7 Manfaat Daun Cincau Hijau untuk Diet Sehat

Bagi penikmat kuliner di Indonesia tentunya minuman cincau hijau bukanlah hal yang asing lagi. Selain memberikan sensasi yang sangat menyegarkan di tenggorokan, siapa sangka kalau daun cincau hijau juga memberikan manfaat dari segi kecantikan dan juga kesehatan. Cincau hijau sendiri direkomendasikan untuk seluruh usia, tanpa terkecuali. Sehingga sangat aman apabila ingin dikonsumsi sewaktu-waktu.

Daun cincau hijau merupakan sumber antioksidan dan mengandung berbagai mineral yang baik untuk tubuh seperti karbohidrat, serat, vitamin A, vitamin C, vitamin B1, fosfor dan berbagai senyawa seperti senyawa dimetilkurin 1-dimetotidia, alkaloin, tetandrin, isokandrodendrin, klorofil, dan lain lain.

Dan dari banyaknya mineral yang terkandung didalam daun cincau hijau tersebut, siapa yang mengira ternyata hal itu dapat menjadi bahan alami yang cocok dijadikan makanan untuk setiap orang yang hendak melakukan diet. Adapun manfaat daun cincau hijau untuk diet antara lain adalah:

1. Menghilangkan Rasa Lapar

Kebiasaan mudah lapar adalah kebiasaan yang paling sering menghancurkan program diet setiap orang. Kebiasaan mudah lapar bisa disebabkan karena pola konsumsi makanan yang tidak sehat, makanan yang dikonsumsi tidak kaya akan serat. Sehingga makanan yang dicerna tidak dapat berubah menjadi energi yang diperlukan tubuh. Itulah mengapa tubuh menjadi lebih mudah lesu dan lemas.

Namun, dengan mengkonsumsi cincau hijau asupan energi kedalam tubuh akan jauh lebih banyak. Karena kandungan serat yang tinggi didalam cincau hijau tersebut dapat membuat anda merasa jauh lebih lama kenyang dan tidak mudah lapar. Cara mengkonsumsi cincau hijau yang direkomendasikan untuk seseorang yang menjalani program diet tergolong bebas, bisa dengan cara meminum air rebusan, atau membuat jelly dari cincau hijau, dan lain lain. Hanya saja hindari penggunaan pemanis ataupun gula dalam mengolah cincau hijau, karena hal itu akan mengurangi optimalisasi mineral cincau hijau saat dicerna oleh tubuh.

2. Menjaga Kebugaran Tubuh

Karena konsumsi makanan yang berkurang, biasanya hal ini menyebabkan tubuh kekurangan energi dan menjadi tidak bersemangat dalam menjalankan aktivitas kesehariannya. Berbeda dengan produk diet yang dijual diluar sana, cincau hijau adalah salah atau bahan yang sangat direkomendasikan bagi anda yang sedang menjalani diet namun memiliki aktivitas yang sangat padat. Cincau hijau dipercaya akan tetap menjaga pasokan energi tercukupi sehingga tidak menimbulkan masalah dan mengurangi keoptimalan daya kerja organ tubuh anda.

Selain itu, manfaat cincau hijau untuk diet juga untuk menjaga kebugaran tubuh menjadi lebih baik lagi. Menggunakan bahan yang bersifat herbal memang lebih bagus dibandingkan dengan produk-produk obat yang dijual secara luas. Karena umumnya, produk obat tetap saja terkandung bahan kimia yang tidak ramah pada tubuh apabila dikonsumsi secara jangka panjang dan dapat menimbulkan rasa ketergantungan pada obat tersebut.

3. Penangkal Virus

Pada saat menjalankan program diet, umumnya tubuh akan mengalami pengurangan pasokan karbohidrat yang menjadi kunci terbentuknya energi dalam tubuh. Hal ini juga dapat mengurangi sistem kekebalan atau sistem imun tubuh. Sehingga ada kemungkinan ada masanya tubuh akan menjadi jauh lebih rentan terhadap virus, bakteri, atau kuman yang datang membawa bibit penyakit.

