6 Manfaat Bengkoang untuk Lambung Sehat

Sebagian besar pembaca pasti sudah sangat familiar dengan buah berdaging putih satu ini. Rasanya yang manis dan menyegarkan membuat bengkoang menjadi incaran banyak orang saat kehausan dan kepanasan di siang hari. Buah ini dapat dikonsumsi secara langsung, dijadikan rujak, atau dibuat menjadi asinan tergantung selera. Buah yang termasuk suku polong-polongan ini berasal dari Amerika Tropis dan di sana ia lebih dikenal dengan nama jicama atau xicama. Sementara di daerah Jawa lebih dikenal dengan nama besusu.

Baca juga: manfaat bengkoang

Buah ini sudah lama dikenal dengan berbagai manfaatnya bagi kesehatan dan kecantikan. Hal ini didukung dengan berbagai kandungan vitamin, mineral, dan nutrisi penting lainnya seperti vitamin A, B1, C, K, E, besi, mangan, magnesium, kalium, kalsium, tembaga, dan fosfor. Jika anda penderita diabetes atau sedang menjalani program diet tidak perlu khawatir mengonsumsi buah ini karena rasa manis yang dimilikinya berasal dari inulin yang termasuk golongan oligosakarida yang tidak dapat dicerna oleh tubuh sehingga tidak menambah kalori dalam tubuh.

Baca juga:

Selama ini kita mengenal bengkoang sebagai salah satu jenis buah yang sangat baik untuk kecantikan kulit baik wajah maupun tubuh. Berbagai produk kecantikan seperti masker, lulur, pelembab wajah, krim wajah, dan lain sebagainya menggunakan bengkoang sebagai bahan dasar pembuatan. Namun ternyata ada begita banyak manfaat kesehatan lain yang bisa didapatkan dari buah yang memiliki nama latin pachyrhizus erosus ini. Salah satunya untuk kesehatan lambung. Berbagai kandungan vitamin, mineral, dan nutrisi penting lain yang dimiliki oleh bengkoang dapat membantu menjaga kesehatan lambung dan mengatasi berbagai penyakit lambung.

Baca juga: 7 manfaat jahe untuk kesehatan dan kecantikan – manfaat daun kemangi untuk kesehatan kulit dan rambut

Sebagai salah satu organ penting dalam sistem pencernaan kesehatan lambung mesti dijaga. Karena gangguan pada lambung dapat mengakibatkan gangguan pula pada sistem pencernaan. Sebagai penyimpan dan pencerna makanan lambung yang terletak antara kerongkongan dan usus halus akan menampung makanan yang kita makan lalu mencernanya. Pada lambunglah terjadi pelepasan asam lambung sebagai pertahanan pertama tubuh terhadap bakteri yang masih terdapat dalam makanan. Asam lambung pula yang turut membantuk memecah komponen-komponen dalam makanan sehingga lebih lembut dan lebih mudah dicerna. Berikut beberapa manfaat bengkoang untuk lambung yang bisa kita rasakan :

1. Sumber serat

Tidak dapat disangkal serat merupakan salah satu nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh terutama untuk kesehatan pencernaan. Gaya hidup yang tidak sehat membuat banyak orang mengonsumsi makanan-makanan yang kurang serat sehingga mereka kerap menderita berbagai penyakit seperti obesitas, sembelit, pencernaan tidak lancar, dan lain sebagainya. Untuk itu penting bagi kita mengonsumsi berbagai buah dan sayuran salah satunya bengkoang. Dengan mengonsumsi bengkoang dalam porsi yang cukup tubuh kita akan mendapat asupan serat yang diperlukan.


Dengan asupan serat yang cukup ada berbagai manfaat yang bisa kita rasakan diantaranya membuat kita merasa kenyang lebih cepat sehingga mencegah konsumsi makanan yang berlebihan, menstabilkan kadar gula dalam darah, mencegah penyakit yang menyerang pembuluh darah dan penyakit jantung, menurunkan risiko diabetes, serta menurunkan risiko terkena penyakit kanker usus.

Baca juga:

2. Melancarkan pencernaan

Dengan kandungan serat yang tinggi mengonsumsi bengkoang dapat membantu melancarkan pencernaan sehingga apa yang kita makan dapat diolah, diserap, dan sisanya dibuang dengan sempurna. Untuk memaksimalkan manfaat bengkoang untuk lambung, sebaiknya konsumsi bengkoang secara langsung. Kalaupun dibuat rujak sebaiknya bumbu yang digunakan tidak terlalu tajam karena justru dapat mengganggu pencernaan.

