16 Manfaat Bunga Krokot Yang Penting Untuk Diketahui

Bunga krokot

Sebagian anda pasti sudah tahu dengan manfaat rumput krokot bagi kesehatan. Tanaman ini awalnya disangka gulma dan dibasmi begitu saja karena dapat tumbuh dimana saja dan tampak seperti rerumputan yang tidak berguna. Namun setelah diketahui khasiatnya untuk kesehatan barulah orang-orang mulai menanam dan membudidayakannya. Tanaman ini memiliki ciri berupa bunga yang cantik dan berwarna warni, daun yang berukurkan kecil dan lunak, serta batang yang berwarna kemerahan dan kehijauan.

Tidak hanya manfaat daun krokot yang sangat baik untuk mendukung kesehatan, bagian lain seperti bunga krokot kerap diolah bersama-sama daun, akar, dan batangnya sebagai ramuan alami untuk kesehatan. Untuk lebih jelasnya berikut beberapa manfaat bunga krokot yang perlu diketahui:

1. Mengatasi penyakit maag

Manfaat bunga krokot yang pertama adalah untuk mengatasi penyakit maag. Bunga krokot bersama daun, akar, dan batangnya dapat dihaluskan dan diperas. Air perasan ini kemudian dapat diminum untuk mengatasi penyakit maag yang diderita. Selain itu anda dapat pula menggunakan manfaat daun sirsak untuk maag kronis dan akut atau manfaat buah naga bagi penderita maag.

2. Baik untuk kesehatan mata

Krokot mengandung manfaat vitamin A yang baik dikonsumsi untuk memelihara kesehatan mata seperti manfaat beberapa bahan alami lainnya diantaranya manfaat wortel dan manfaat tomat. Mata menjadi sehat dan terhindar dari berbagai penyakit.

3. Mencegah penyakit jantung

Air perasan dari krokot juga baik dikonsumsi untuk mencegah timbulnya penyakit jantung yang dikenal berbahaya bahkan dapat menyebabkan kematian. Pencegahan penyakit jantung juga dapat dilakukan dengan menggunakan manfaat bahan alami lainnya seperti manfaat nanas untuk jantung dan manfaat alpukat untuk jantung.

4. Mengatasi diare

Bunga krokot juga dapat digunakan untuk mengatasi penyakit diare. Meskipun diare pada umumnya bukanlah penyakit serius namun jika tidak ditangani dengan benar dapat menyebabkan dehidrasi bahkan kematian. Selain itu diketahui pula manfaat daun jambu biji yang biasa digunakan untuk mengatasi diare.

5. Mengobati disentri

Tidak hanya diare konsumsi ramuan bunga krokot serta bagian-bagian lain tanaman krokot juga dapat mengobati disentri yang menyerang organ usus. Jika anda mengalami gejala diare serta beberapa gejala tambahan lain seperti mual, muntah, kram pada perut, dan demam maka konsumsi ramuan krokot dapat menjadi pilihan yang tepat.

6. Mengobati cacingan

Semua orang terutama anak-anak dapat terkena cacingan salah satunya akibat kurangnya menjaga kebersihan. Meskipun telah tersedia beragam obat-obatan siap minum namun jika menginginkan cara yang alami maka ramuan krokot dapat menjadi pilihan yang tepat untuk mengobati cacingan. Disamping itu anda dapat pula menggunakan manfaat bangle atau manfaat air rebusan biji ketumbar yang memiliki manfaat serupa.

7. Mengatasi sesak napas

Penyakit lain yang juga bisa diatasi dengan ramuan krokot adalah sesak napas. Meskipun demikian keluhan ini harus tetap dikonsultasikan dengan dokter untuk mendapat diagnosis yang tepat karena sesak napas bisa menjadi gejala dari beberapa jenis penyakit berbeda seperti maag dan serangan jantung.

