5 Manfaat Lemon untuk Diet Sehat

Lemon adalah salah satu buah yang termasuk dalam genus citrus yang merupakan tanaman asli dari Asia. Diperkirakan berasal dari Assam, daerah di sebelah utara India dan juga Burma, kini lemon telah menjadi buah yang mendunia karena telah tersebar di Eropa dan Amerika yang pada abad ke-19, karena penanaman besar-besaran dari tanaman lemon ini dilakukan di California dan Florida. Tumbuhan lemon hanya akan tumbuh dengan baik di daerah dengan suhu hangat sekitar 15 sampai 30 derajat celcius atau sekitar 60-85 pada derajat fahrenheit. Kemudian, buah berwarna kuning ini mempunyai rasa asam yang sangat kuat sebab adanya kandungan citric acid sekitar 5%-6% di dalam buah lemon.

Manfaat Lemon yang Luar Biasa

Walaupun mempunyai rasa yang tergolong kurang nikmat, lemon adalah salah satu buah multifungsi terfavorit di dunia. Terbukti, lemon ini banyak digunakan sebagai pembersih lantai. Kandungan yang ada pada lemon ini ternyata efektif membunuh bakteri yang ada pada lantai rumah. Selain itu, dengan baunya yang khas pun biasanya digunakan sebagai aroma terapi agar ruangan menjadi lebih harum.

Dalam dunia sains sendiri, ternyata buah lemon mempunyai fungsi luar biasa. Lemon ini mempunyai elektroda lemah yang dapat mengalirkan aliran listrik. Dengan perkembangan teknologi saat ini, lemon dapat digunakan dalam baterai jam tangan yang tidak membutuhkan banyak elektroda. Sedangkan dalam kuliner, lemon merupakan bahan makanan sekaligus minuman.

Selanjutnya, dalam dunia kesehatan sendiri, lemon pun mempunyai yang luar biasa. Misalnya saja sebagai aroma terapi untuk orang sakit yang dapat meningkatkan mood pasien. Ada pun khasiat lain untuk kesehatan adalah dapat digunakan sebagai obat penurun berat badan karena tidak mengandung kolesterol sama sekali dan juga rendah gula. Sebagai obat diet alami, C. Lemon ini dapat dinikmati dalam berbagai cara seperti berikut :

1. Disajikan dengan madu

Untuk menurunkan berat badan, lemon ini dapat dinikmati sebagai salah satu minuman sehat. Karena rasanya yang asam, beberapa orang pasti kurang menyukainya. Maka dari itu, madu bisa menjadi solusi yang tepat. Penambahan manfaat madu ke dalam minuman lemon ini dapat menyamarkan rasa lemon yang asam dengan rasa manis dari madu. Kemudian, kombinasi antara lemon dan madu ini sangatlah luar biasa.

Keduanya mempunyai khasiat untuk kesehatan, terutama buah lemon yang dapat membuat berat badan turun. Penambahan madu pada minuman lemon ini, selain dapat menyamarkan rasa asam lemon, juga mempunyai fungsi tersendiri bagi tubuh. Kandungan yang ada pada madu dapat meningkatkan kekuatan imunitas seseorang sehingga tidak akan mudah sakit. Kemudian, untuk kandungan lemon seperti asam sitrat akan mempunyai manfaat baik bagi tubuh karena dapat melancarkan pencernaan yang berdampak pada terkontrolnya berat badan seseorang.

Untuk meningkatkan kekebalan tubuh juga bisa didapat dari :

2. Dibuat sebagai salad

Salad lemon dapat dibuat dengan cara mengiris tipis lemon yang kemudian dapat dimakan langsung. Tujuan lemon diiris ini adalah agar asam dari lemon tidak akan terlalu kuat di lidah. Jika kurang menyukai lemon yang dimakan langsung, salad lemon dapat ditambahkan dengan berbagai buah segar atau sayuran segar yang biasa dikonsumsi sebagai salad.

