17 Manfaat Kentang Merah Untuk Mendukung Kesehatan Manusia

Kentang merupakan salah satu satu bahan makanan yang cukup populer di berbagai daerah. Selain sebagai sayuran kentang juga dapat menggantikan peran nasi sebagai makanan pokok. Bahan makanan ini memiliki tekstur yang lembut dan rasa yang gurih sehingga banyak disukai. Kentang dapat diolah dengan cara direbus, dikukus, digoreng, atau dibakar. Umumnya kita mengenal jenis kentang putih yang banyak dijual di pasaran. Namun tahukah anda bahwa ada pula jenis kentang merah yang sesuai namanya memiliki kulit umbi yang berwarna merah.

Seperti kentang putih kentang merah juga memiliki kandungan nutrisi yang sangat diperlukan dan bermanfaat bagi kesehatan diantaranya kaya akan manfaat kalium, manfaat karbohidrat, dan manfaat vitamin C. Selain itu kentang merah juga mengandung manfaat antioksidan, natrium, alkali, air, niasin, manfaat protein, thiamin, manfaat zat besi, dan manfaat fosfor. Dengan beragam kandungan nutrisi penting ini tidak heran jika konsumsi kentang merah dapat membawa banyak manfaat bagi kesehatan. Untuk lebih jelasnya berikut beberapa manfaat kentang merah yang penting untuk mendukung kesehatan tubuh:

1. Sumber energi

Seperti jenis kentang putih mengonsumsi kentang merah yang kaya akan karbohidrat bermanfaat untuk menambah cadangan energi dalam tubuh sehingga kita dapat beraktivitas dengan baik. Konsumsi kentang merah dapat menggantikan atau melengkapi manfaat nasi atau beberapa bahan makanan pokok seperti manfaat jagung dan manfaat sagu sebagai sumber energi bagi tubuh.

2. Mencegah perkembangan sel-sel kanker

Konsumsi kentang merah juga dapat mencegah anda terkena kanker. Kandungan asam klogenik pada bagian kulitnya dapat mencegah perkembangan sel-sel kanker dalam tubuh. Selain itu ada pula manfaat lempuyang dan manfaat daun kelor untuk kanker sehingga anda tidak perlu khawatir lagi terhadap penyakit mematikan ini.

3. Menghambat perkembangan radikal bebas

Warna merah pada kulit kentang merah menandakan adanya kandungan anthocyanin yang merupakan salah satu jenis antioksidan yang penting bagi tubuh. Dengan adanya kandungan manfaat antioksidan pada kentang merah dapat membantu melindungi tubuh dari serangan radikal bebas yang dapat menyebabkan berbagai penyakit serius.

4. Membantu keberhasilan program diet

Kentang merah juga dapat dijadikan salah satu menu dalam program diet harian anda. Kandungan karbohidratnya yang tinggi dapat membuat perut terasa kenyang sekaligus menambah pasokan energi tubuh sehingga mencegah anda mengonsumsi nasi secara berlebihan. Bahkan ada program diet yang menjadikan kentang sebagai sumber energi utama dan meniadakan konsumsi nasi.

5. Baik untuk kesehatan saraf

Konsumsi kentang merah juga berpengaruh positif pada kesehatan saraf. Hal ini didukung oleh manfaat potasium dan vitamin B6 yang dimilikinya yang bermanfaat untuk memelihara kesehatan saraf. Selain itu kesehatan saraf juga bisa didapatkan dengan manfaat sup lobstermanfaat air lemon, dan beragam makanan atau minuman lainnya.


6. Baik untuk kesehatan otak

Tidak hanya saraf konsumsi kentang merah juga baik untuk memelihara kesehatan otak sebagai pusat kendali tubuh. Selain melalui makanan otak juga dapat dipelihara dan diasah dengan melakukan berbagai kegiatan seperti manfaat membaca buku dan manfaat olahraga untuk otak.

7. Baik untuk kesehatan tulang

Selain karbohidrat kentang merah juga mengandung mineral seperti kalsium, kalium, dan fosfor sehingga sangat bermanfaat untuk memelihara kekuatan dan kesehatan tulang. Konsumsi kentang merah dapat membantu memperkuat dan menyehatkan tulang disamping konsumsi makanan atau minuman lainnya seperti manfaat susu dan manfaat sumsum tulang sapi.

