6 Manfaat Beras Coklat untuk Kesehatan Tubuh Manusia

Beras putih memang telah lama menjadi makanan pokok dan digemari oleh sebagian besar penduduk dunia. Selain rasanya yang enak ada banyak manfaat beras putih yang bisa kita dapatkan. Namun beberapa waktu belakangan konsumsi beras berwarna seperti manfaat beras merah, beras coklat, hingga manfaat beras hitam mulai digaungkan karena dianggap lebih kaya nutrisi dan lebih sehat. Salah satunya yang akan dibahas pada artikel ini adalah beras coklat dan bagaimana manfaatnya bagi kesehatan.

Beras coklat

Sesuai namanya beras ini berwarna coklat keruh dan setelah dimasak akan terasa lebih kenyal serta memiliki citarasa seperti kacang. Beras berwarna seperti beras coklat diklaim lebih kaya nutrisi karena tidak mengalami proses penyaringan, penggilingan, dan penghalusan. Diantara nutrisi penting yang terkandung pada beras coklat adalah manfaat karbohidrat, manfaat protein, manfaat serat, manfaat fosfor, manfaat mangan, manfaat magnesium, manfaat selenium, manfaat kalium, vitamin B kompleks, manfaat antioksidanmanfaat vitamin K, manfaat zat besi, dan manfaat seng. Oleh karena itu sudah pasti ada banyak manfaat kesehatan yang bisa kita dapatkan dengan mengonsumsi beras berwarna ini. Berikut beberapa manfaat beras coklat untuk kesehatan tubuh:

1. Baik untuk penderita diabetes

Tidak seperti beras putih beras coklat memiliki indeks glikemik yang rendah sehingga aman dan dianjurkan bagi penderita diabetes. Indeks glikemik yang rendah menunjukkan bahwa konsumsi beras coklat tidak menyebabkan karbohidrat diubah dengan cepat menjadi gula sehingga tidak menyebabkan lonjakan kadar gula darah. Seperti yang diketahui penderita diabetes harus menjaga kestabilan gula darahnya agar tidak menimbulkan berbagai gangguan kesehatan yang tidak diinginkan. Beras coklat dapat menjadi pilihan sumber karbohidrat dan nutrisi yang tepat bagi penderita diabetes. Makanan lain yang juga dianjurkan bagi penderita diabetes diantaranya manfaat bengkoang untuk diabetes, manfaat gambir untuk diabetes, dan manfaat talas bagi penderita diabetes.

2. Melindungi tubuh dari aktivitas radikal bebas

Kandungan antioksidan pada beras coklat sangat bermanfaat untuk melindungi tubuh dari radikal bebas yang menjadi penyebab berbagai penyakit berbahaya seperti jantung koroner dan penuaan dini. Selain mengonsumsi beras coklat perlindungan tubuh dari radikal bebas juga bisa didapatkan dengan manfaat buah cupuacu, manfaat bawang merah, manfaat buah elderberry, manfaat jeruk bali, dan manfaat buah matoa.

3. Baik untuk penderita obesitas

Beras coklat juga merupakan pilihan diet yang tepat bagi orang yang kelebihan berat badan alias obesitas. Selain kandungan seratnya yang dapat membuat perut terasa kenyang lebih lama juga didukung dengan kandungan mineral berupa mangan yang bermanfaat untuk mensintesa lemak dalam tubuh. Beras coklat juga membantu meningkatkan HDL dalam tubuh sehingga penderita obesitas terlindungi dari penyakit berbahaya seperti stroke dan serangan jantung. Jenis makanan lain yang juga dianjurkan adalah buah plum dan anggur karena ada banyak manfaat anggur untuk diet dan 15 manfaat buah plum bagi kesehatan.


4. Baik untuk kesehatan pencernaan

Manfaat beras coklat juga berdampak positif untuk kesehatan pencernaan karena memiliki kandungan serat yang tinggi sehingga kinerja usus lebih terjaga dan membuat perut terasa kenyang lebih lama. Serat pada beras coklat juga membantu melancarkan pencernaan dan mencegah sembelit sehingga perut terasa lebih nyaman. Beras coklat juga dapat menjadi pilihan yang tepat bagi penderita radang usus besar karena memiliki kandungan serat yang cukup tinggi. Selain beras coklat anda juga bisa memiliki pencernaan yang sehat dengan mengonsumsi makanan lain seperti manfaat apel, manfaat pisang barangan, dan manfaat bengkoang untuk lambung.

5. Baik untuk kesehatan jantung

Beras coklat merupakan pilihan yang tepat untuk menjaga kesehatan jantung dan mencegahnya dari berbagai gangguan kesehatan. Hal ini didukung oleh kandungan mineral berupa selenium yang dikenal sangat bermanfaat untuk kesehatan jantung. Beras coklat yang merupakan gandum utuh dapat menjaga kelancaran peredaran darah di arteri sehingga aliran darah dari jantung ke seluruh tubuh lebih lancar. Dengan rajin mengonsumsi beras coklat dapat menghindarkan anda dari berbagai penyakit seperti hipertensi dan penyakit-penyakit kardiovaskular lainnya. Jantung yang sehat juga bisa didapatkan dengan manfaat beberapa makanan lain seperti manfaat ikan salmon, manfaat alpukat untuk jantung, dan manfaat daun binahong untuk jantung.

6. Mencegah kanker

Cara paling mudah untuk mencegah kanker adalah dengan mengonsumsi makanan sehat dan bernutrisi. Salah satunya adalah beras coklat. Kandungan antioksidan dan serat pada beras coklat dapat melindungi tubuh dari berbagai jenis kanker seperti kanker payudara, kanker usus besar, dan leukimia atau kanker darah. Serat pada beras coklat akan menempel kuat pada zat-zat racun atau sel kanker dan mencegahnya mendekati dinding usus sehingga usus pun terhindar dari racun atau sel kanker. Begitupula dengan antioksidan yang akan menghambat perkembangan radikal bebas sehingga mencegah sel-sel kanker untuk berkembang. Kanker juga bisa dicegah dengan mengonsumsi bahan-bahan alami lainnya seperti manfaat buah aprikot, manfaat air rebusan daun sirsak, dan manfaat daun kelor untuk kanker.

Setelah mengetahi berbagai manfaat beras coklat di atas tentu anda tidak akan ragu lagi mengonsumsi bahan makanan pokok satu ini. Jika belum terbiasa dengan warna dan rasanya maka anda dapat menyelinginya dengan beras putih sehingga lama-kelamaan terbiasa dengan beras coklat. Mari jaga kesehatan diri dan keluarga kita dengan mengonsumsi makanan sehat dan bernutrisi.

, ,
Oleh :
Kategori : Makanan