4 Manfaat Batang Sereh Untuk Tulang dan Otot

Manfaat batang sereh untuk tulang mungkin belum banyak diketahui karena batang sereh merupakan salah satu rempah-rempah biasanya digunakan sebagai bahan penyedap dan pengharum makanan. layaknya manfaat kecap inggris Sereh (Andropogon Nardus) sering juga disebut serai selain digunakan sebagai bumbu masakan juga dapat dimanfaatkan untuk kesehatan tubuh manusia.

Sereh mengandung senyawa geranil butirat, lomonen, eugenol, metileugenol dan geranial. Selain itu batang sereh  Sereh juga mengandung banyak nutrisi yang baik untuk tubuh diantaranya vitamin A, vitamin C ,vitamin B1, vitamin B2, vitamin B3, vitamin B5, manfaat vitamin B6, folat, magnesium, seng, zat besi, tembaga, potasium, mangan, fosforSereh juga mengandung zat anti-bakteri dan anti-mikroba yang mampu mengatasi dan mengobati infeksi pada saluran pencernaan dan membantu regenerasi sel baru pada luka. Sereh mengandung analgesik yang berfungsi sebagai perda rasa sakit pada otot maupun sendi. Sereh juga berfungsi menghilangkan bau badan, mengatasi keracunan makanan dan infeksi pada kulit.

Berbeda dengan manfaat serai untuk diabetes batang sereh mampu mengatasi osteoarthritis yakni kerusakan tulang rawan pada sendi. Seperti diketahui bahwa sereh mengandung sifat anti-inflamasi dan mampu mengurangi gejala rasa sakit pada radang sendi, reumatik, asam urat dan berbagai penyakit nyeri sendi yang lain yang berbeda dengan manfaat kecap ikan untuk gondok.

Sifat anti-inflamasi pada batang sereh mampu meminimalisir aktivitas siklooksigenase-2 dimana merupakan enzim yang menyebabkan peradangan dan rasa sakit yang menyerang bagian persendian, meredakan kejang pada otot, keseleo serta mampu merilekskan otot.

Berbagai manfaat batang sereh guna menjaga kesehatan tulang dapat anda lakukan sebagai berikut:

1. Rebusan batang Serai

 Konsumsi rebusan batang serai sebanyak 5, tumbuk lah batang sereh kemudian bisa diseduh dengan air panas maupun direbus dan tambahkan madu atau gula secukupnya. Berbeda dengan konsumsi manfaat daun nangka kuning konsumsi rebusan batang sereh dalam kondisi hangat.

2. Teh Sereh

 Selain baik untuk tulang mengkonsumsi batang sereh juga mampu mengoptimalkan detoksifikasi racun dalam tubuh, mengatasi kolesterol tinggi dan menjaganya tetap stabil, mengatasi kelebihan lemak serta menjaga kesehatan pencernaan maupun kesehatan kulit.

Bahan yang digunakan dalam pembuatan teh sereh adalah beberapa batang sereh, air 250 mL gula, madu atau susu. Rebus air kemudian masukkan batang sereh dengan api kecil selama kurang lebih 20-25 menit, jika ingin tambahkan lah pemanis berupa gula, madu ataupun susu, selain itu dapat pula ditambahkan merica guna mengatasi rasa mual yang berlebihan.

3. Batang Sereh Sebagai Obat Luar

 Batang sereh  juga dapat digunakan sebagai obat luar. Gunakan beberapa batang sereh kemudian tumbuk dan oleskan pada bagian tulang yang terasa sakit, hal ini juga berlaku jika rasa nyeri pada sendi akibat rematik menyerang tubuh.


4. Kombinasikan dengan Apel

Berikut ini langkah-langkah untuk membuat racikan atau minuman untuk meregenerasi tulang, bahan yang dibutuhkan antara lain 2-3 buah batang sereh yang sudah dicuci bersih, jika anda ingin menambahkan dapat dicampur dengan buah apel 1 biji saja, selanjutnya Kedua bahan tersebut dimasukkan didalam panci dan tambahkan air secukupnya, rebus hingga matang atau sampai apel menjadi lembek, setelah matang saring air rebusan sereh dan apel dan tuangkan di dalam gelas, minum setiap hari agar khasiatnya dapat terasa. Ramuan diatas dapat mengurangi rasa sakit dipersendian bagian lutut.

Konsumsi teh batang sereh dalam jumlah yang normal, hindari konsumsi secara berlebihan. Tetap konsultasikan kesehatan tulang secara rutin guna menghindari bahaya paenyakit yang lebih serius. Semoga bermanfaat.

, , ,
Oleh :
Kategori : Tumbuhan