12 Manfaat Es Krim untuk Kesehatan – Ibu Hamil

Es krim merupakan salah satu jenis makanan yang dibekukan sehingga memiliki tekstur yang padat dan biasa dikonsumsi banyak orang sebagai kudapan. Es krim memiliki banyak jenis rasa tergantung dengan keinginan si pembuat serta si pengonsumsinya. Banyak sekali anggapan salah mengenai es krim seperti es krim dapat menimbulkan kerusakan gigi serta menimbulkan batuk dan pilek. Untuk menghindari kerusakan gigi pada saat makan es krim terutama es krim coklat, biasakan untuk menggosok gigi atau dengan cara berkumur- kumur. Untuk pernyataan jika es krim dapat menyebabkan batuk, hal ini harus diluruskan supaya tidak menimbulkan kesalahpahaman yang berlarut- larut. Es krim tidak menimbulkan gangguan penyakit ringan seperti batuk dan pilek. Es krim yang dikonsumsi dan masuk ke dalam kerongkongan, suhunya juga tidak lagi sedingin es. Hal yang harus dihindari adalah ketika seseorang menderita gangguan radang tenggorokan, asma serta amandel.

Es krim tenyata banyak memiliki manfaat dimana salah satunya adalah untuk ibu hamil seperti menambah berat badan ibu hamil, mengurangi rasa tertekan ketika kehamilan serta membantu pembentukan tulang pada janin. Adapun beragam manfaat es krim bagi kesehatan antara lain adalah :

1. Menambah berat badan ibu hamil

Banyak ibu hamil yang mengalami masalah berat badan terutama karena berat badan yang kurang. Dalam hal ini mengkonsumsi makanan atau minuman dengan kandungan gula serta kalori akan dibutuhkan. Minuman es krim mengandung 207 kkal serta gula sebanyak 16 gr tiap 100 gramnya.

Ibu hamil juga baik mengkonsumsi berikut :

2. Membentuk tulang pada janin

Taukah anda jika es krim ternyata dapat digunakan untuk membantu pembentukan tulang pada janin? Es krim mengandung nutrisi yang berperan dalam membantu tumbuh kembang janin di dalam rahim.

3. Mengurangi rasa tertekan atau stress pada masa kehamilan

Tekanan yang membuat stress atau depresi merupakan salah satu hal yang banyak dialami oleh ibu hamil. mengonsumsi es krim dapat merangsang proses terbentuknya hormon thrombotonin. Fungsi hormon ini adalah untuk menenangkan hati, mengurangi rasa stress serta memperbaiki suasana hati terutama pada masa awal kehamilan. Mengurangi rasa stres pada ibu hamil, tidak hanya dapat dilakukan dengan cara mengkonsumsi banyak makanan sehat yang dapat mengurangi rasa stres. Namun juga dengan perhatian yang terutama dari suami serta keluarga dan teman-teman dekat.

3. Mengatasi morning sickness ibu hamil

Mual muntah merupakan gejala alami yang banyak dialami oleh para ibu hamil. Morning sickness menjadi gejala yang cukup menyusahkan karena tidak hanya membuat ibu hamil menurun nafsu makannya juga membuat tubuh menjadi lemas. Gejala kehamilan yang satu ini, dapat dikurangi dengan es krim sehingga, gejala yang sering terjadi terurama pada trisemester pertama ini dapat dikurangi.

4. Kaya akan kalsium

Beragam jenis es krim yang dibuat menggunakan susu memiliki kandungan manfaat kalsium serta nutrisi yang dapat digunakan untuk meningkatkan energi pada tubuh serta memperkuat tulang. Dengan tulang kuat serta energi yang cukup tentu menjalankan aktivitas-aktivitas harian menjadi lebih lancar.

5. Meningkatkan kekebalan tubuh

Es krim ternyata dapat digunakan untuk meningkatkan daya tahan tubuh karena mengandung sitokin. Sitokin merupakan protein yang diproduksi sebagai bagian dari antibody atau sistem imun tubuh.

Solusi kekebalan tubuh lainnya juga diperoleh dari :

6. Kaya akan vitamin

Dalam es krim terdapat beragam jenis vitamin seperti vitamin A, D, K serta B12. Vitamin- vitamin tersebut memiliki fungsinya masing-masing untuk kesehatan tubuh seperti :

  • Manfaat vitamin A bagus untuk menjaga kesehatan mata
  • Manfaat vitamin D berperan dalam menyerap kalsium serta berbagai nutrisi dari makanan serta menyimpannya di organ ginjal.
  • Manfata vitamin K berperan dalam meningkatkan aliran darah serta membuka sel darah yang mengalami penyumbatan di dalam tubuh
  • Manfaat vitamin B12 berperan dalam meningkatkan memori

Vitamin merupakan zat baik yang memiliki banyak fungsi bagi kesehatan tergantung pada jenis vitaminnya. Dalam hal ini, es krim menyediakan berbagai macam vitamin yang berguna untuk kesehatan anda.

7. Menurunkan berat badan

Kabar baik bagi anda yang tengah melakukan program penurunan berat badan karena, manfaat es krim ini dapat digunakan untuk membantu menurunkan berat badan anda. Hal ini dapat terjadi karena es krim yang dingin dapat membantu pembakaran lemak serta meningkatkan suhu tubuh.

8. Mengandung protein

Setiap hari tubuh membutuhkan protein yang berguna untuk memperbaiki serta membangun jaringan otot. Satu sendok es krim dapat menyediakan manfaat protein yang dapat mencukupi kebutuhan aktif anda dalam satu hari.

9. Menjaga gigi dan gusi

Banyak orang tua yang menjauhkan anak- anaknya dari es krim karena takut giginya berlubang. Namun kebalikannya, penelitian menyebutkan jika mengonsumsi es krim ternyta dapat melindungi gigi serta gusi karena mengandung kalsium.

10. Mengurangi peradangan

Es krim memiliki banyak sekali rasa yang berbeda satu dengan lainnya. Salah satu rasa es krim yang populer adalah es krim coklat. Es krim coklat memiliki kelebihan jika dibandingkan dengan es krim lain karena mengandung flavonoid yang dapat mengurangi terjadinya peradangan arteri pada jantung. hal ini dikarenakan es krim coklat yang terbuat dari dark coklat memiliki flavonoid yang dapat memlindungi arteri pada jantung dari rasa lelah.

11. Rendah lemak

Es krim rendah lemak yang biasanya dibuat dari bahan utama susu krim dapat memberi manfaat bagi kesehatan yang cukup banyak. Mengonsumsi es krim rendah lemak membuat anda tidak perlu khawatir akan berat badan yang meningkat.

12. Kaya akan gizi

Es krim memiliki banyak sekali gizi yang terkandung di dalamnya. Hal ini terkait dengan bahan-bahan yang terkandung di dalam es krim yaitu kalori serta protein serta berbagai jenis vitamin yang lain.

Ada banyak sekali anggapan yang salah mengenai mengonsumsi es krim mulai dari menyebabkan batuk, menyebabkan sakit gigi dan lain- lain. Namun nyatanya pernyataan tersebut merupakan pernyataan yang salah. Untuk ibu hamil sendiri hanya dianjurkan mengonsumsi es krim sebagai camilan dan bukannya sebagai makanan utama. Mengkonsumsi es krim dalam jumlah yang berlebihan dapat membuat berat badan naik secara berlebihan.

Es krim merupakan salah satu kudapan yang tidak bisa ditolak oleh banyak orang karena selain menyegarkan, es krim juga memberi banyak manfaat bagi kesehatan asal tidak dikonsumsi secara berlebihan.

Video Manfaat Es Krim