Manfaat Biogas Dalam Kehidupan Sehari Hari Manusia

Biogas merupakan salah satu jenis energi alternatif yang terbilang baru, dan masih dikembangkan bagi kebutuhan pemenuhan energi dunia, termasuk salah satunya adalah Indonesia. Bogas sendiri dikalim memeiliki kemampuan yang lebih baik dibandingkan jenis energy lainnya yang berbentuk gas, seperti LNG, LPG, dan CNG. Wajar saja biogas masih asing di telinga masyarakat Indonesia, karena kebanyakan masyarakat Indonesia belum ‘peka’ terhadap energy alternative selain bahan bakar minyak.

Biogas sendiri merupakan jenis bahan bakar gas yang diproduksi dari sampah dan limbah yang sifatnya organic, sehingga mengalami proses anaerobic yang kemudian dapat menjadi bentuk gas yang dapat dimanfaatkan sebagai sumber energy. Limbah dan sampah yang diolah dan diproses pada dasarnya merupakan jenis limbah yang biodgradable alias bisa terurai dengan mudah, seperti kotoran hewan dan manusia, sampah daun dan kulit buah – buahan, serta jenis sampah atau limbah cair yang bdibang oleh pabrik – pabrik industry tertentu.

biogasBiogas diklaim merupakan salah satu energy alternative yang modern dan bersih, karena tidak menggunakan bahan bakar fosil yang konvensional seperti bahan bakar minyak atau gas alam, dan juga diklaim ramah lingkungan.

Maka dari itu, biogas saat ini sudah mulai dikembangkan dan digunakan sebagai salah satu energy alternative disamping energy yang berasal dari tenaga matahari atau solar cell.

Apa saja manfaat biogas?

Meskipun terbilang baru apabila dibandingkan dengan jenis bahan bakar fosil pada umumnya, namun biogas memiliki manfaat yang sangat banyak, terutama dari segi pemenuhan kebutuhan energy dunia, baik itu rumah tangga hingga kebutuhan dalam industry yang berskala besar seperti pabrik. Berikut ini adalah beberapa manfaat biogas.

  1. Bahan bakar kendaraan

Saat ini memang penggunakan energy fosil dan bahan bakar minyak untuk kendaraan sudah mulai diperhatikan, yaitu dengan cara konversi bahan bakar menjadi bahan bakar yang berbasis gas, seperti CNG ataupun bahan bakar listrik. Namun demikian selain kedua bahan bakar tersebut, biogas juga merupakan salah satu energy yang sangat baik untuk menjadi bahan bakar dari kendaraan.

Mengapa baik?

Berikut ini adalah beberapa alasan, mengapa biogas baik untuk bahan bakar kendaraan :

  • Pembakaran yang ramah lingkungan dan tidak akan menambah jumlah karbon di udara, sehingga aman untuk atmosfer
  • Lebih murah untuk biaya operasional
  • Tidak mempengaruhi kinerja dan performa dari kendaraan itu sendiri
  1. Pengganti kayu bakar

Bukankah repot ketika anda ingin memasak, anda harus menyiapkan kayu bakar terlebih dahulu, lalu membuat api, dan kemudian mengatur kau – kayu agar api yang dhasilkan tetap baik dan tidak terlalu besar? Dengan menggunakan biogas, maka hal ini tidak akan terjadi, anda dapat memasak dengan mudah dan tanpa perlu repot menggunakan dan mencari kayu bakar.

