11 Manfaat Ikan Asap Bagi Kesehatan Tubuh

Ikan merupakan salah satu makanan yang banyak mengandung manfaat protein dan kandungan yang lainya, dengan mengkonsumsi ikan, kebutuhan protein dapat terpenuhi. Hal ini menyebabkan ikan banyak dikonsumsi, dengan demikian semakin meningkatnya ikan maka harus adanya penanganan seperti pengawetan ikan. Adapun pengawetan ikan dapat dilakukan dengan cara pengarangan, pengeringan, pemanasan, dan pengasapan. Sehingga munculkah salah satu istilah ikan asap.

Ikan asap merupakan ikan yang diawetikan dengan cara pengasapan. Dengan cara pengasapan ini akan diperoleh manfaat untuk ikan ataupun untuk manusia, adapun manfaat dari ikan yang diawaetkan dengan diasapkan atau sering disebut ikan asap dapat diuraikan sebagai berikut :

  1. Ikan lebih awet

Dengan memanfaatkan asap dan pemberian asap pada ikan maka akan membantu ikan menjadi lebih awet. Pengasapan memang sering digunakan untuk mengawetkan makanan, tak terkecuali ikan asap ini.

  1. Bakteri pada ikan mati

Dengan menggunakan pengasapan pada ikan akan membantu membunuh bakteri yang ada di dalam ikan asap, dengan pengasapan ini memang bakteri pada ikan akan mati, tetapi perlu diketahui pula dibalik manfaat sesuatu hal tentu ada beberapa bahaya yang juga perlu diketahui, tidak terkecuali dengan ikan asap ini. ikan asap pun memiliki bahaya ikan asap yang perlu diwaspadi.

  1. Mengandung Protein

Baik itu ikan asap atau manfaat ikan, semua memiliki kandungan protein yang cukup. Ikan asap adalah ikan yang pengolahannya dilakukan dengan cara pengasapan, jadi ikan asap tentu memiliki protein yang baik untuk kesehatan tubuh karena ikan asap juga salah satu jenis ikan yang memiliki banyak manfaat ikan

  1. Mengandung vitamin A

Selain mengandung manfaat protein, ikan asap pun memiliki manfaat vitamin A, dimana manfaat ikan asap vitamin A ini mampu membantu mengobati penyakit mata, karena kita ketahui mata sangat membutuhkan vitamin A, selain ikan asap buah yang mengandung vitamin A adalah wortel, sehingga manfaat wortel bagi kesehatan matas sangat diperlukan

  1. Mengandung vitamin D

Salah satu manfaat vitamin D adalah untuk menjaga kesehatan tulang, apalagi bagi mereka yang masih bayi. Meski terdapat bahaya, tetapi ikan asap ini juga baik untuk kesatan dan pertumbuhan bayi. Karena kita ketahui bayi dalam perkembangan dan pertumbuhannya sangatlah pesat, dengan demikian diperlukan beberapa makanna pendukung yang dapat mendukung kesehatan pada bayi.

  1. Mengandung vitamin B12

Manfaat vitamin B12 yang ada diikan asap hampir sama dengan manfaat vitamin B12 pada kandungan lainnya. Meskipun pada dasarnya akibat pengasapan pada ikan dapat menyebabkan kandungan beberapa vitamin menjadi hilang. Tapi tidak perlu khawatir, karena hilangnya vitamin b 12 akibat pengasapan tidak semuanya hilang.

  1. Mengandung zat besi

Zat besi memang memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan, bahkan pada masa pertumbuhan zat besi sangat dibutuhkan, oleh sebab itu memanfaatkan zat besi pada ikan asap tidak ada salahnya, sehingga dengan memanfaatkan ikan asap maka zat besi yang ada pada ikan asap ini dapat digunakan dan dirasakan manfaatnya. Meski perlu kita ketahui, ikan asap memang mengandung  manfaat zat besi yang baik, tetapi tidak seharusnya mengkonsumsi ikan asap secara berlebihan, karena itu akan menyebabkan beberapa bahaya pula.

  1. Mengandung fosfor

Kandungan lain yang ada pada ikan asap adalah kandungan manfaat fosfor, dimana kandungan fosfor ini sangat dibutuhkan pada pertumbuhan dan perawatan tulang manusia. selain didapatkan dari ikan asap, kandungan fosfor juga dapat dimanfaatkan dari kandungan ikan-ikan yang lain. Banya jenis ikan yang juga baik untuk kesehatan.

  1. Mengandung kalsium

Selain kandungan fosfor, kandungan dari ikan asap yaitu manfaat kalsium juga hampri sama dengan manfaat fosfor, kalsium juga digunakan untuk membantu merawat tulang dan gigi. Dengan demikian ikan asap memiliki manfaat menjaga tulang dan gigi.

  1. Mengandung vitamin B6

Banyak vitamin yang terkandung di dalam ikan, meskipun ikan itu sudah di asapi, salah satu kandungan vitaminnya adalah kandungan vitamin b6, manfaat B6 sagat diperlukan untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh.

  1. Mengandung potasium

Manfaat terakhir yang akan dibahas dsini adalah manfaat ikan asap yaitu ikan asap mengandung pontasium, dimana kandungan manfaat pontasium ini pun dibutuhkan pada beberapa bagian tubuh untuk menjaga dan merawat kesehatannya.

Itulah sebelas manfaat yang akan anda dapatkan dengan mengkonsumsi ikan asap, namun dengan demikian ada beberapa hal yang perlu diketahui bahwa ikan asap tidaklah baik untuk ibu hami, ataupun untuk dijadikan konsumsi setiap hari. Meskipun ikan asap banyak mengandung manfaat seperti yang telah dijelaskan ada 11 manfaat, tetap perlu diketahui bahwa ikan asap memiliki bahaya pula. Adapun bahaya dari ikan asap ini ditimbulkan karena adanya karbondioksida yang terkandung pada ikan karena pengasapan yang dilakukan pada ikan. Sehingga meskipun ikan baik untuk kesehatan dengan beberapa kandungan manfaatnya tetap tidak boleh berlebihan dalam mengkonsumsinya.

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Tuesday 04th, July 2017 / 02:39 Oleh :
Kategori : Daging