Sponsors Link

17 Manfaat Yakult Untuk Balita dan Kesehatan

Sponsors Link

Yakult merupakan minuman probiotik yang terbuat dari gula dan susu krim dengan melalui proses fermentasi memakai bakteri lactobacillus casei yang merupakan senyawa serupa di dalam usus. Probiotik yang ada dalam yakult ini memberikan efek yang sangat baik untuk kesehatan seperti meringankan iritasi pada usus serta radang, menjaga kesehatan organ mulut, mengatasi infeksi pencernaan, mencegah flu dan alergi serta manfaat lain dari yakult yang sangat baik untuk tubuh. Selain berguna untuk orang dewasa, ternyata yakult juga bisa dikonsumsi balita yang juga memiliki khasiat serupa seperti pada orang dewasa. Berikut ini adalah penjelasan tentang manfaat yakult untuk balita selengkapnya.

ads

Artikel terkait:

  1. Membantu Mengatasi Masalah Diare

Umur balita yang sudah berusia 2 tahun bisa mengkonsumsi yakult untuk mencegah dan mengatasi diare pada balita. Kandungan lactobasilus pada yakult akan membuat pencernaan bayi semakin lancar, namun yang harus diperhatikan adalah waktu pemberian yakult tersebut. Berikan yakult pada balita sesudah makan dan jangan dalam keadaan perut yang kosong.

  1. Menambah Imun Tubuh

Bayi yang sudah memasuki usia 6 bulan keatas, maka bisa diberikan yakult sebagai MPASI atau makanan pendamping air susu ibu. Untuk anak berusia 6 sampai 24 bulan, hanya diperbolehkan minum yakult sebanyak 1 botol per harinya. Namun, meskipun digunakan sebagai MPASI, bukan berarti minuman probiotik ini digunakan untuk menggantikan ASI secara menyeluruh.

  1. Membantu Mencerna Laktosa Pada Susu

Yakult juga sangat baik dikonsumsi balita agar laktosa yang merupakan kandungan dalam susu bisa dicerna dengan baik serta mencegah kelebihan laktosa serta mengatasi intoleransi laktosa di dalam pencernaan. Lactobacteria yang terkandung dalam minuma ini juga berguna dalam penyerapan nutrisi sekaligus merangsang peristaltik yakni gerakan makanan dari usus ke usus besar.

Artikel terkait:

  1. Menambah Nurtisi

Yakult juga berguna untuk memperoduksi asam lemak esensial yang dinamakan asam lemak rantai pendek yang juga akan berguna untuk usus dalam pencegahan sel kanker di kemudian hari saat balita tumbuh menjadi dewasa.

  1. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Yakult berfungsi untuk menghambat dari tumbuhnya bakteri jahat serta jamur seperti kandida atau ragi. Kandungan di dalam yakult akan menjaga tingkat asam pada usus sekaligus melawan bakteri berbahaya serta racun yang dihasilkan oleh bakteri tersebut. Selain itu, yakult juga menghasilkan hidrogen peroksida yang akan memberikan antibiotik alami pada tubuh balita.

Sponsors Link

  1. Mencegah Sembelit

Jika buah hati anda mengalami sembelit atau susah buang air besar yang merupakan salah satu masalah pada balita bisa ditangani dengan memberikan yakult secara teratur 1 botol setiap harinya. Pastikan untuk memberikan yakult sebagai cara mengatasi BAB ini apabila balita sudah berumur diatas 1 tahun.

  1. Membantu Proses Pencernaan Makanan

Probitorik lactobasilus yang terkandung di dalam yakult ini juga sangat bermanfaat untuk menurunkan gejala refluks dibandingkan dengan bayi yang tidak mendapat asupan probiotik tersebut. Jika dilihat lebih spesifik, yakult juga memiliki peranan untuk membantu proses pencernaan makanan di dalam perut, sehingga resiko refluks bisa diminimalisir.

Artikel terkait:

  1. Mengatasi Ruam Popok

Ruam popok yang sering dialami oleh balita tentu akan membuat bayi tidak nyaman, sakit dan cukup sulit untuk dihilangkan. Yakult yang mengandung probiotik ini bisa digunakan untuk menyembuhkan ruam popok atau infeksi ragi tersebut yang akan bekerja untuk menekan pertumbuhan infeksi ragi penyebab ruam popok.

