5 Manfaat Dialis Dalam Kehidupan

Dialis biasa digunakan dalam membantu proses difusi darah atau manfaat donor darah. Dialis sendiri adalah proses perpindahan molekul yang telah terlarut dalam suatu campuran pada larutan yang terjadi akibat difusi pada membran semi permeable. Molekul molekul yang berukuran besar akan tertahan pada membran. sedangkan molekul yang memiliki ukuran yang kecil lebih kecil dari pada membran tersebut dapat keluar dari membran. Salah satu penyusun membran dialis yang dapat di gunakan adalah selulosa, sebab selulosa bersifat inert dari segala jenis molekul dan senyawa yabg telah dipisahkan. cepat atau lambatnya laju difusi ini ditentukan dari beberapa faktor yaitu: (Baca Juga: Manfaat Donor Darah Bagi Kesehatan  Manfaat Pengecekan Golongan Darah)

1. Luas permukaan kantung dialis

semakin luas permukaan pada kantung dialis maka semakin cepat laju difusi tersebut. sebaliknya jika permukaan  kantung difusi kecil maka laju difusi akan semakin lama. (Baca Juga: Manfaat Jambu Biji Muda Untuk Tubuh)

2. Konsetrasi molekul dialis yang akan keluar dari kantong dialis

Jika molekul terlarut  pada tempat yang lebih kecil dari pada tempat kantung dialis maka laju difusi dapat lebih cepat. namun jika molekul terlarut pada tempat yang lebih besar atau sama dengan kantong dialis maka laju difusi terjadi lebih lama. (Baca Juga: Manfaat Pull Up Bagi Tubuh)

3. Volume pelarut

Rasio luas permukaan membran dengan pelarut juga menentukan laju difusi. sebab jika luas permukaan membran dengan volume pelarut besar maka proses difusi akan berjalan dengan cepat. maka molekul terlarut dapat berdifusi dengan jarak yang dekat. sebaliknya jika rasio luas permukaan membran sengan difusi sempit maka molekul terlarut tidak dapat berdifusi secara cepat. (Baca Juga: Manfaat Jamu Bersih Darah , Mencegah Pembekuan Darah)

Manfaat Dialis

  1. Pemurnian protein

Dialis memang dapat membantu dalam pemurnian protein, karena dialis dapat menghilangkan molekul-molekul seperti molekul garam molekul garam ini meliputi amonium sulfat dimana pemurniaan ini akan terjadi pada tahap pemurniaan yang paling akhir. Dialis sangat efektif dalam memurnikan protein yang ada. Protein memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, untuk itu manfaat protein ini harus dijaga. (Baca Juga: Manfaat Sumber Daya Laut)

  1. Menghilangkan molekul garam

Seperti yang telah dijelaskan pada point pertama bahwa dengan melakukan metode dialis ini dapat digunakan untuk menghilangkan molekul-molekul seperti molekul garam. Sebagai contoh adalah molekul amonium sulfat. Sehingga pada tahap ini melekul-molekul tersebut sudah pada tahap pemurniaan. (Baca Juga: Manfaat Garam Inggris , Manfaat Garam Dalam Berbagai Bidang)

  1. Membantu proses pencucian darah pada penderita gagal ginjal

Tak hanya untuk memurnikan protein saja, tetapi metode dialis ini mampu untuk membantu penderita gagal ginjal dalam proses penyembuhannya. Karena memang dalam metode dialis ini sangat efektif dalam melakukan pencucian darah. Sehingga penderita gagal ginjal akan terbantu dalam membersihkan darah-darah kotor yang berada di ginjal. Dan setelah darah kotor itu dibersihkan darah tersebut dapat digunakan kembali pada tubuh. (Baca Juga: Manfaat Daun Seledri untuk Ginjal , Manfaat Jahe Untuk Ginjal)


  1. Dialisis poritonel sebagai pengganti peranan ginjal

Tidak hanya berfungsi sebagai pembersih darah dalam ginjal saja, tetapi ternyata dialis dapat digunakan dan dimanfaatkan sebagai pengganti peranan ginjal yaitu membantu membersihkan darah dan menyaring darah kotor dan memberikan darah yang bersih. Ada beberapa buah yang harus kamu ketahui yang bermanfaat untuk ginjal yaitu manfaat kulit mangis, dan manfaat jahe untuk ginjal

  1. Menghilangkan Urea dalam kandung kemih

Sama halnya dengan fungsi ginjal, yaitu menghilangkan urea yang berlebih dalam kandung kemih dan menyaring racun-racun yang ada dalam tubuh dan kemudian di keluarkan melalui air kencing. Dengan adanya dialis maka akan membantu kesehatan dalam tubuh. Ada beberapa hal yang dapat memberi kesehatan dalam tubuh seperti merasakan manfaat buah-buahan, merasakan manfaat lari pagi bagi kesehatan dan merasakan manfaat tidur siang.

Salah satu contoh dan manfaat diaisis yang paling mudah adalah proses pencucian darah pada pasien gagal ginjal. gagal ginjal adalah salah satu penyakit yang dimana ginjal tidak dapat berfungsi sebagaimana mestinya.

, , , , , ,
Oleh :
Kategori : Kesehatan