Baca juga: manfaat vegeta – manfaat yakult

3. Mencegah sembelit

Manfaat lain yang bisa didapat dari mengonsumsi bengkoang adalah mencegah sembelit atau sulit buang air besar. Meskipun terkesan sepele namun kondisi ini cukup mengganggu kenyamanan dan membuat penderitanya merasa kesakitan. Jika dibiarkan terus-menerus tentu tidak baik bagi kesehatan. Dengan kandungan serat yang tinggi pada bengkoang dapat membantu melembutkan feses sehingga lebih mudah bergerak di dalam saluran pencernaan dan lebih mudah dikeluarkan. Bengkoang dapat dijadikan camilan dan diselang-selingi dengan buah-buahan lain. Ini tentu lebih sehat daripada mengonsumsi camilan berupa makanan-makanan cepat saji yang tidak hanya minim serat namun juga mengandung banyak penyedap dan pengawet.

Baca juga: manfaat daun handeuleum – manfaat akar kelembak

4. Mengatasi asam lambung naik

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya asam lambung merupakan salah satu jenis cairan yang diproduksi oleh lambung. Asam lambung sangat diperlukan dalam proses pencernaan makanan. Namun jika kadar asam lambung yang diproduksi tidak normal, apakah lebih rendah atau lebih tinggi dari yang dibutuhkan, akan menyebabkan gangguan pada tubuh. Seperti jika kadar asam lambung yang diproduksi berlebihan sehingga terjadi yang namanya asam lambung naik yang kemudian tersebar ke paru-paru dan bisa mengakibatkan hipotensi. Untuk mengatasi masalah ini dianjurkan untuk mengonsumsi bengkoang. Sifat alkali yang dimilikinya sangat baik untuk menyerap asam lambung sehingga mengurangi rasa sakit yang dirasakan.

Baca juga: manfaat timun untuk asam lambung – manfaat air kelapa untuk asam lambung

5. Mengatasi gastritis atau radang lambung

Sesuai namanya penyakit ini merupakan bentuk peradangan yang terjadi pada selaput lambung sehingga menyebabkan penderitanya merasakan nyeri pada perut bagian atas, muntah, dan kembung.  Terjadinya peradangan ini biasanya disebabkan oleh konsumsi makanan yang terlalu asam atau terlalu pedas secara berlebihan, infeksi bakteri tertentu, stres, atau efek samping obat-obatan yang dikonsumsi. Penyakit ini mengakibatkan produksi asam lambung dan pepsin menjadi terganggu dan tidak normal. asam lambung meningkat, dan selaput lendir yang melindungi dinding lambung menipis. Jika dibiarkan terus-menerus dan faktor penyebabnya tidak dikurangi bisa menyebabkan tukak atau luka pada dinding lambung. Penyakit ini juga bisa diatasi dengan mengonsumsi bengkoang. Bisa dengan mengonsumsinya secara langsung bisa juga dengan dibuat jus.

Baca juga: manfaat temulawak untuk lambung – manfaat daun kelor untuk asam lambung

6. Mengatasi penyakit maag

Maag dikenal sebagai penyakit yang sangat umum diderita oleh banyak orang. Yang membedakannya hanyalah levelnya saja, ada yang ringan, sedang, dan berat. Penyakit ini biasanya disebabkan oleh kebiasaan menunda-nunda waktu makan, makan terlalu banyak, makan terburu-buru, makanan makanan berminyak terlalu banyak, mengonsumsi minuman beralkohol terlalu sering, atau makan makanan yang terlalu asam atau pedas. Untuk mengatasi penyakit ini anda bisa memanfaatkan bengkoang. Caranya dengan meminum air perasan bengkoang yang telah diberi sedikit garam dua kali sehari yaitu pagi dan sore secara rutin. Bisa juga dengan mengonsumsi jus bengkoang yang ditambah madu dan air.

Baca juga: manfaat kunyit untuk sakit maag – manfaat buah naga bagi penderita maag

Sangat bermanfaat bukan? Jadi tunggu apa lagi? Mulai dari sekarang masukkan bengkoang ke dalam menu harian anda di samping aneka buah dan sayuran lainnya sehingga lambung sehat dan terhindar dari berbagai penyakit.

, ,
Oleh :
Kategori : Buah Buahan