Inilah 6 Manfaat Slow Cooker dalam Rumah Tangga

Ditengah kehidupan modern ini, banyak orang yang mulai memperhatikan setiap proses yang terjadi pada aktivitas sehari hari termasuk memasak. Memasak merupakan aktivitas yang dijalani untuk mengolah makanan dalam kondisi mentah menjadi matang dan siap dikonsumsi untuk memenuhi kebutuhan makanan dengan kandungan nutrisinya setiap hari. Terkait aktivitas memasak, ada beberapa cara yang biasa kita kenal seperti mengoreng, merebus, dan lain sebagainya.

Dalam perkembangannya, ada banyak istilah dan cara cara baru yang berkaitan dengan masakan mulai menjadi tren di masyarakat karena adanya kebutuhan untuk dapat menghasilkan makanan yang lebih berkualitas dan memiliki manfaat lebih baik. Salah satu proses memasak tersebut disebut sebagai slow cooker atau dapat pengertian kasarnya merupakan proses memasak secara perlahan. Berikut penjelasan mengenai manfaat slow cooker dalam proses memasak yang mungkin belum banyak diketahui melalui ulasan di bawah ini.

1. Banyak digunakan untuk memasak sup dan bubur

Slow cooker merupakan salah satu teknik memasak yang sekarang ini cukup praktis karena adanya banyak tipikal alat masak yang memang menerapkan cara slow cooker tersebut sebagai salah satu kelebihannya. Dengan slow cooker maka proses memasak untuk mengolah bahan makanan menjadi sup dan bubur akan lebih mudah dan praktis serta lebih memberikan hasil yang maksimal dibandingkan dengan cara pengolahan sup maupun bubur biasanya. Slow cooker memang cocok untuk digunakan dalam proses memasak berbagai olahan yang membutuhkan api kecil dan lama. Kegunaan slow cooker tersebut tentu berbeda dengan manfaat rice cooker.

2. Sangat membantu dalam menyiapkan mpasi

Mpasi merupakan jenis makanan pendamping asi yang diberikan kepada bayi yang telah berusia lebih dari 6 bulan sebagai pendukung dan tambahan nutrisi yang sudah tidak mencukupi lagi ketika hanya didapatkan dari aktivitas menyusui. Mpasi juga menjadi salah satu bentuk olahan makanan yang membantu mengenalkan bayi pada makanan yang seharusnya akan dikonsumsinya ketika beranjak dewasa. Slow cooker menjadi salah satu alat memasak yang sangat dibutuhkan oleh para ibu dalam membantu menyiapkan makanan pendamping asi karena proses pembuatannya hampir semuanya membutuhkan api kecil dalam waktu yang lama seperti saat membuat sup dan bubur.

3. Membantu menjaga kandungan nutrisi

Manfaat slow cooker lainnya yang sangat penting dalam setiap olahan masakan yang dihasilkannya adalah membantu menjaga nutrisi dalam setiap bahan makanan tetap dalam jumlah yang maksimal dan tidak rusak sehingga ketika dikonsumsi, nutrisi tersebut akan terserap dengan baik oleh tubuh. Adanya manfaat yang disebutkan tersebut memang cocok untuk mempersiapkan mpasi bagi bayi agar nutrisi tubuhnya terpenuhi sehingga proses pertumbuhan dan pekembangannya dapat terjaga.

Dampak posifit tersebut dapat diperoleh karena selama proses memasak menggunakan slow cooker maka hanya digunakan api kecil yang tidak akan merusak nutrisi dalam bahan pangan yang digunakan. Memasak dengan slow cooker tentu berbeda dengan ketika menggunakan manfaat kompor biasa.

4. Menjadikan daging lebih empuk dan mudah dimakan

Manfaat lain yang bisa diperoleh dari slow cooker dalah menjadikan daging lebih empuk dan mudah dikonsumsi ketika ditambahkan dalam olahan makanan. Daging yang tidak diolah dengan baik memang akan sangat alot dan sulit untuk dikonsumsi karena keras. Proses memasak menggunakan slow cooker yang akan membantu daging menjadi lebih lembut karena menggunakan api rendah dan dalam frekuensi masak yang perlahan dan lama sehingga daging menjadi lebih lembut serta tidak alot meskipun tidak terlalu efektif seperti manfaat panci presto.

5. Mencegah masakan menjadi gosong

Bagi para ibu yang memiliki kesibukan tinggi di rumah seringkali lupa terhadap bahan makanan yang sedang dimasaknya sehingga menyebabkan kondisi olahan makanan menjadi gosong seperti ketika menggunakan manfaat oven. Gosong bukan hanya menjadikan makanan berubah rasa kearah yang tidak enak namun juga berbahaya bagi kesehatan sehingga sebaiknya memang tidak dikonsumsi ketika ada masakan gosong. Salah satu manfaat atau kelebihan yang dimiliki oleh slow cooker adalah membantu mencegah makanan gosong dan kehilangan air sehingga dapat ditinggal untuk melakukan akitvitas rumah lainnya.

6. Manfaat slow cooker lainnya

Selain manfaat yang disebutkan diatas, ada beberapa dampak positif lain dari slow cooker dalam proses memasak. Beberapa manfaat dan dampak posifit lain dari slow cooker yang juga perlu dipahami adalah memudahkan dalam pembuatan kaldu, menjadikan masakan lebih tahan lama, dan lain sebagainya. Namun dibalik manfaat tersebut, ada kekurangan yang perlu diperhatikan yakni mengenai penggunaan beban listrik yang lebih besar serta tingkat kematangan yang cukup lama sehingga tidak dapat digunakan untuk masakan yang membutuhkan kematangan cepat seperti salah satu contohnya adalah menggoreng dan menumis.

Itulah beberapa penjelasan mengenai manfaat slow cooker yang merupakan salah satu jenis teknik memasak lambat dan dengan api kecil. Slow cooker merupakan salah satu jenis teknik memasak menggunakan alat yang memang akan membantu dalam menjaga kualitas makanan yang membutuhkan proses memasak lama seperti bubur, kaldu, dan sup. Slow cooker juga sangat bermanfaat bagi ibu yang sedang mempersiapkan mpasi atau makanan pendamping asi bagi bayinya.