8 Menu Diet Saat Puasa di Bulan Ramadhan

Berpuasa di bulan ramadhan merupakan sebuah keberkahan bagi umat muslim. Bulan yang penuh berkah, dimana bulan ramdhan merupakan bulan yang sangat istimewa. Berpuasa menjadi hal yang sangat berharga, dimana selain menahan haus dan lapar kita dianjurkan untuk menjaga hawa nafsu, meningkatkan kualitas ibadah dan selalu konsisten menjaga pola makan yang pastinya berdampak pada kesehatan tubuh.

Bagi sebagian orang, selain dijadikan sebagai lahan pengumpulan pahala, pada bulan ramadhan ini berpuasa menjadi salah satu alternatif yang dapat dijadikan sebagai ajang penurunan berat badan atau diet. Dalam hal ini, diet dehat perlu diterapkan karena menahan rasa lapar selama 22 jam merupakan hal yang sedikit memberikan godaan yang besar saat berbuka, adakalanya balas dendam dengan mengkonsumsi semua makanan yang ada sehingga, pola makan menjadi tidak sehat dan cenderung dpaat merusak keseimbangan kandungan metabolisme dalam tubuh.

Berbagai menu diet dapat diterapkan guna menjadi solusi yang baik, agar pola makan tetap terjaga serta asupan nutrisi yang cukup tetap terpenuhi setelah menjalankan puasa satu hari penuh. diantaranya:

1. Hindari Makanan Instan

Berbeda dengan manfaat ikan salmon untuk diet. Usahakan hindari makanan instan karena asupan pola makanan sehat diperlukan guna menjaga asupan energi serta berat badan tubuh dimana manfaat makanan organik merupakan hal yang sangat penting bagi tubuh.

2. Berbuka dengan yang Manis

Buah kurma banyak dianjurkan sebagai makanan pembuka puasa, Layaknya manfaat buka puasa dengan kurma cara ini menjadi salah satu solusi keseimbangan pola makan anda,

3. Hindari Minum Es

Kurangi mengkonsumsi air dingin saat berpuasa, usahakan untuk meminum air biasa dan hindari minuman bersoda.

4. Konsumsi Buah dan Sayur

Salad buah dengan keju atau pun mayones salad sayur dengan sedikit tambahan potongan :dada ayam, keju, merica, bawang bombai, selada, perasan jeruk lemon, dan bayam merah, segelas susu tawar hangat

5. Seimbangkan Asupan Karbohidrat

Terkadang rasa lapar berpuasa membuat kita kalapdan hilang kendali ketika berbuka puasa, Layaknya seperti hari hari biasa seharusnya kita tetap menjaga asupan pola makan yang baik. Konsumsi nasi dengan lauk sayuran, bawang putih, paprika, daun bawang dan seledri bisa di tumis atau di sayur kuah , sandwich isi telur dan sayur dan segelas air putih. Setelah makan pada waktu setelah tarawih jangan langsung tidur tetapi beri jarak terlebih dahulu sekitar 2-3 jam untuk memberi waktu mencerna bagi tubuhmu

6. Konsumsi Beras Merah

Mengganti konsumsi nasi putih dengan beras merah disarankan untuk  orang yang sedang diet. Berbeda dengan manfaat buah-buahan, nasi merah memiliki kalori yang lebih rendah, namun kaya akan serat dan vitamin adalah alasan beras merah baik untuk menurunkan berat badan. Akan tetapi  seringkali hal ini jg tidak terlalu berefek apabila konsumsi beras merah terlalu banyak dan menghasilkan kalori  yang setara dengan beras putih, hal tersebut justru tidak menyehatkan melainkan akan menimbulkan berbagai masalah kesehatan. Diet yang baik yaitu mengatur pola makan dengan mengkonsumsi nutrisi yang cukup. Jika salah satu komponen tersebut dikonsumsi secara berlebihan maka akan menyebabkan diet gagal , dan justru menimbulkan masalah lainnya seperti bertambahnya berat badan


7. Alternatif Solusi Makan Sahur

Makan sahur merupakan sunah nya berpuasa, disarankan untuk makan sahur di pagi hari guna sebagai penambah energi guna menjalankan aktivitas dimana kita memerlukan energi dan nutrisi yang cukup untuk melakukan aktivitas sehari-hari. Disarankan menjalankan manfaat makan sahur dengan kurma dimana menu diet saat sahur kita dapat mengkonsumsi 6 sendok beras merah, sayuran seperti kangkung atau bayam, lalu tambahkan protein dari protein nabati maupun hewani (tahu, telur, tempe, atau dada ayam) lalu dengan segelas jus. Pastikan makanan yang dikonsumsi seperti tahu, tempe, maupun ayam tidak digoreng , karena makanan yang di goreng mempunyai kandungan lemak jahat yang tinggi.

8. Alternatif Berbuka Puasa

Pada saat berbuka usahakan mengkonsumsi protein dalam jumlah cukup, Karena pada malam hari tubuh akan melakukan istirahat (tidur), dimana saat tidur sel-sel tubuh yang rusak akan diperbaiki oleh protein ini . Maka menu diet untuk malam hari yaitu 8 sendok beras merah , 1 telur rebus , tambahkan sayuran dan 1 jenis buah bisa jus maupun makan langsung. Saat akan tidur usahakan minum susu rendah lemak , agar mendapatkan  asupan protein yang cukup.

Itulah menu diet saat berpuasa ramadhan, semoga bermanfaat.

,
Oleh :
Kategori : Buah Buahan