Tapi jika anda menggunakan cincau hijau sebagai menu diet di keseharian anda, anda tidak perlu khawatir. Karena kandungan antioksidan yang tinggi didalam cincau hijau mampu menjadi filter atau penyaring dari berbagai virus, bakteri, dan kuman jahat. Manfaat antioksidan juga berguna untuk menangkal radikal-radikal bebas dan jahat, seperti mengurangi kemungkinan terkenanya sel tumor, sel kanker, dan sel sel yang membahayakan lainnya.


4. Memperlancar Buang Air Besar (BAB)

Saat anda memutuskan untuk menjalankan program diet, anda harus menjaga kelancaran dan kesehatan organ pencernaan. Karena organ pencernaan yang sehat membuat makanan dapat tercerna dan tidak menumpuk didalam perut yang membuat kemungkinan berat badan menjadi lebih susah turun. Mengkonsumsi cincau hijau secara rutin dapat membuat BAB anda menjadi jauh lebih lancar dan membuat makanan di dalam perut dapat tercerna secara sempurna dan menghindarkan dari terjadinya penumpukkan sisa-sisa makanan.

5. Direkomendasikan bagi Penderita Penyakit Maag

Maag adalah salah satu penyakit yang menyerang bagian lambung. Maag sendiri biasanya disebabkan karena memiliki pola makan yang sering terlambat atau tidak teratur, ataupun juga disebabkan konsumsi jenis makanan yang terlalu asam ataupun terlalu pedas. Maag biasanya ditandai dengan rasa nyeri yang sangat kuat dibagian pinggir perut mendekati pinggan, hal ini karena terjadinya gesekan yang menimbulkan luka dibagian organ pencernaan didalam tubuh anda.

Untuk mengatasi hal ini, anda bisa dengan memperbanyak mengonsumsi cincau hijau. Cincau hijau sangat direkomendasikan para ahli untuk merawat dan menjaga kesehatan organ pencernaan anda. Sebaiknya konsumsi cincau hijau dengan cara meminum air saringan dari rebusannya tersebut. Konsumsilah 2x sehari, terutama disaat pagi hari sebelum beraktivitas dan malam hari sebelum hendak beristirahat.


6. Mengontrol Kadar Gula dalam Darah

Mengonsumsi daun cincau hijau secara rutin dan teratur dapat mengontrol kandungan kadar gula di dalam darah. Hal ini diperkuat kembali dengan kandungan serat yang tinggi didalam cincau hijau, Sehingga selain digunakan untuk anda yang sedang menjalani program diet, cincau hijau juga sangat direkomendasikan bagi anda yang juga sebagai penderita penyakit diabetes. Namun yang harus digarisbawahi adalah jangan mengkonsumsi cincau hijau dengan menambahkan pemanis ataupun gula.

7. Membantu Pembakaran Lemak dan Pembentukan Otot

Manfaat cincau hijau juga dianggap mampu untuk membakar lemak dan membentuk otot bagi tubuh anda. Sehingga pada saat anda mencapai berat badan yang anda inginkan, anda akan jauh lebih mudah untuk mempertahankannya. Anda tidak akan mudah memiliki berat badan yang tidak ideal kembali. Hal ini disebabkan karena sisa sisa lemak yang hilang sudah terganti keberadaannya menjadi otot yang berfungsi untuk membantu aktivitas tubuh anda di keseharian anda. Sebaiknya anda juga memperbanyak olahraga setiap minggunya, setidaknya 2 hingga 3 kali seminggu. Hal ini akan membuat pembakaran lemak jauh lebih cepat dan pembentukan otot menjadi jauh lebih sempurna.

Selain 7 manfaat daun cincau hijau untuk diet di atas, manfaat lainnya adalah untuk menjaga kesehatan lambung dan usus Anda. Banyak sekali bukan manfaatnya? Nah, tunggu apa lagi? bila Anda sangat ingin menurunkan berat badan, dietlah secara sehat, salah satunya dengan daun cincau hijau. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

, , , ,
Post Date: Tuesday 14th, November 2017 / 03:09 Oleh :
Kategori : Herbal