10 Manfaat Arang untuk Kesehatan dan Air

Arang, merupakan salah satu bahan bakar, yang sering digunakan untuk memasak makanan. Bagi anda yang sering memasak dengan cara membakar, pasti sudah sangat akrab dengan benda hitam yang satu ini. arang memiliki banyak sekali jenis dan variannya, tergantung dari bahan utama pembuatannya.

Ada yang berasal dari kayu bakar, dan ada juga yang berasal dari batok kelapa. Namun, jenis arang yang paling sering digunakan adalah arang dari batok kelapa, karena dinilai tahan lama dan menghasilkan pembakaran yang baik.

Proses Pembutan Arang

manfaat arangArang sendiri tidak dapat terbentuk begitu saja, karena untuk membuat arang, ada prosesnya terlebih dahulu. Kira-kira, proses dari pembuatnan arang adalah sebagai berikut :

  1. Siapkan bahan utama arang, kayu ataupun batok kelapa.
  2. Letakkan bahan utama tersbut pada suatu wadah tahan panas dan tahan api, seperti panic, besi, ataupun wadah lainnya.
  3. Gunakan sedikit minyak tanah dan kertas sebagai media untuk membakar bahan utama pembuat arang
  4. Bakar hingga bahan tersebut menjadi arang, lalu arang yang anda butuhkan pun sudah siap

Nah, itulah tutorial singkat untuk membuat arang sendiri, lebih hemat, karena tidak harus membeli di pasar. Arang sendiri sudah sejak jaman dahulu digunakan dan memiliki banyak sekali manfaat bagi kita. Apa saja manfaat dari arang? Berikut ini adalah beberapa diantaranya :

1. Sebagai bahan bakar untuk memasak

Manfaat pertama dari arang, yang paling sering kita gunakan adalah sebagai bahan bakar dalam pembuatan suatu masakan. Biasanya beberapa rumah makan, ataupun kita sendiri ketika akan memasak sesuatu yang dibakar, banyak menggunakan arang.

Hal ini disebabkan karena api yang muncul dari arang tidak terlalu besar, sehingga tidak akan menyebabkan makanan menjadi hangus dan tidak bisa dimakan. Selain itu, panas yang dipancarkan oleh arang juga efektif untuk mematangkan masakan secara merata hingga ke dalam.

2. Menjernihkan air

Arang, meskipun memiliki warna yang hitam legam, namun ternyata sangat bermanfaat untuk menjernihkan air loh. Ya, air yang keruh, dan juga kotor mampu dijernihkan dengan menggunakan arang dan juga bubuk arang. Caranya sangat sederhana hanya perlu menggunakan arang sebagai penyaring air yang eruh saja. Atau bisa juga dengan mencampur air dengan bubuk arang, lalu tunggu hingga arang mengendap dan air menjadi jernih.

Hal ini dapat terjadi karena manfaat arang untuk penjernihan air memiliki sifat alami yang dapat menyerap zat yang menyebabkan air menjadi keruh.

3. Menjernihkan udara

Arang, selain dapat menjernihkan air, ternyata juga memilii manfaat yang sangat baik untuk menjernihkan udara. Anda hanya perlu menggantungkan bubuk arang pada tempat yang dianggap kotor udaranya, atau bisa juga dengan cara meletakkan arang pada udara terbuka. Sifat alami dari arang yang dapat menyerap zat-zat berbahaya sangat efektif untuk menjernihkan dan juga memperbaiki kondisi udara di sekitar anda.

4. Menghilangkan bau tidak sedap dan juga kotaran pada makanan

Selain dapat menjernihkan air dan juga udara, arang juga sangat bermanfaat untuk menghilangkan dan juga mencegah bau tidak sedap yang tercium dari makanan dan juga udara sekitar. Arang memiliki fungsi penyerapan yang luar biasa, yang dapat menyerap berbagai jenis kuman dan juga bakteri yang menyebabkan bau tidak sedap pada udara sekitar dan juga pada makanan.

5. Mengobati keracunan pada kulit karena sengatan dan juga jamur

Manfaat arang untuk kesehatan juga dapat digunakan sebagai salah satu jenis obat-obatan kulit yang disebabkan oleh sengatan binatang atau jamur. Biasanya, kulit yang terkena sengatan ataupun jamur akan mengalami infeksi berupa warna kulit yang menjadi kemerahan. Dengan menggunakan bubuk arang, maka racun yang menginfeksi kulit dapat diserap oleh arang.

Bagaimana caranya?

Caranya sangat mudah, anda hanya perlu memasukkan bubuk arang pada kain, lalu basahi sediki. Setelah itu, andadapat menempelkan bubuk arang tersebut pada kulit yang mengalami infeksi. Apabila dilakukan secara rutin, maka infeksi pada kulit anda tesebut akan hilang dan kulit anda akan sembuh.

6. Menghilangkan bau tak sedap

Bau tidak sedap kali ini adalah bau tidak sedap yang berasal dari mulut. Biasanya bau mulut yang tidak sedap disebabkan oleh buruknya kebersihan mulut, dan juga efek dari makanan yang kita konsumsi. Dengan menggunakan arang, anda dapat menghilangkan bau mulut ini. caranya adalah dengan berkumur menggunakan air larutan bubuk arang.

Jangan khawatir, hasil penelitian menunjukkan bahwa arang aman untuk dikonsumsi langsung, maupun dicampur dengan air atapun makanan.

7. Meringankan gejala diare

Arang juga memiliki manfaat yang baik untuk meringankan gejala diare. Diare merupakan salah satu penyakit pencernaan yang disebabkan oleh bakteri. Dimana penderitanya akan mengalami sakit perut, dan buang air besar secara terus menerus, sehingga membuat tubuh penderitanya menjadi lemas.

Anda dapat memanfaatkan larutan dari bubuk arang untuk meringankan gejala dari diare dan menyembuhkan diare yang anda alami.

8. Menyembuhkan radang pencernaan dan gangguan pada organ pencernaan

Tidak hanya diare, arang juga bermanfaat untuk mengobati dan juga mencegah terjadinya peradangan serta infeksi pada orgn – organ pencernaan. Cara mengkonsumsinya pun sama, anda dapat minum larutan air dan juga arang, yang memang efektif untuk mengobati peradangan organ pencernaan, seperti usus besar dan juga lambung anda.

9. Dapat menyerap cairan luka dan bakteri pada luka luar

Luka pada kulit, atau yang sering dikenal dengan istilah luka luar juga dapat disembuhkan dengan menggunakan manfaat arang. Untuk menyembuhkan luka luar tersbut, anda dapat melakukan hal yang sama seperti ketika anda menyembuhkan kulit yang terinfeksi oleh racun dan jamur, yaitu dengan cara mengompres luka dengan menggunakan arang.

Untuk mengompres luka luar, usahakan jangan langsung menempelkan arang pada kulit, karena akan menimbulkan bekas, jadi gunakanlah kain sebagai perantara, agar tidak menimbulkan bekas.

10. Anti racun di dalam tubuh

Air larutan arang, apabila diminum secara rutin dan juga teratur dapat menjadi anti racun di dalam tubuh anda. hal ini dapat membuat tubuh anda terhindar dari infeksi racun dan juga membantu anda untuk menangkal racun yan gdapat menyebabkan berbagai macam penyakit.

Itulah manfaat dari arang yang mungkin belum anda ketahui. Bagaimana? Menarik bukan? Semoga artikel mengenai manfaat arang ini dapat menambah wawasan anda.

, ,
Post Date: Monday 29th, June 2015 / 08:12 Oleh :
Kategori : Alam