Atau, bisa juga lemon ini hanya dijadikan sebagai dressing salad dengan cara memeras air lemon di atas salad buah maupun salad sayuran. Selain menyehatkan, kandungan manfaat vitamin A pada lemon mampu menambah manfaat serat tubuh yang sangat baik untuk melancarkan proses pencernaan. Selain itu, lemon yang dikenal sebagai buah rendah glikemik dapat membantu program penurunan berat badan. Ditambah dengan berbagai buah dan sayur, salad ini akan makin menyehatkan.

3. Dikonsumsi sebagai minuman hangat

Lemon memang terkenal sebagai buah untuk minuman. Maka dari itu, dalam program diet, lemon dapat dihidangkan sebagai minuman hangat. Cara membuat minuman yang satu ini cukuplah sederhana. Cukup sediakan air hangat dalam cangkir yang kemudian, masukkan irisan lemon ke dalamnya. Aduk dan tunggu beberapa menit hingga air hangat mempunyai rasa asam dari lemon.

Manfaat minum air hangat dan lemon ini sangat berguna bagi tubuh untuk melancarkan pencernaan, karena adanya kandungan asam sitrat dan vitamin A untuk menambah serat tubuh. Minuman hangat lemon ini akan sangat baik jika disajikan tanpa gula dan dikonsumsi pada pagi hari, sebagai pengganti manfaat kopi atau manfaat teh yang biasanya disajikan manis.

4. Disajikan bersama teh

Selain dapat disajikan sebagai minuman hangat, lemon juga dapat ditambahkan dalam teh. Teh dengan lemon ini memang telah populer sejak dulu. Bahkan kini banyak perusahaan minuman teh yang menawarkan teh dengan lemon dalam satu kemasan. Rasa teh yang bercampur dengan asam dari lemon membuat minuman ini digemari. Kemudian untuk mengkonsumsinya, minuman teh lemon ini dapat dibuat sendiri di rumah.

Cara pembuatannya pun cukup sederhana :

  • Siapkan teh yang telah diseduh
  • lalu masukkan irisan lemon ke dalamnya
  • satu sampai dua irisan pun cukup
  • Untuk menambah manfaat minuman teh lemon, sebaiknya minuman tidak dicampur dengan gula
  • Jika menginginkan rasa manis, tambahkan saja gula rendah lemak atau madu.

Minuman ini dapat membantu menurunkan berat badan, apalagi jika teh yang digunakan adalah teh hijau yang terkenal sebagai minuman diet. Jelaslah, kombinasi antara teh dan lemon akan sangat membantu program diet karena kalori yang ada pada 100 g lemon hanya sekitar 29 kalori, dan angka ini lebih kecil dibandingkan dengan kalori yang ada pada buah jeruk.

5. Disajikan sebagai jus

Selanjutnya, lemon dapat pula disajikan sebagai jus penurun berat badan. Jus lemon memang telah dikenal banyak orang sejak dulu sehingga bukan hal yang asing lagi. Yang membedakan antara jus lemon biasa dengan jus lemon untuk diet ialah pada cara penyajiannya. Jika pada jus lemon biasa, gula ditambahkan pada jus agar lebih manis, pada jus lemon untuk diet justru tidak menggunakannya. Hal ini disebabkan oleh kandungan gula yang berlebih pada jus yang dikonsumsi dapat memicu naiknya berat badan seseorang.

Maka dari itu, penggunaan gula pada jus lemon untuk diet dikurangi atau tidak ditambahkan sama sekali. Untuk mendapatkan rasa manis, pilihlah bahan makanan lain yang lebih menyehatkan seperti madu. Jika jus lemon diet ini dikonsumsi secara rutin, jus ini dapat menurunkan berat badan yang berlebih.

Itulah 5 sajian dari lemon yang dapat dicoba untuk menurunkan berat badan. Hal yang harus diingat jika memasukkan lemon dalam daftar diet adalah orang tersebut tidak mempunyai penyakit maag atau penyakit pencernaan lain. Hal ini dikarenakan kandungan asam yang cukup tinggi pada lemon dapat memicu kambuhnya penyakit tersebut. Selain itu, dalam melakukan program diet dengan lemon, asupan makanan lain pun harus terkontrol dengan baik agar program diet dapat berjalan lancar.