8. Mengatasi radang usus

Manfaat bunga krokot dan bagian tumbuhan krokot lainnya juga dapat digunakan untuk mengatasi peradangan yang terjadi pada usus. Selain tanaman krokot anda juga bisa menggunakan manfaat bahan-bahan alami lainnya seperti manfaat daun waru dan manfaat buah bligo untuk kesehatan.

9. Mengatasi keputihan

Bagi anda kaum wanita yang memiliki masalah dengan keputihan abnormal dan sudah mencoba berbagai macam obat namun belum kunjung sembuh maka komsumsi ramuan dari bunga krokot dapat menjadi pilihan yang tepat. Kandungan berbagai senyawa penting pada tanaman krokot dapat membantu mengatasi masalah keputihan abnormal yang cukup mengkhawatirkan.

10. Mengatasi infeksi saluran kemih

Selain manfaat daun bengang dan manfaat daun antanan anda juga dapat menggunakan ramuan dari bunga krokot dan bagian tanaman krokot lainnya untuk mengatasi masalah infeksi saluran kemih. Ramuan ini akan membantu mengatasi infeksi yang biasanya disebabkan oleh kontaminasi bakteri pada organ-organ saluran kemih.

11. Mengatasi rasa nyeri dan pegal di badan

Aktivitas yang terlalu padat atau penyebab lainnya dapat menyebabkan badan terasa nyeri dan pegal. Disamping beristirahat dengan baik anda dapat pula menggunakan ramuan dari bunga krokot untuk mengatasi rasa nyeri dan pegal yang dirasakan sehingga lebih cepat pulih dan membaik.


12. Mencegah hipertensi

Manfaat bunga krokot juga bisa digunakan untuk mencegah hipertensi atau tekanan darah tinggi. Dengan konsumsi ramuan bunga krokot secara rutin dapat membantu menjaga kestabilan tekanan darah. Ini saja tentu tidak cukup, anda juga dianjurkan untuk menerapkan pola hidup sehat, rajin berolahraga, menghindari rokok dan kafein, serta mengonsumsi makanan sehat sehingga tekanan darah tetap terjaga.

13. Mengandung antioksidan

Bunga krokot juga memiliki manfaat antioksidan sehingga sangat baik dikonsumsi untuk melindungi sel-sel tubuh dari serangan radikal bebas. Beberapa bahan alami lainnya yang juga mengandung antioksidan yang diperlukan oleh tubuh diantaranya manfaat kacang merah dan manfaat daun markisa.

14. Mencegah penuaan dini

Kandungan antioksidan pada bunga krokot juga berdampak positif pada kecantikan dimana dapat melindungi sel-sel kulit dari radikal bebas sehingga anda terhindar dari penuaan dini. Tubuh sehat dan wajah pun tampak lebih awet muda.

15. Meningkatkan stamina dan vitalitas

Jika anda termasuk orang yang aktif dan super sibuk maka konsumsi ramuan dari bunga krokot dan bagian tanaman krokot lainnya patut dicoba agar stamina dan vitalitas tetap terjaga dan bertambah. Selain itu stamina tubuh juga bisa ditingkatkan dengan melakukan olahraga seperti manfaat olahraga skipping dan manfaat olahraga wall sit.

16. Sebagai tanaman hias

Bunga krokot yang memiliki beragam varian warna juga kerap dijadikan tanaman hias untuk mempercantik halaman atau pekarangan rumah.

Itulah diantara beragam manfaat bunga krokot dalam kehidupan manusia sehingga patut dipelihara. Bunganya yang cantik tidak hanya memperindah halaman rumah namun juga kaya akan beragam manfaat kesehatan. Untuk itu jika anda menemukan bunga ini tumbuh di sekitar halaman rumah jangan buru-buru dicabut atau dibuang. Lebih baik dipelihara mengingat manfaatnya yang luar biasa bagi kesehatan.

, ,
Oleh :
Kategori : Tumbuhan