8. Baik untuk kesehatan gigi dan gusi

Tidah hanya baik untuk tulang kandungan mineral pada kentang merah juga diperlukan untuk mendukung kesehatan gigi dan gusi sehingga gigi menjadi sehat dan kuat serta terhindar dari berbagai penyakit. Makanan lain yang juga dikenal bermanfaat untuk kesehatan gigi diantaranya manfaat bengkoang untuk gigi dan manfaat anggur untuk gigi.

9. Baik untuk kesehatan kulit

Selain manfaat minyak zaitun untuk kecantikan kulit anda juga dapat memanfaatkan kentang merah agar kulit tubuh menjadi sehat dan terlihat cantik. Makanan lain yang juga dikenal bermanfaat untuk mendukung kesehatan kulit diantaranya manfaat strawberry bagi kulit dan manfaat buah naga bagi kulit.

10. Mengurangi peradangan

Manfaat kentang merah untuk kesehatan juga dapat membantu mengurangi peradangan seperti pembengkakan, rasa panas, ruam, dan lain sebagainya. Ini dapat menjadi alternatif alami untuk mengatasi radang selain berbagai obat-obatan siap pakai salah satunya manfaat mefentan.

11. Baik untuk kesehatan dan kelancaran pencernaan

Kentang merah juga memiliki kandungan serat yang baik sehingga sangat bermanfaat bagi kesehatan dan kelancaran pencernaan. Selain itu ada banyak pilihan makanan lain yang juga baik dikonsumsi untuk kesehatan pencernaan seperti manfaat bengkoang dan manfaat sayur bendi.

12. Meredakan stres

Kentang kerap menjadi pilihan makanan saat stres terutama kentang goreng. Ini bukan sekedar kebiasaan namun memang terbukti secara ilmu kesehatan. Kandungan vitamin B6-nya diketahui dapat membantu meredakan stres yang diderita. Selain itu stres biasanya juga dapat diatasi dengan melakukan kegiatan seperti manfaat sauna dan manfaat olahraga.

13. Meningkatkan kekebalan tubuh

Selain konsumsi makanan sehat seperti manfaat remayung dan manfaat ikan gindara kekebalan tubuh yang baik juga bisa didapatkan dengan mengonsumsi kentang merah. Dengan kekebalan tubuh yang baik akan membuat tubuh anda lebih terlindungi dari serangan virus atau bakteri sehingga tidak mudah jatuh sakit.

14. Menstabilkan tekanan darah

Tekanan darah yang terlalu tinggi di atas normal bukanlah kondisi kesehatan yang baik dan dapat menyebabkan berbagai penyakit berbahaya seperti stroke, serangan jantung, masalah ginjal dan mata, hingga sindrom metabolik. Beberapa bahan makanan lain yang juga memiliki manfaat serupa diantaranya manfaat timun untuk darah tinggi dan manfaat buah naga untuk darah tinggi.


15. Mempercepat penyembuhan luka

Manfaat kentang merah lainnya untuk kesehatan adalah membantu mempercepat penyembuhan luka sehingga tubuh lebih cepat pulih. Selain itu manfaat jus wortel dan manfaat daging luwak juga dikenal sangat baik untuk mempercepat penyembuhan luka.

16. Mencegah penuaan dini

Jika anda ingin terlihat awet muda secara alami maka konsumsi kentang merah dapat menjadi pilihan yang baik. Hal ini didukung oleh kandungan antioksidan yang dimilikinya yang dapat mencegah terjadinya penuaan dini. Selain itu anda dapat pula melakukan perawatan kecantikan menggunakan beragam produk siap pakai seperti manfaat nourish skin dan manfaat wardah renew you agar terhindar dari penuaan dini.

17. Menyeimbangkan kadar pH tubuh

Dengan kandungan natrium dan alkali yang dimilikinya konsumsi kentang merah sangat baik untuk menyeimbangkan kadar pH tubuh agar tetap normal yaitu sekitar 7.35 – 7.45, tidak terlalu asam atau terlalu basa.

Demikianlah beberapa manfaat kentang merah untuk mendukung kesehatan yang sangat beragam mulai dari sumber energi, mencegah kanker, hingga mencegah penuaan dini. Untuk mendapatkan manfaatnya secara maksimal sebaiknya kentang diolah dengan cara yang benar dan tepat serta menghindari penggunaan minyak goreng secara berlebihan. Akan lebih baik jika direbus atau dikukus, kalaupun digoreng sebaiknya gunakan minyak berkualitas seperti minyak zaitun dan jangan dimasak terlalu lama sehingga kandungan nutrisinya tetap terjaga.

, ,
Oleh :
Kategori : Sayuran