13 Manfaat Minum Madu Murni Setiap Hari Untuk Tubuh

Madu sudah sejak lama dikonsumsi sekitar 2500 tahun terakhir karena sangat banyak manfaat kesehatan sehingga sering digunakan sebagai pengobatan tradisional. Madu bisa diminum secara langsung, pengganti gula, dicampur air hangat atau air jeruk nipis, dibuat menjadi selai, jus dan bahkan ditambahkan dalam campuran makanan. Madu menjadi bahan alami yang mengandung banyak nutrisi, vitamin, mineral dan sumber antioksidan tinggi sehingga baik dikonsumsi orang dewasa maupun anak anak bahkan banyak juga manfaat madu untuk balita. Selain itu, dalam madu juga mengandung anti bakteri, anti inflamasi, anti aging dan berbagai khasiat lain yang semuanya bermanfaat untuk tubuh. Ada begitu banyak manfaat minum madu murni  yang bisa anda dapatkan jika dilakukan secara rutin khususnya untuk madu murni seperti ulasan yang kami berikan berikut ini.

  1. Memberikan Energi Instan

Dalam setiap satu sendok makan madu mengandung sekitar 64 kalori yang sangat baik dikonsumsi sebagai sumber energi. Sedangkan kandungan karbohidrat dalam madu bisa dengan mudah diubah menjadi glukosa sebab merupakan zat murni dan alami yang sangat mudah dicerna dan diserap oleh tubuh.

  1. Sumber Vitamin dan Mineral

Madu mengandung sangat banyak vitamin dan mineral seperti manfaat vitamin C, kalsium dan juga zat besi yang sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh sekaligus pencegahan berbagai jenis penyakit sehingga sangat disarankan untuk dikonsumsi setiap hari.

  1. Meningkatkan Kinerja Atletik

Dari penelitian membuktikan jika madu bisa memberikan bantuan egogenic sehingga sangat membantu meningkatkan kinerja atlet. Minum madu menjadi cara efektif untuk menjaga kadar gula darah, memulihkan otot, mengatasi lelah sekaligus mengembalikan glikogen sesudah latihan dan juga mengatur kadar insulin dalam tubuh.

  1. Mengandung Antiseptik Alami

Dalam madu memiliki beberapa sifat baik diantaranya anti jamur dan anti bakteri sehingga seringkali dijadikan bahan campuran untuk antiseptik alami pada beberapa jamu dan obat obatan tradisional lain yang efektif untuk menyembuhkan segala jenis penyakit.

  1. Tinggi Kandungan Antioksidan

Dalam madu mengandung nutraceuticals yang sangat efektif untuk menangkal radikal bebas sehingga tidak masuk ke dalam tubuh. Dengan meningkatkan sistem kekebalan tubuh, maka berbagai penyakit kronis seperti kanker dan penyakit jantung bisa dicegah secara alami.

  1. Menjaga Kecantikan dan Kesehatan kulit

Manfaat madu untuk kulit khususnya minum madu yang dicampur dengan susu sudah digunakan seluruh orang di dunia karena kemampuannya sebagai solusi kecantikan kulit. Minum campuran madu ini secara teratur bisa menghaluskan sekaligus memperindah kulit dari dalam yang bahkan sangat baik dijadikan sebagai masker alami.

  1. Meningkatkan Kualitas Tidur

Minum madu murni juga sangat baik untuk meningkatkan kualitas tidur dengan cara mengistirahatkan pasokan glikogen ke organ hati sekaligus mencegah otak untuk memicu pencarian kiris bahan bakar. Minum madu secara teratur juga bisa menghasilkan pelepasan melatonin pada otak dengan cara menciptakan lonjakan kecil kadar insulin sehingga merangsang pelepasan tryptophan yang akan diubah menjadi serotonin untuk membangun kembali jaringan ketika tidur.

  1. Membantu Penderita Diabetes

Mengkonsumsi madu juga sangat ampuh untuk mengurangi risiko terkena diabetes sekaligus membantu pengobatan penderita diabetes. Minum madu mentah yang ditambahkan dengan kayu manis bisa memanajemen gula darah yang sehat yang tidak hanya bermanfaat untuk diabetes namun juga untuk jerawat dan gingivitis.

  1. Menyembuhkan Batuk Secara Alami

Minum madu juga sudah terbukti sangat baik dilakukan sebagai solusi batuk dibandingkan dengan obat obatan yang dijual bebas untuk menyembuhkan batuk. Madu bisa mengurangi sekresi lendir dan batuk yang bahkan dalam penelitian memiliki tingkat efektivitas sama dengan diphenhydramine dan dextrimethorphan yakni bahan bahan yang biasanya digunakan dalam obat batuk.

  1. Membantu Mengatasi Alergi

Sifat anti radang dalam madu sangat penting untuk mengurangi gejala alergi. Madu berfungsi sebagai vaksin alami karena hanya mengandung sedikit serbuk sari untuk mengatasi hidung meler, mata gatal dan juga jenis alergi lainnya. Selain itu, madu akan menghasilkan antibodi yang sangat ampuh untuk mengurangi rasa sakit akibat alergi.

  1. Menguatkan Memori

Seiring bertambahnya usia, maka daya ingat seseorang akan terus berkurang yang juga bisa diatasi dengan cara minum madu murni secara teratur selain banyak juga manfaat madu untuk tulang. Manfaat antioksidan dalam madu bisa member makan sel sel otak agar bisa terus berkembang. Bahkan dalam penelitian dibuktikan jika minum madu bisa membantu memori wanita pascamenopause hanya dengan minum 1 sendok madu setiap hari.

  1. Membantu Menenangkan Refluks Asam

Madu juga baik dikonsumsi untuk mencegah gastroesopagheal refluks atau GERD sekaligus mengurangi rasa sakit yang ditimbulkan. Ada begitu banyak penelitian yang membuktikan jika madu bisa mengurangi gejala yang berkaitan dengan refluks asam sekaligus membantu menyembuhkan masalah tenggorokan, solusi maag dan juga gangguan pencernaan lain. Anda hanya perlu minum satu sendok madu sebelum makan atau juga bisa dicampur dengan manfaat teh campur madu yang diminum sebelum tidur.

  1. Mencegah dan Melawan Kanker

Madu menjadi bahan alami yang efektif sebagai solusi kanker karena sifatnya yang bisa mencegah karsinogen sekaligus membantu dalam menghambat pertumbuhan tumor. Madu juga mengandung senyawa fenolik seperti asam galat, asam elegiac, chrysin, asam p-coumaric, asam ferulat, asam syringic dan juga asm caffeic yang semuanya sangat penting untuk penyembuhan sel sel dalam tubuh. Mengkonsumsi madu dengan teratur menjadi cara mudah dan terjangkau untuk memberikan dorongan tubuh agar bisa menangkal berbagai penyakit berbahaya seperti kanker tersebut.

, , , ,
Oleh :
Kategori : Minuman