15 Manfaat Bengkoang Untuk Diet Cepat dan Aman

Bengkoang atau dalam bahasa Inggris disebut dengan Jicama merupakan sejenis umbi berwarna putih yang umumnya di konsumsi untuk dijadikan untuk rujak serta asinan. Tumbuhan yang berasal dari Amerika Tropis ini juga seringkali digunakan untuk menyegarkan area wajah sekaligus memutihkan warna kulit tubuh dan wajah. Namun, ternyata masih banyak manfaat lain dari bengkoang untuk kesehatan tubuh termasuk untuk di konsumsi saat kamu sedang menjalankan program diet.

Kandungan Nutrisi Bengkoang

Dalam bengkoang mengandung banyak air dan juga serat serta kandungan vitamin C tinggi yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Selain itu, ada banyak kandungan bermanfaat lain yang ada di dalam bengkoang yakni karbohidrat, protein, energi, serat, vitamin A, niasin, folat, asam pantotenat, piridoksin, riboflavin, thiamin, vitamin C, vitamin K, vitamin E, elektrolit, sodium, mineral, kalsiumtembaga, magnesium, besi, mangan, seng, beta karoten dan juga lutein.

Artikel terkait:

Manfaat Bengkoang Untuk Diet

Setelah mengetahui begitu banyak kandungan nutrisi dalam bengkoang, maka sudah tentu salah satu jenis umbi ini memiliki manfaat luar biasa untuk membantu program diet yang kamu jalankan.

  1. Membantu Proses Penurunan Berat Badan

Dalam bengkoang mengandung banyak air, rendah kalori serta tinggi akan serat sehingga menjadi salah satu makanan baik untuk dikonsumsi selama menjalani program diet. Selain itu, mengkonsumsi bengkoang juga akan membuat perut terasa kenyang lebih lama.

  1. Menyehatkan Jantung

Seperti kebanyakan jenis sayuran pada umumnya, tingginya kandungan air serta nutrisi serta kandungan jenis molekul karbohidrat dan oligofructose inulin akan sangat baik untuk menjaga kesehatan kardiovaskular serta menurunkan kadar kolesterol lebih cepat.

Dengan melakukan diet bengkoang ini, maka kesehatan arteri bisa ditingkatkan sekaligus mengurangi radang yang bisa terjadi karena beberapa penyakit kronis seperti kolesterol tinggi, sindrom metabolik, diabetes serta resistensi insulin.

  1. Baik Untuk Pencernaan

Serat serta kandungan air memang sangat direkomendasikan untuk dikonsumsi siapapun untuk mengatasi berbagai masalah pencernaan, sebab bengkoang akan menghidrasi serta menyediakan serat, elektrolit esensial dan juga nutrisi yang akan membantu menjaga kesehatan usus.


Bengkoang menjadi salah satu umbi yang sangat mudah dicerna karena kandungan air yang tinggi tersebut serta serat alami untuk melancarkan pencernaan.

  1. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Sebagai sumber prebiotik tinggi, molekul serat yang ada dalam bengkoang akan menyeimbangkan pertumbuhan mikroba baik di dalam usus besar. Dari hasil penelitian, makanan yang mengandung prebiotik tinggi seperti bengkoang ini memiliki fruktans tipe inulin dengan sifat melindungi dan menurunkan resiko kanker usus besar. Bengkoang akan melawan dampak dari toksin dan karsinogen pada usus, mengurangi pertumbuhan jamur sekaligus menghentikan peradangan sehingga tidak semakin menyebar.

Artikel terkait:

  1. Mencegah Sembelit

Karena bengkoang bisa meningkatkan kesehatan pencernaan karena kandungan seratnya, maka sembelit bisa diringankan bahkan dicegah. Sembelit ini biasanya terjadi karena kurangnya kadar serat. Bengkoang yang juga mengandung tembaga ini sangat efektif digunakan untuk mencegah sembelit sehingga kotoran tidak menumpuk di dalam perut dan secara otomatis akan membuat berat badan kamu bisa cepat turun.

  1. Menurunkan Kadar Kolesterol

Khasiat bengkoang berikutnya adalah menurunkan kadar kolesterol yakni dengan cara serat mengikat kolesterol dan mencegah usus untuk menyerap empedu kolesterol ke dalam tubuh. Kolesterol ini nantinya akan dikeluarkan dari dalam tubuh dengan cara sistem eskresi.

