berkurang. Sementara manusia juga memakai air untuk proses kehidupan yang lain. Sebagai alternatif pengganti maka gas alam bisa dijadikan sumber pembangkit listrik.

3. Gas Alam untuk Kesehatan Lingkungan

Sumber kehidupan manusia dipengaruhi oleh udara yang kita hirup. Kualitas udara yang buruk akan memberikan pengaruh untuk kesehatan. Sementara itu gas alam yang memiliki sifat bersih bisa mengurangi emisi dari pemakaian bahan bakar lain dalam kehidupan. Gas alam tidak bisa menghasilkan asap sehingga sangat aman untuk kualitas udara. Proses ini telah membantu lingkungan agar selalu bersih dan aman dari berbagai jenis zat polutan.

4. Gas Alam untuk Kontribusi Ekonomi Dunia

Gas alam mendorong berbagai jenis aliran ekonomi di dunia. Pemanfaatan gas alam yang didukung oleh pemakaian teknologi akan menjadi investasi bagi sebuah negara. Selain itu gas alam bisa menjadi sumber pemasukan bagi sebuah negara bahkan bisa mendukung kestabilan ekonomi di masa depan.

5. Gas Alam Menciptakan Jutaan Lapangan Kerja

Eksplorasi gas alam yang dilakukan oleh perusahaan pertambangan telah membantu  manusia untuk menemukan pekerjaan. Pembukaan pertambangan gas negara akan membantu para ahli teknologi dan pertambangan untuk menemukan masa depan mereka. Selain itu industri ini bisa dikembangkan menjadi sumber pekerjaan yang lebih luas.

6. Gas Alam untuk Industri

Manfaat gas alam untuk memajukan industri ternyata memiliki potensi yang sangat besar. Gas alam bisa menjadi sumber bahan baku bagi beberapa industri seperti industri pengolahan plastik (LDPE), industri pengolahan metanol, dan industri pengolahan pupuk. Beberapa jenis industri lain yang menggunakan bahan baku dari gas alam adalah industri pengelasan besi baja, industri pengolahan bahan untuk pemadam api, dan industri rekayasa hujan.

7. Gas Alam Meningkatkan Potensi Ekonomi Negara

Tidak semua negara bisa memiliki pertambangan gas alam. Sementara itu beberapa negara maju membutuhkan gas alam sebagai sumber energi untuk transportasi, bahan baku industri dan sumber bahan bakar lain. Hal ini meningkatkan potensi ekonomi bagi negara penghasil gas alam. Gas alam bisa di ekspor ke negara lain dalam beberapa bentuk seperti LNG dan CNG.

8. Gas Alam sebagai Bahan Pemanas dan Pendingin

Di Indonesia pemakaian gas alam untuk bahan pemanas dan pendingin memang belum banyak dikembangkan. Namun beberapa negara yang memiliki perubahan musim ekstrim, pemakaian sumber energi pemanas dan pendingin udara menjadi kebutuhan yang utama. Gas alam bisa diolah menjadi sumber energi alami untuk mesin pemanas dan pendingin di perumahan maupun perkantoran.

9. Gas Alam sebagai Sumber Energi Rumah Tangga

Pemakaian gas alam sebagai bahan bakar untuk kebutuhan memasak menjadi salah satu sumber energi yang sangat aman. Pemakaian gas sebagai bahan bakar kompor sudah dikenal luas di Indonesia. Bahan yang diolah dari gas alam dibentuk menjadi LPG. Gas alam menjadi sumber energi bahan bakar yang saat ini diunggulkan oleh masyarakat. Gas menjadi sumber yang lebih baik dari minyak tanah atau solar.

10. Gas Alam Penghasil Sumber Tenaga Uap

Pemakaian sumber bahan bakar uap bisa dilakukan untuk menghasilkan tenaga listrik yang sangat besar. Di Indonesia pemakaian sumber gas alam ini sering disebut dengan nama PLTU (Pembangkit Listrik Tenaga Uap). Sumber tenaga listrik ini menjadi sumber energi yang ramah terhadap lingkungan karena tidak menimbulkan polusi dari gas buang.

