15 Manfaat Kesehatan Konsumsi Bir dengan Jumlah yang Tepat

Apakah bir sehat untuk tubuh? Banyak orang mengira bahwa bir merupakan minuman yang akan merusak organ tubuh dan tidak bermanfaat karena efeknya yang membuat memabukkan. Padahal meskipun mempunyai reputasi buruk, masih ada beberapa manfaat dari minuman wajib untuk kebanyakan orang-orang Eropa ini.

Banyak orang mengira bahwa semua bir beralkohol. Padahal tidak semua bir berkomposisi alkohol atau biasa disebut dengan bir tanpa alkohol yang dalam pengolahannya tidak memakai kadar alkohol.  Jadi bisa dipastikan aman dari memabukkan.

Berikut ini manfat dari bir yang mengadung alkohol jika diminum dalam kadar moderat:

1. Melindungi otak dari penyakit alzheimer dan parkinson

Meskipun setelah meminum bir berlebihan, tidak membuat otak mengingat kembali peristiwa blur yang terlewati, tapi bir mampu melindungi otak dari penyakit alzheimer dan parkinson, karena kandungan hops di xonthohumol didalam bir mampu mencegah penurunan kinerja otak.

Baca juga : Manfaat Ikan Dori

2. Bagus untuk tulang

Bir banyak mengandung silikon alami yang berfungsi untuk membangun kepadatan mineral tulang, 64% silikon dalam bir dapat diserap oleh tubuh, sedangkan hanya empat persen senyawa yang dapat diserap dari pisang, yang mampu mengurangi terkena osteoporosis.

Baca juga: Manfaat NHCP Tiens

3. Mengurangi stres

Banyak orang yang meminum bir hanya untuk mencari ketenangan dari hal-hal yang mengganggu pikiran. Bir diyakini mampu membuat tubuh dan otak lebih relax ketika stres, meskipun tidak ada masalah yang akan selesai hanya dengan minum bir.

4. Sumber vitamin

Umumnya kita semua hanya mengetahui bahwa buah-buahan mengandung banyak vitamin, faktanya bir pun juga memiliki sumber vitamin B, kaya akan  kalsium, magnesium, dan selenium.

5. Mencegah batu ginjal 

Menurut Journal Clinical of American Society of Nephrology, bir mencegah kemungkinan terkena batu ginjal. (Baca juga : Manfaat Kulit Manggis untuk Ginjal)

6. Melawan kanker

Kandungan hops di xonthohumol didalam bir selain mampu mencegah penurunan kinerja otak, juga mampu menghambat enzim penyebab kanker.

7. Membuat kurus

Untuk orang kelebihan berat badan dan tidak ingin diet yang merepotkan, maka minum bir adalah solusi termudah. menurut buku The Diet Mitos, bahwa manfaat kesehatan konsumsi bir di Belgia baik untuk bakteri usus, selain itu juga membantu pencernaan lebih optimal menjalankan fungsinya.

Baca juga: Manfaat Green Coffee

8. Mengurangi resiko diabetes

Diabetes merupakan penyakit yang umum ditemui oleh lansia, dan bir dipercaya mampu mengurangi kemungkinan diabetes tipe dua.

9. Menjaga jantung

Konsumsi bir  sesuai dengan kadar yang cukup, mampu menjaga resiko terkena serangan jantung dengan lebih baik 42% daripada mengkonsumsi anggur .

10. Mencegah terkena stroke

Bir memiliki manfaat mencegah stroke sekitar 50% di bandingkan dengan orang yang tidak minum bir. Karna bir membantu mencegah penggumpalan yang menyumbat aliran darah ke otak, dan jika di biarkan terlalu lama akan terkena stroke.

11. Mengurangi ketombe di rambut

Ketombe merupakan penyakit pada kulit kepala yang menjadi momok menakutkan untuk sebagian orang. Pada faktanya bir adalah obat alami untuk mengurangi tumbuhnya ketombe di kepala. Banyak orang di Eropa menggunakan bir sebagai air keramas.

12. Membuat kulit lebih baik

Orang-orang di Eropa suka merendam kulit mereka dengan bir ringan yang gelap karena dianggap memiliki manfaat terapi yang bagus untuk kesehatan kulit.

13. Bir membuat makanan lebih enak

Seorang blogger bernama Jackie, membuat resep makanan dengan mencampur bir. Di situsnya ia menjelaskan keterpesonaannya pada bir yang membuat resep makanannya menjadi lebih enak.

14. Mengurangi dehidrasi

Bir memiliki 93% air, yang menurut penelitian dapat mengurangi dehidrasi atau kekeringan lebih baik dari pada H20.

15. Antioksidan

Antioksidan pada bir mampu mengurangi timbulnya kerusakan seluler, karena bir  memilki zat besi yang tinggi. Meskipun bir memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, tetaplah perhatikan penggunannya. Karna penggunaan secara berlebihan itu tetap tidak mengandung manfaat untuk tubuh.

Baca juga :

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , , ,
Post Date: Saturday 16th, July 2016 / 03:48 Oleh :
Kategori : Kesehatan