  1. Mempertahankan Kadar Gula Normal

Bengkoang ini sangat baik untuk dijadikan makanan penunda lapar saat diet dan juga untuk penderita diabetes karena tidak memiliki kandungan gula tinggi yang bisa menyebabkan kadar gula darah menjadi naik. Inulin dalam bengkoang akan memberikan rasa manis serta tidak mengandung kalori sama sekali. Sedangkan jenis karbohidrat yang terdapat didalamnya juga tidak akan menghambat metabolisme tubuh.

  1. Menguatkan Tulang

Saat kamu sedang menjalankan diet yang juga diimbangi dengan olahraga, maka kamu membutuhkan asupan yang bernutrisi untuk menyehatkan tulang kamu. Dalam bengkoang ini juga memiliki kandungan kalsium yang tinggi  serta magnesium sehingga akan membantu tubuh untuk menyerap kalsium lebih baik lagi.

  1. Menenangkan Saraf Otot

Kandungan magnesium yang terdapat di dalam bengkoang juga sangat baik untuk menenangkan saraf otot di saat kamu berolahraga dan juga mencegah kamu dari stress berlebihan. Dengan otot yang lebih santai, maka akan membuat kamu lebih nyaman saat bekerja ataupun berolahraga.

Artikel terkait:

  1. Meningkatkan Retensi Mineral

Bengkoang juga bermanfaat untuk meningkatkan retensi mineral sehingga sangat baik untuk dikonsumsi orang yang sedang menjalankan diet alami osteoporosis.

  1. Meningkatkan Sirkulasi Darah

Kandungan di dalam bengkoang juga sangat baik untuk meningkatkan sirkulasi darah sekaligus menambah kadar zat besi dan tembaga tinggi ke dalam tubuh. Beberapa jenis mineral ini nantinya akan digunakan untuk memproduksi sel darah merah, mengalirkan oksigen ke seluruh tubuh dan juga menjaga jaringan sel dari kerusakan.

  1. Mengurangi Nafsu Makan

Makanan yang rendah akan kalori sangat penting untuk kamu yang sedang menjalankan program diet. Serat tinggi yang terkandung dalam bengkoang ini akan membuat kamu kenyang lebih lama dan sangat baik untuk dijadikan makanan ringan agar nafsu makan bisa berkurang tanpa perlu kehilangan nutrisi penting dari dalam tubuh.


  1. Sumber Serat Tinggi

Bengkoang merupakan sumber serat yang sangat tinggi serta menjadi sumber inulin oligofruktosa yang merupakan serat makanan larut. Inulin sendiri adalah karbohidrat inert yang tidak memiliki kandungan kalori sama sekali, sehingga sangat baik untuk dijadikan makanan pengganjal lapar untuk penderita diabetes dan juga pelaku diet.

  1. Meningkatkan Pertumbuhan Bakteri Baik

Manfaat berikutnya dari bengkoang adalah mendorong pertumbuhan dari bakteri baik sehingga kekebalan tubuh bisa terjaga keseimbangannya dan juga menjaga usus selalu dalam keadaan sehat. Dengan meningkatkan pertumbuhan bakteri baik ini, maka segala macam sampah atau kotoran di dalam tubuh seperti kolesterol, gula serta lemak bisa dikeluarkan dari dalam tubuh dengan mudah dan berat badan kamu bisa dijaga agar selalu stabil.

  1. Mencukupi Kebutuhan Zat Besi

Saat tubuh kekurangan zat besi, maka akan menyebabkan timbulnya berbagai macam penyakit berbahaya seperti batuk konstan, anemia bahkan sampai anemia kronis. Selain itu, zat besi sangat dibutuhkan tubuh untuk proses pertumbuhan tubuh dan juga otot. Dengan mengkonsumsi bengkoang secara teratur sebagai salah satu makanan diet, maka kebutuhan harian zat besi bisa terpenuhi sekaligus menghilangkan berbagai gejala yang ditimbulkan dari penyakit anemia seperti letih, lesu, sakit kepala dan lain sebagainya.

Artikel terkait:

Mengkonsumsi bengkoang secara teratur akan sangat baik untuk mendukung proses penurunan berat badan. Kamu bisa mengkonsumsi bengkoang ini sebagai camilan pengganjal lapar ataupun mengolahnya menjadi makanan atau sup sehingga manfaat bengkoang untuk diet bisa kamu peroleh dengan hasil yang memuaskan.

, ,
Oleh :
Kategori : Buah Buahan