Manfaat Jamur Jerami Padi Nikmat Kaya Nutrisi

Manfaat Jamur Jerami PadiJamur jerami padi atau lebih dikenal dengan manfaat jamur merang merupakan salah satu jenis jamur yang bisa dikonsumsi dan sangat mudah dibudidayakan. Media tanam jenis jamur ini menggunakan jerami padi atau merang dengan cita rasa sangat nikmat dan umumnya akan dipanen ketika masih kuncup sebab harganya lebih mahal jika dibandingkan jamur yang sudah mekar akan tetapi tetap sama sama bisa dikonsumsi. Jamur jerami padi ini biasanya ada dalam masakan Cina atau Jepang dengan banyak kandungan gizi seperti vitamin B kompleks, fosfor, seng, besi, vitamin C dan juga magnesium. Namun meski begitu, sebaiknya hati hati dalam memilih jenis jamur ini karena banyak jenis jamur beracun yang bentuknya serupa dengan jamur jerami padi. Berikut ini akan kami berikan beberapa manfaat jamur jerami padi yang sangat luar biasa untuk tubuh anda.

  1. Mencegah Osteoporosis

Kandungan mineral fosfor dalam jamur jerami padi sangat penting untuk membuat struktur tulang semakin padat dan juga kuat selain banyak juga manfaat olahraga untuk tulang. Dengan mengkonsumsi jamur ini secara teratur, maka keropos dan pengapuran tulang tidak akan mudah terjadi atau dikenal dengan nama osteoporosis karena kandungan fosfor dalam setiap 100 gram jamur jerami padi bisa mencapai 223 mg.

  1. Sumber Tenaga

Meski jamur jerami padi mengandung lemak yang cukup rendah, akan tetapi kandungan kalori dalam jenis jamur ini sangat tinggi yakni mencapai 105 kilokalori. Ini sangatlah baik dan juga sehat sebagai sumber energi ketika beraktivitas. Meski jamur dikonsumsi dalam jumlah yang banyak, akan tetapi tidak perlu khawatir mengalami kelebihan berat badan sekaligus bisa memberikan rasa kenyang lebih lama.

  1. Menambah Nafsu Makan

Mengkonsumsi jamur jerami padi ini juga bisa meningkatkan nafsu makan sehingga baik diberikan untuk anak anak atau sesudah sembuh dari penyakit seperti manfaat jamur kuping. Selain bisa mengenyangkan dan menambah tenaga, namun jamur ini juga bisa meningkatkan nafsu makan lebih baik lagi tanpa menyebabkan efek samping.

  1. Meningkatkan Keaktifan Hormon

Dalam jamur jerami padi juga mengandung kalium yang sangat baik untuk mengaktifkan hormon seperti hormon adrenalin, dopamin dan juga serotonin karena tingginya kandungan mineral kalsium dalam jamur jerami padi ini.

  1. Menurunkan Tekanan Darah

Jamur jerami padi yang mengandung kalium tinggi ini sangat membantu untuk menurunkan tekanan darah sehingga bisa menurunkan risiko jantung dan stroke. Bahkan, hanya dalam satu buah jamur jerami padi mengandung kalium lebih tinggi jika dibandingkan dengan buah pisang atau satu gelas jus jeruk.

  1. Melawan Radikal Bebas

Riboflamon, selenium dan niacin yang ada dalam jamur jerami padi yang semuanya penting untuk tubuh. Selenium merupakan sumber antioksidan yang akan bekerja bersama vitamin E untuk melindungi semua sel sel tubuh dari kerusakan yang disebabkan radikal bebas.

  1. Menurunkan Risiko Kanker Prostat

Bagi para pria, jamur jerami padi juga sangat dianjurkan untuk dikonsumsi karena merupakan salah satu jenis makanan solusi kanker. Selenium yang terkandung dalam jamur ini sangat membantu untuk mencegah kanker prostat. Dalam penelitian dimana seseorang yang mengkonsumsi makanan tinggi selenium seperti jamur sebanyak dua kali lipat bisa menurunkan risiko kanker prostat hingga mencapai 65%. Sedangkan untuk pria yang mengkonsumsi selenium dalam jumlah sedikit akan memiliki risiko 4 hingga 5 kali lebih besar terkena kanker prostat.

  1. Mencegah Kanker Payudara

Tidak hanya baik dikonsumsi pria, namun jamur jerami padi juga memiliki komponen yang bisa menghambat aktivitas aromatase yakni enzim yang berperan penting dalam produksi estrogen serta 5 alpha reductase yakni enzim yang berguna untuk mengubah testoteron menjadi DHT. Jamur ini bisa menurunkan risiko kanker payudara seperti kanker prostat dengan cara mengeluarkan racun dalam tubuh.

Manfaat jamur jerami padi tidak hanya memiliki rasa yang sangat nikmat dan menjadi alternatif makanan para vegetarian, namun ternyata segudang nutrisi yang terkandung dalam jamur ini juga sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh dan juga mengatasi beberapa jenis penyakit dari mulai ringan hingga berat.

, , ,
Oleh :
Kategori : Makanan