11. Gas Alam untuk Rekayasa Cuaca

Perubahan musim sudah menjadi potensi alam yang sangat besar manfaatnya bagi kehidupan. Masalah cuaca yang paling sering terjadi di Indonesia adalah kondisi perubahan cuaca yang tidak stabil. Musim kemarau biasanya menjadi lebih panjang pada periode tahun setelahnya. Akibatnya adalah kegagalan panen bagi para petani. Untuk mengatasi masalah ini maka bisa menggunakan sumber gas alam sebagai bahan baku untuk melakukan rakayasa cuaca. Tehnik hujan buatan dilakukan dengan menanamkan gas karbon dioksida ke udara.

12. Gas Alam untuk Pengolahan Hasil Hutan

Gas alam yang dihasilkan oleh sebuah pertambangan juga memiliki dukungan yang penting terhadap pengolahan hasil hutan. Hasil hutan yang dikelola bisa dirubah menjadi berbagai produk untuk kehidupan seperti kertas, kardus, tisu, dan berbagai bahan lain. Pengolahan hasil hutan yang dilakukan dalam pabrik membutuhkan energi yang sangat besar. Jika pengolahan dilakukan dengan sumber energi minyak atau batubara maka potensi kerusakan lingkungan akan semakin besar. Gas alam menjadi sumber energi yang sangat besar dan penting bagi semua industri hasil hutan.

13. Gas Alam Meningkatkan Pendapatan

Nilai gas alam sebagai bahan bakar terbarukan menjadi sangat tinggi bila sudah dirubah menjadi energi yang siap dikonsumsi. Proses pengolahan energi dari gas alam membutuhkan jumlah tenaga kerja yang sangat besar. Hal ini secara otomatis bisa meningkatkan pendapatan masyarakat. Bahkan kenaikan ekonomi masyarakat bisa diikuti oleh kenaikan pendapatan sebuah negara.

14. Gas Alam sebagai Energi Pengganti

Sumber energi yang sudah banyak dikenal di dunia adalah seperti minyak dan batu bara. Minyak dan batubara sudah digunakan sejak ratusan tahun yang lalu. Sementara itu proses pembentukan produksi minyak dan batubara juga membutuhkan waktu yang lama seperti pembentukan energi dari gas alam. Gas alam masih menjadi sumber energi baru yang belum banyak digunakan. Lewat penelitian dan pemakaian teknologi penemuan sumber energi dari gas alam bisa ditemukan. Gas alam bisa menjadi energi pengganti minyak dan barubara yang persediaanya di dunia sudah semakin menipis.

15. Gas Alam Mendukung Kemajuan Proses Ilmu Pengetahuan dan Teknologi

Gas alam yang menjadi sumber energi baru ditemukan dengan proses penelitian yang sangat panjang. Ada pemakaian berbagai jenis teknologi dan ilmu pengetahuan untuk mengungkap sumber gas alam. Dalam hal ini manusia selalu dituntut untuk mengungkap ilmu pengetahuan yang harus dipakai dan berusaha untuk menciptakan berbagai jenis peralatan baru. Gas alam telah membuat manusia untuk memikirkan cara-cara baru yang lebih aman bagi dunia.

Gas alam menjadi salah satu potensi alam yang sangat besar, manfaat gas alam untuk berbagai kebutuhan manusia harus dimanfaatkan dan dikelola sebaik-baiknya. Perkembangan teknologi dan ilmu pengetahuan yang digunakan untuk mengembangkan fungsi gas alam bisa menjadi manfaat yang sangat besar dalam kehidupan manusia. Pemakaian gas alam telah terbukti sangat efektif dan mengurangi potensi kerusakan alam yang disebabkan oleh pemakaian sumber energi lain.

Baca Juga : Manfaat Nitrogen