  1. Pengganti gas LPG

Anda menggunakan LPG di rumah anda? apakah anda merasakan kondisi harga LPG yang terus merangkak naik dan semakin sulit terjangkau? Salah satu energy baik yang dapat menggantikan peran LPG adalah biogas. Biogas yang diolah dengan baik dan pengotornya, karena pada dasarnya biogas memang berasal dari limbah, akan sangat dapat diandalkan sebagai pengganti gas LPG yang semakin hari semakin memberatkan daya beli masyarakat. Tentu saja biogas memiliki biaya yang jauh lebih murah dari pada penggunaan LPG. Hal ini akan berdampak pada tertekannya harga produksi dari indutri rumah tangga, seperti :

  • Usaha katering dan rumah makan
  • Pengeluaran biaya energy memasak yang lebih irit
  • Pengalihan dana LPG untuk keperluan rumah tangga lainnya.
  1. Menghasilkan pupuk organic

Dari segi lingkungan, pembuatan biogas yang berasal dari limbah dan sampah yang dapat terurai akan menghasilkan pupuk organic yang merupakan hasil dari pengolahan biogas itu sendiri. Pupuk organic memiliki banyak sekali kelebihan, karena tidak mengandung bahan kimia berbahaya yang kemungkinan akan menempel pada hasil produksi pertanian nantinya. Selain itu, hasil pertanian yang menggunakan pupuk organic biasanya :

  • Memiliki rasa dan penampilan yang lebih baik dan segar
  • Memiliki kandungan gizi yang lebih baik
  • Tidak meninggalkan residu kimiawi yang dapat membahayakan tubuh.
  1. Memanfaatkan sampah lingkungan

Anda pasti sudah mengetahui berapa banyak sampah yang dihasilkan setiap harinya. Jangankan dari sampah dan limbah pabrik, bahkan sampah rumah tangga saja sudah sangat menumpuk. Proses recycle pun sepertinya tidak cukup membantu, karena tidak semua sampah dapat didaur ulang dengan mudah. Disinilah manfaat lain dari pengolahan energy biogas. Biogas dapat menggunakan jenis limbah apapun, asalkan itu merupakan jenis limbah yang dapat terurai. Hal ini akan membuat timbunan sampah rumah tangga dan sampah industry menjadi berkurang drastic. Efeknya?

  • Lingkungan menjadi lebih bersih, bebas dari sampah
  • Menjauhkan diri dari jenis penyakit
  • Mengurangi lingkungan kumuh yang ada di sekitar penampungan sampah
  • Rasa nyaman dan aman karena limbah dan sampah yang dapat dikurangi
  • Menghilangkan bau tidak sedap yang dihasilkan penumpukan sampah.
  1. Meningkatkan kualitas udara

Bukan rahasia umum apabila kualitas udara saat ini sangatlah buruk. Bahkan metode penerapan uji emisi euro 4 pun masih belum dapat menutupi buruknya kualitas udara. Dengan menggunakan energy dari biogas, maka komposisi karbon dan asap yang dapat merusak kualitas udara dapat dikurangi secara signifikan, sehingga akan sangat berpengaruh bagi kualitas udara yang kita hirup sehari – harinya.

  1. Pembangkit listrik

Saat ini pemasok listrik tunggal, yaitu PLN masih menggunakan bahan bakar jenis solar untuk memasok sebagian besar pelanggannya di seluruh Indonesia. Padahal, biogas dapat menjadi salah satu bahan bakar alternative yang dapat menghasilkan listrik. Kira – kira 1 meter kubik biogas dapat menghasilkan 6000 watt listrik per jam nya.

  1. Menyeimbangkan kandungan alam di dalam bumi kita

Bahan bakar yang sekarang masih digunakan merupakan bahan bakar fosil dan uga bahan bakar yang berasal dari cadangan energy di dalam perut bumi. Cadangan, itu artinya energy ini akan habis pada suatu waktu. Maka dari itu, untuk mencegah kehabisan cadangan energy, biogas merupakan salah satu solisi terbaik, karena biogas merupakan jenis bahan bakar yang dapat diperbaharui, tanpa sedikitpun menggunakan bahan bakar yang ada di dalam perut bumi.

baca juga :

Itulah beberapa manfaat penting dari biogas. Semoga artikel ini bermanfaat dan kita dapat mengaplikasikan energy ini dalam kehidupan sehari – hari untuk kehidupan bumi yang lebih baik.