Manfaat Kolang Kaling untuk Lutut Lebih Sehat

Kolang kaling merupakan makanan yang sudah tidak asing lagi bagi kita. Kolang kaling dapat ditemukan dengan mudah di pasaran. Buah yang juga memiliki naman lain buah atap ini sering dijadikan campuran pada minuman seperti es campur atau kolak. Rasanya lezat dan nikmat, dan cocok jika dicampur aneka minuman. Namun dibalik rasanya yang lezat ternyata makanan ini mengandung banyak khasiat untuk kesehatan tubuh kita. Ya, banyak orang yang sudah membuktikan khasiat kolang kaling untuk kesehatan tubuh. Bahkan ada sebuah perkumpulan pesepeda yang menjadikan kolang kaling suplemen bersepeda mereka. Mengapa bisa? Berikut akan dibahas mengenai khasiat kolang kaling.

artikel terkait kolang-kaling :

Kolang kaling terbentuk dari pohon aren. Pohon aren akan mengeluarkan buah yang berisi kolang kaling tersebut. Tanaman aren adalah tanaman yang kaya manfaat penting selain kelapa. Selain penghasil kolang kaling, tanaman ini juga menghasilkan gula (gula aren) dan juga minuman yang lezat bernama legen (nira). Tanaman ini tumbuh di wilayah asia tropis, dan menyebar dari India timur hingga ke negara Malaysia, Filipina dan Indonesia. Pohon aren biasanya tumbuh sampai ketinggian 1400 meter di atas permukaan laut. Tanaman ini menjadi sumber penghasilan dari petani yang menanamnya. Itulah seluk beluk tentang pohon penghasil kolang kaling. Jadi kita bisa mendapatkan kolang kaling dengan mencari buah yang dihasilkan oleh pohon aren. Jika pohonnya saja sudah bermanfaat, tentu buahnya akan bermanfaat juga. Kandungan gizi yang terdapat pada kolang kaling, antara lain :

  • kadar air sebesar 93,8% setiap 100 gram.
  • Juga mengandung karbohidrat 4 gram.
  • 1 gram kadar abu.
  • serat kasar 0,95 gram.
  • Protein 0,69 gram.
  • Kolang kaling juga mengandung gelatin
  • Vitamin A, B, C yang bermanfaat bagi tubuh

Dengan komposisi kandungan gizi seperti di atas, tentu kolang kaling akan memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, temasuk lutu. Lalu apa saja fungsi kolang kaling untuk lutut. Berdasarkan penelitian dari departemen pertanian beberapa manfaat kolang kaling untuk lutut antara lain :

1. Menyehatkan tulang

Tahukah anda, ternyata jumlah kalsium yang dimiliki kolang kaling hampir menyamai susu sapi murni. Berdasarkan penelitian yang dilakukan setiap 100 gram susu sapi memiliki kandungan 125 mg kalsium, sedangkan setiap 100 gram kolang kaling memiliki 91 mg kalsium.

Dengan kandungan kalsium yang cukup tinggi kolang kaling seharusnya menjadi alternatif pengganti susu karena kandungan kalori kolang kaling lebih sedikit dibanding susu, sehingga kita tidak akan mengalami kegemukan atau kelebihan berat badan seperti ketika kita mengonsumsi susu sapi. Seperti yang diketahui, kegemukan atau kelebihan berat badan akan membuat sendi lutut terasa sakit karena bekerja lebih keras untuk menopang tubuh.

penting mengenai tulang:

2. Mengobati radang sendi

Apabila seseorang mengalami radang persendian, ia akan cenderung mengalami rasa sakit pada bagian lututnya apabila sudah berjalan atau menaiki dan menuruni tangga selama beberapa menit. Jika anda mengalami hal ini janganlah khawatir, kolang kaling bisa menjadi alternatif untuk meredakan radang yang anda alami. Mengapa bisa? Karena kolang kaling mengandung karbohidrat galaktomannan sebesar 52,9% yang mampu meredakan rasa sakit atau memberikan efek analgesik. Hal itulah yang bisa mengurangi rasa sakit pada radang sendi. Lalu bagaimana cara mengonsumsinya? Rebus kolang kaling tanpa dicampur apa pun (termasuk gula). Setelah matang, tiriskan dan nikmati kolang kaling sebagai camilan.

penting mengenai sendi:

Itulah beberapa manfaat kolang kaling untuk mengatasi permasalahan yang terjadi pada lutut. Jadi pendapat para konsumen mengenai khasiat kolang kaling untuk lutut ternyata terbukti secara klinis. Hal ini tentu akan menamba informasi bagi kita dan bisa beguna ketika kita mengalami masalah yang sama nantinya. Demikian artikel tentang manfaat kolang kaling untuk lutut. Semoga bermanfaat dan terima kasih.