  1. Mencegah Infeksi Telinga

Yakult yang dikonsumsi pada balita juga berguna untuk mencegah sekaligus mengatasi infeksi telinga pada buah hati anda. Yakult juga akan bekerja sebagai antibiotik alami untuk tubuh balita, sehingga secara tidak langsung juga akan mencegah infeksi jamur yang menjadi penyebab infeksi pada telinga.

ads
  1. Meningkatkan Perkembangan Otak

Menurut beberapa penelitian, bayi yang sudah mendapatkan probiotik sejak dini di dalam saluran pencernaan akan berpengaruh juga terhadap perkembangan otak pada balita.

  1. Tidak Mengandung Pengawet

Dalam yakult, tidak terkandung pengawet meski merupakan hasil olahan pabrik, sehingga meskipun buah hati anda sensitif dengan bahan pengawet untuk makanan, tidak akan bermasalah jika mengkonsumsi yakult tersebut dan bisa diminum setiap hari dengan takaran yang benar.

Artikel terkait:

  1. Mengobati Sariawan

Bayi yang berumur di bawah 5 tahun juga sering mengalami masalah di area mulut seperti sariawan karena gesekan gusi dengan gigi yang baru tumbuh dan juga penyebab lainnya. Ini tentunya akan sangat menyakitkan untuk bayi dan juga membuat bayi tidak ingin minum atau makan. Untuk mengatasinya, anda bisa memberikan yakult pada balita yakni dengan takaran sama 1 botol per hari.

  1. Mengobati Eksim

Eksim yang merupakan ruam berwarna merah, bersisik dan terasa gatal tidak hanya bisa dialami oleh orang dewasa, namun balita juga bisa mengalami masalah kulit ini. Dengan minum yakult setiap hari, maka kandungan probiotik didalamnya akan menurunkan gejala yang ditimbulkan dan bahkan juga menyembuhkan eksim tersebut.

  1. Memperkuat Saluran Pencernaan Bayi

Kandungan probiotik dalam minuman ini juga berguna untuk menguatkan lapisan saluran pencernaa, sehingga berbagai bakteri jahat akan dicegah masuk ke aliran darah. Dengan ini, maka buah hati akan terlindungi dari kuman penyakit dari yang ringan sampai yang parah.

Artikel terkait:

  1. Mencegah Demam

Dari penelitian yang dilakukan di Israel, bayi yang mengkonsumsi probiotik akan terhindar dari serangan demam dibandingkan dengan bayi yang tidak menapatkan asupan probiotik.

  1. Memperbaiki Mood

Dari beberapa data yang berhasil dikumpulkan, bakteri baik yang ada di dalam usus juga akan memperbaiki mood bayi seperti depresi, rasa cemas, gelisah dan sebagainya. Manfaat dari probiotik ini bisa didapatkan dengan mengkonsumsi yakult secara rutin 1 botol setiap harinya.

  1. Meningkatkan Nafsu Makan

Probiotik yang terkandung dalam yakult juga terbukti bisa menambah berat badan bayi sebab bayi akan lebih lahap untuk makan dan juga minum sebab pencernaan bayi akan lebih sehat dan terbebas dari bakteri jahat yang juga akan mengurangi nafsu makan pada bayi tersebut.

Artikel terkait:

Selain beberapa manfaat yakult untuk balita yang sudah kami sebutkan diatas, ada beberapa manfaat lain dari yakult untuk balita seperti mengatasi perut kembung, mengikat lemak, menyeimbangkan banyaknya bakteri di dalam usus dan sebagainya. Dengan begitu banyak kegunaan dari yakult, maka minuman probiotik ini aman untuk diberikan pada bayi diatas umur 1 tahun, namun pastikan untuk memberikan jumlah yakult yang tepat yakni hanya 1 botol setiap hari dan tidak boleh berlebih.

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Saturday 24th, June 2017 / 18:47 Oleh :
Kategori : Minuman