4 Manfaat Yoghurt untuk Kolesterol yang Sangat Penting

Berbicara mengenai jenis makanan dan minuman olahan dari susu sapi berbeda jika anda melihat manfaat lobak untuk ginjal dan saluran kencing, ada banyak sekali jenisnya. Dengan kecanggihan teknologi saat ini, produk olahan susu tidak hanya sebatas susu segar siap minum saja. Ada banyak sekali jenis olahan makanan seperti mentega dan keju, ini biasanya diolah menjadi beraneka ragam jenis makanan juga seperti kue, biscuit, pudding, pie, dan masih banyak lagi. Berbeda dengan jenis olahan makanan, ada juga jenis olahan minuman, mulai dari jenis minuman dingin yang segar dan hangat.

Saat ini pula kita tidak hanya menjumpai produk olahan susu segar biasa, ada banyak sekali produk susu segar dengan beraneka rasa. Mulai dari rasa buah- buahan hingga beberapa produk susu dengan aroma dan rasa bunga ataupun rempah. Ini tentunya membuat banyak orang menjadi tertarik dengan mengkonsumsi produk olahan susu sapi. Dan seperti yang kita ketahui bahwa kebanyakan masyarakat Indonesia masih tidak terbiasa untuk minum susu. Dengan adanya inovasi mengenai susu beraneka rasa tersebut maka diharapkan masyarakat Indonesia bisa terbiasa untuk minum susus setiap harinya.

Hal ini tentunya terkait dengan lengkapnya kandungan nutrisi pada susu yang sangat penting untuk memenuhi kebutuhan nutrisi dalam tubuh manusia. Tidak hanya itu saja berbeda dengan manfaat lemon untuk ginjal dan kandung kemih, susu sangat dibutuhkan bagi anak- anak dan lansia. Bagi anak- anak, susu  sangat baik untuk mendukung proses tumbuh kembang mereka. Sedangkan bagi lansia, susu sangat dibutuhkan bagi anda yang ingin mencegah proses osteoporosis dini serta untuk memperbaiki dan meregenerasi sel tubuh dengan baik. Selain produk olahan susu aneka rasa, ada salah satu produk olahan susu yang sangat digemari banyak orang mulai dari anak- anak hingga lansia.

Yoghurt merupakan salah satu produk minuman olahan dari susu sapi segar berkualitas yang melalui proses fermentasi. Yoghurt sendiri banyak digemari tidak hanya karena rasanya saja tetapi juga manfaatnya. Berbicara mengenai yoghurt, ada banyak sekali jenis dari yoghurt. Yoghurt bisa dibedakan dari tekstur dan rasa, ada yoghurt dengan tekstur kental dan ada juga yoghurt bertekstur cair. Untuk rasanya sendiri yoghurt dibedakan jadi 2, yaitu yoghurt plain atau yoghurt yang tidak memiliki rasa.

Ada juga yoghurt dengan rasa buah- buahan, biasanya buah yang digunakan merupakan buah- buahan dengan kandungan vitamin C tinggi seperti buah jeruk, black berry, dan strawberry, walaupun ada juga yoghurt dengan rasa buah yang memiliki kandungan vitamin C rendah seperti buah pisang dan peach. Selain rasa serta tekstur yang lembut dan mudah dicerna, yoghurt juga memiliki banyak sekali manfaat dalam bidang kesehatan. Salah satu manfaat utama dari yoghurt yaitu sangat baik untuk anda yang memiliki riwayat kolesterol tinggi dan susuah diatasi, berikut penjelasannya.

Manfaat Yoghurt untuk kolesterol

  1. Mencegah Kolesterol

Kolesterol merupakan salah satu penyakit yang sangat berbahaya, untuk itu anda harus waspada dan melakukan pencegahan. Selain harus mengatur asupan pola makan dengan menghindari atau mengurangi makanan serta minuman dengan kandungan lemak tinggi, anda juga harus melakukan hidup sehat. Salah satunya yaitu dengan olahraga secara teratur berbeda dengan manfaat air dingin untuk diet, selain itu anda juga bisa mencegahnya dengan minum yoghurt. Kandungan nutrisi serta zat pada yoghurt mampu mencegah adanya kolesterol atau lemak jenuh berlebih dalam tubuh anda.

  1. Mengatasi Kolesterol

Selain sangat baik dan efektif untuk proses pencegahan, yoghurt juga sangat baik untuk mengatasi kolesterol. Ketika anda mengalami tanda- tanda kenaikan kolesterol seperti pusing, anda bisa minum yoghurt tanpa adanya campuran pemanis ataupun gula. Kandungan nutrisi serta zat pada yoghurt mampu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh anda. ini sangat bermanfaat bagi anda yang memiliki kecenderungan kolesterol mudah naik dan susah turun.


  1. Menstabilkan Kadar Kolesterol

Dengan mampu menurunkan kadar kolesterol lebih efektif berbeda dengan manfaat puasa untuk ginjal, yoghurt juga dapat menstabilkan kadar kolesterol. Yoghurt yang anda konsumsi secara rutin tentunya dapat menstabilkan kadar kolesterol dalam darah anda. Selai harus melakukan diet rendah lemak dan olahraga secara teratur, anda bisa menguimbanginya dengan minum yoghurt. Dengan ini maka kadar kolesterol dalam darah anda tidak akan mudah naik.

  1. Membersihkan Jantung dari Kolesterol

Selain mampu mencegah serta mengatasi kolesterol tinggi berbeda dengan manfaat jeruk nipis dan serai, yoghurt yang anda minum setiap hari mampu membersihkan darah serta jantung dari kolesterol berlebih. Jika adanya kolesterol pada jantung dibiarkan begitu saja, tentunya ini sangat berbahaya karena dapat memicu terjadinya penyakit kronis seperti jantung koroner. Untuk itu ada baiknya anda mengkonsumsi yoghurt setiap hari, akan lebih baik setiap pagi.

Itulah berbagai manfaat yoghurt untuk kolesterol yang bisa kami sampaikan, konsumsilah secara teratur dan rutin untuk mendapatkan manfaatnya. Anda tidak harus mengkonsumsinya secara langsung, anda bisa mengolahnya menjadi beraneka ragam makanan ataupun minuman terlebih dahulu.

, ,
Oleh :
Kategori : Minuman
Doctors Talks

Gigi berlubang bagian atas bisa menyebabkan Penyakit meningitis, Gigi berlubang bagian bawah bisa menyebabkan penyakit yang menyebabkan kematian mendadak, apa itu ? Simak penjelasan Drg. Albertus Andika berikut ini.