8 Manfaat Lempuyang Bagi Kesehatan

Lempuyang merupakan salah satu tanaman rempah yang cukup populer di kalangan masyarakat Indonesia. Lempuyang memiliki bentuk yang mirip seperti jahe dan juga lengkuas, yaitu umbi yang beruas-ruas. Lempuyang merupakan umbi yang masuk ke dalam genus zingiber, dengan nama latin dari spesies lempuyang ini adalah zingiber zerumbet.

Obat Tradisional dengan Lempuyang

Di Indonesia sendiri, lempuyang sering sekali dimanfaatkan sebagai salah satu bahan utama dari pembuatan jamu obat yang dikenal dengan nama jamu cabe puyang. Jamu cabe puyang ini tentu saja banyak sekali khasiat penting bagi kesehatan tubuh kita. Anda dapat menembukan jamu cabe puyang ini pada tukang penjual jamu tradisional yang sering brkeliling di sekitar perumahan atau bisa ditemui pasar tradisional.

Bagian dari rempah bernama lempuyang ini yang paling sering dimanfaatkan adalah bagian umbi atau rimpangnya, sama seperti manfaat jahe, manfaat kunyit dan manfaat lengkuas. Biasanya rimpang atau umbi dari lempuyan diolah menjadi minuman jamu cabe puyang, yang memiliki banyak sekali manfaat ntuk kesehatan kita.

Berikut ini adalah beberapa manfaat dari lempuyang bagi kesehatan kita :

1. Mencegah kanker

Manfaat pertama dari rimpang tanaman lempuyan untuk kesehatan tubuh kita adalah mampu mencegah munculnya sel-sel kanker. Ya, lempuyang sangatlah baik untuk mencegah kanker, karena mampu untuk menghambat dan juga mencegah pertumbuhan sel kanker di dalam tubuh kita.

Kanker sendiri merupakan salah satu jenis penyakit yang amat sangat berbahaya dan juga ditakuti oleh banyak orang, karena memiliki resiko yang sangat tinggi untuk menimbulkan gangguan kesehatan yang sangat parah, bahkan hingga kematian. Jadi, dengan mengkonsumsi jamu dan olahan dari umbi lempuyang secara rutin, anda pastinya akan terhindar dari resiko penyakit kanker ini.

Pencegahan kanker secara alami juga bisa dilakukan dengan :

2. Meningkatkan nafsu makan

Bagi anda yang mengalmai gangguan pada pola makan, karena kurangnya nafsu makan, maka anda dapat mencoba untuk mengkonsumsi jamu dan juga ramuan obat yang dibuat dengan menggunakan olahan dari umbi atau rimpang lempuyang. Rimpang dari lempuyang memiliki kandungan serta manfaat yang almai untuk membantu meningkatkan nafsu makan. Terutama pada anak dan juga emreka yang sering mengalami gangguan makan.

Tubuh kita membutuhkan makanan agar mendapatkan asupan nutrisi yang cukup sehingga bisa terhindar dari berbagai macam gangguan kesehatan. Karena itu, cobalah untuk mengkonsumsi ramuan yang dibuat dengan menggunakan lempuang agar nafsu makan anda menjadi lebih baik dan meningkat.

Untuk meningkatkan juga bisa dengan mengkonsumsi :

3. Meningkatkan metabolisme tubuh

Lempuyang juga memiliki manfaat yang sagat baik untuk meningkatkan metabolisme tubuh anda. Metabolisme tubuh sangat diperlukan untuk membantu memproses segala macam nutrisi yang ada di dalam tubuh agar tidak menumpuk. Salah satu manfaat penting metabolism tubuh lainnya yang penting adalah membantu untuk menjaga kebugaran tubuh, agar tubuh anda selalu terlihat segar dan juga selalu bersemangat dalam melakukan setiap aktivitas.

Peningkatan metabolisme tubuh juga bisa dilakukan dengan :

4. Dapat membantu melangsingkan tubuh

Metabolisme tubuh yang terjaga dengan sangat baik baik, maka sudah pasti akan terjadi proses pembakaran lemak di dalam tubuh. Proses pembakaran lemak di dalam tubuh akan menjadi lebih baik dan juga optimal ketika metabolisme tubuh meningkat. Jadi, secara garis besar, proses metabolisme dapat membantu anda untuk menurunkan berat badan, karena tubuh dapat lebih sering membakar lemak, sehingga dapat mencegah terjadinya penumpukan lemak di dalam tubuh anda, yang menyebabkan kegemukan dan juga obesitas.

Untuk melangsingkan tubuh, bisa anda konsumsi :

5. Mengobati diare dan disentri

Manfaat lempuyang juga memiliki kegunaan yang sangat baik untuk membantu mengobati penyakit diare dan juga disentri. Diare dan juga disentri merupakan salah satu gangguan pada organ pencernaan, yang ditandai dengan sulitnya buang air besar dan juga rasa sakit dan perih apda bagian lambung. Dengan minum ramuan yang terbuat dari rimpang lempuyang, maka penyakit diare dan juga disentri ini dapat sembuh, dan anda pun dapat melanjutkan aktivitas ana kembali tanpa harus khawatir dengan rasa perih dan juga sakit pada bagian perut lagi.

Bahan alami untuk mengobati diare lainnya, juga bisa didapatkan dari :

5. Memperlancar sistem pencernaan tubuh

Selain baik untuk membantu mengobati penyakit diare dan juga disentri, ternyata ramuan jamu yang terbuat dari rimpang lempuyan juga mmeiliki manfaat yang sangat baik untuk membantu menjaga keseahtan pencernaan anda, sekaligus membantu untuk memperlancar sistem pencernaan anda. Hal ini tentu saja dapat embantu untuk mencegah terjadinya sembelit atau silit buang air besar, serta dapat melegakan lambung yang terasa mual dan juga begah karena sistem pencernaan yang atidak berfungsi dengan baik. Hal ini pun juga dapat membantu menurunkan berat badan anda dengan optimal.

7. Dapat membantu melembabkan kulit

Lempuyang ternyata juga sangat baik untuk kulit kita. Lempuyang dapat membantu untuk menjaga kelembaban kulit. Hal ini dapat mencegah munculnya gejala kulit kering dan kasar, serta keriput pada kulit. Dengan kelembaban kuli yang terjaga, maka anda akan terhindar dari gangguan lain dari kulit, seperti kulit kasar dan juga bersisik.

Selain lempuyang, bahan lain yang mampu menjaga kelembaban kulit yaitu :

8. Menjaga kesehatan kulit

lempuyang bagi kulit adalah mampu untuk menjaga kesehatan kulit. Lempuyang dapat menjaga kekenyalan dan juga elastiristas kulit, serta menjaga kecerahan kulit. Hal ini membuat kulit anda akan selalu terjaga kecerahannya, dan membuat kulit anda menjadi semakin cantik. Selain itu, beberapa sumber juga mengatakan bahwa lempuyang juga baik untuk mengobati jerawat, meskipun hal ini belum dapat teruji secara medis.

Bahan lain yang mampu menjaga kesehatan kulit juga terdapat pada :

Nah, itulah manfaat penting dari lempuyang bagi kesehatan kita. Semoga artikel mengenai manfaat dari lempuyang ini dapat menambah wawasan anda semua.